Books

SK2H

Novel yang ditulis oleh Ari G alias pujangga.lama ini aslinya berjudul Sepasang Kaos Kaki Hitam — SKKH — SK2H — got it?.

Judul ini mungkin tidak akan asing bagi kalian yang sering membaca cerita di forum Kaskus, sebab SK2H ini pernah naik daun di salah satu sub-forumnya Kaskus (Stories from the Heart). Alasannya gaya penulisan dari Ari G yang seperti bercerita di blog sendiri membuat pembaca mudah menghayati dan mengenali karakter-karakter di dalamnya; dengan kata lain: down-to-earth. Alasannya karena kisah ini sebenarnya terinspirasi dari pengalaman sang penulis sendiri.

Setting dalam cerita ini adalah tahun 2001, yang berarti lebih dari satu setengah dekade yang lampau (walaupun Ari sendiri baru menulisnya di tahun 2010). Di saat itu Ari baru saja sampai ke Karawang dan tinggal di rumah kos barunya. Di sana ia berteman dengan Indra, seorang senior di kosnya yang ramah dan kemudian selalu berbagi suka dan duka dengan dia. Pekerjaan Ari yang stabil membuat dia semakin betah untuk tinggal di Karawang sana…

Sampai ia kemudian bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Meva. Meva yang tinggal di sebelah kamarnya itu terkesan aneh dan anti-sosial. Pada awalnya Ari dan Indra sangat kesulitan untuk bahkan bisa mengajak Meva ngobrol. Akan tetapi karena usaha Ari yang pantang menyerah, Meva mulai membuka diri kepada mereka. Perlahan tapi pasti Ari kemudian menaruh hati kepada Meva. Akan tetapi menyukai seseorang dan bisa bersama dengan seseorang adalah dua perkara yang sangat berbeda. Bisakah Ari dan Meva bersama apabila keduanya begitu berbeda?

DEgvj99XgAAe1zc

Apa yang membuat SK2H enak untuk dibaca tentu saja adalah penuturan Ari yang santai dan lugas. Ini bukan sebuah buku dengan tema filosofis yang berat walaupun pada beberapa bagiannya sempat menyinggung soal filosofis kehidupan. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh Ari dan Meva dalam hubungan mereka dan sang penulis tidak banyak menggali ke dalam topik-topik sensitif yang ada dalamnya. (SPOILER) Topik seperti self-harm, pernikahan berbeda agama, sampai perbedaan ras adalah hal-hal yang cukup sensitif dibicarakan dalam novel ini dan secara bijak Ari mencoba menengahi topik-topik tersebut tanpa menggurui maupun mendukung pihak manapun. Mungkin akan ada pembaca yang mengatakan sang penulis pengecut karena tak berani menggali lebih dalam topik tersebut tetapi bagi saya yang ditulis sudah cukup supaya fokus pembaca tidak malah lari dari hubungan antara Ari dan Meva yang menjadi inti dari cerita (SPOILER END).

Fokus dalam hubungan ini pada akhirnya memang kepada dua sosok Ari dan Meva yang memiliki hubungan pertemanan yang tidak lazim. Alasan kenapa buku ini termasuk sangat mengena bagiku mungkin adalah karena saya memang memiliki satu-dua gadis yang memegang posisi seperti Meva di dalam hidupku. Dan hampir sama seperti Ari juga saya pernah menulis panjang lebar mengenai hubunganku dengannya di dalam Facebook ketika muda dulu. Membaca novel ini sadar maupun tidak saya dibawa mengingat masa-masa tersebut. Masa-masa yang disebut ‘kenangan‘. Yang manis, tetapi juga tidak mungkin terulang kembali.

SK2H pada akhirnya menjadi sebuah novel yang saya rekomendasikan kepada para remaja pemuda yang pernah mengalami senangnya hidup di dalam perantauan dan jatuh cinta di tengah keasingan sebuah kota yang baru. Ada sebuah romantisme tersendiri dari kisah cinta masa lalu – terlepas apakah ia berakhir dengan manis maupun pahit.

Catatan Tambahan: Ada yang mengatakan bahwa versi Novel buku ini sudah diedit dan dipangkas sehingga ada beberapa detail kisah asli dari forumnya yang sudah terpotong.

Score: B+

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s