Game

Batman – The Telltale Series (Season 1)

Dari semua superhero DC sepertinya memang sosok Batman-lah yang paling bisa dijual. Di layar lebar film-film Batman hampir selalu laris manis di pasaran. Di layar kaca pun serial animasi Batman membuka jalan untuk Superman yang kemudian tumbuh secara organik menjadi Justice League dan berkembang lanjut menjadi Justice League Unlimited.

Di dunia video game sendiri Batman adalah superhero satu-satunya yang berhasil mendapatkan serial video game yang dipuji oleh kritikus game bahkan mendapatkan penghargaan nominasi maupun memenangkan titel Game of the Year melalui Arkham Series. Terlepas dari empat game Arkham yang mendapatkan pujian dari para kritikus dan gamer, kali ini developer Telltale Games yang mencoba membuat sebuah game Batman yang berbeda: sebuah game Batman di mana kamu tak hanya berperan sebagai sang detektif tetapi juga sang miliuner: Bruce Wayne.

Langkah yang diambil oleh Telltale ini langsung terasa menyegarkan dan membedakan Batman yang mereka ciptakan dari Batman dari Arkham Series. Bagi siapapun yang familiar dengan mitologi Batman, mereka tentunya tahu bahwa Batman memiliki tiga identitas dalam dirinya: sang superhero yang jago menghajar musuh, sang detektif yang cerdas mengungkap misteri, dan terakhir adalah sang biliuner yang merupakan topeng lain Batman dalam kancah bisnis maupun politik. Arkham Series berfokus pada Batman sang superhero dan sang detektif sementara Telltale di sini berfokus kepada Batman sang detektif dan sang biliuner.

batman-telltale-1012970

Sebagai superhero dalam game ini rata-rata pergerakan Batman hanya kamu kendalikan melalui QTE saja di mana kamu harus menekan tombol yang tepat di saat-saat tertentu. Koreografi aksinya memang menarik dan seru tetapi bisa dibilang seperti menonton cutscene saja, tidak seberapa menarik. Yang menarik dalam kisah Batman yang terbagi dalam lima episode ini adalah bagaimana Telltale berani bermain-main dengan mitologi Batman tanpa mengulang hal yang sama berulang kali tanpa sudut pandang baru.

Sebagai contoh: adegan apa yang hampir selalu pasti ada dalam media Batman? Jawaban: kematian kedua orang tuanya yang dihabisi saat mereka pulang menonton theater / film. Di sini pun tragedi itu masih terjadi – tetapi dengan cerdasnya dipelintir oleh Telltale dengan sudut pandang baru. Saya tak mau spoiler terlalu banyak mengenai twist itu tetapi satu hal yang jelas adalah dalam game ini orang tua Bruce Wayne bukanlah orang suci yang tak ternoda seperti yang digambarkan semua kisah Batman lainnya.

Pendekatan-pendekatan yang fresh pada karakter-karakter lawas: Harvey Dent, Catwoman, Oswald Cobblepot, sampai musuh baru dalam sosok Children of Arkham membuat saya terus menebak-nebak apa yang akan terjadi kemudian. Kalian tahu alasan kenapa saya putus asa menonton Gotham di season pertamanya dulu? Karena saya menganggap serial ini tidak berani keluar dari pakem ‘sekedar prolog Batman’. Itu hal yang sempat saya takutkan pada game ini yang untungnya tidak terjadi. Keberanian Telltale membawa sisi baru pada mitologi lawas Batman – tanpa melupakan esensi dari karakter-karakter itu – membuat game ini semakin gripping dimainkan dari awal hingga akhir.

Hal lain yang juga dengan baik dilakukan oleh Telltale adalah pemilihan dialog dalam game. Sebagai Bruce Wayne sering kali kamu akan berhadapan dengan politisi-politisi kotor. Sebagai miliuner paling kaya di Gotham, banyak orang yang ingin mendekatinya. Siapa yang bisa kamu percaya? Siapa yang tidak? Dan apa jadinya kalau kamu berteman dengan politisi A tapi membuat sakit hati politisi B? Hubungan sosial dalam game ini rumit dan kerap kamu dipaksa membuat keputusan dan jawaban yang sulit. Dengan kata lain: classic Telltale!

Kendati season kedua dari Batman baru saja diumumkan oleh Telltale ketika review ini saya tulis, kalian tak perlu khawatir untuk langsung memainkan game ini. Season pertama memiliki awal – tengah – ending yang berdiri sendiri. Akan tetapi saya rasa kalau kalian seperti saya, akhir dari game ini akan membuat kalian ingin tahu lebih lanjut bagaimana petualangan berikutnya dari Batman milik Telltale… dan itu adalah pujian terbaik yang bisa saya sematkan bagi game ini.

Score: B+

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s