Di luar Hideo Kojima dan Hironobu Sakaguchi, salah satu developer game yang paling terkenal dengan bubuhan tanda tangannya sebagai pencipta game auteur adalah Yoko Taro. Game ciptaannya seperti seri Drakengard dan Nier tidak pernah mencapai kesuksesan mainstream seperti seri Final Fantasy atau Dragon Quest tetapi ia memiliki banyak pengikut fanatik yang mencintai karyanya. Di tahun 2017 lalu Nier: Automata akhirnya menjadi game yang mendorong Yoko Taro ke spotlight. Tidak hanya kostum dalam game ini menjadi salah satu kostum yang paling digemari cosplayer, Nier: Automata juga menjadi salah satu game ‘kecil’ yang mencuri perhatian banyak orang melalui cerita yang unik, gameplay yang berubah di tiap playthrough, sampai design yang indah dan syahdu.

Pertanyaan utama yang diajukan oleh Nier: Automata adalah mengenai eksistensi. Ini jelas bukan sebuah topik sederhana untuk diangkat dalam video game. Di mayoritas game ini kamu berperan sebagai dua karakter android: 2B dan 9S. Keduanya adalah bagian dari grup YoRHa, sebuah tentara Android yang diciptakan manusia untuk melawan mesin yang kini menguasai dunia. Kaum manusia yang nyaris punah sekarang tinggal menyisakan sebuah koloni di bulan yang mengimpikan kepulangan mereka. Satu-satunya cara tersebut bisa dilakukan adalah dengan mereka menghancurkan dan mengalahkan para mesin.

1
Fight the Machine

Bagi para penggemar sci-fi, saya yakin kalian sudah tahu bahwa jalan cerita dari Nier: Automata tidak akan sesimpel Android vs Mesin. Akan tetapi jalan cerita yang ditulis oleh Yoko Taro dilakukan dengan begitu elegan sehingga misteri demi misteri yang perlahan dikupas dengan setiap playthrough yang kamu lakukan. Untuk bisa melakukan unlock pada True Ending game ini, Nier: Automata meminta kamu untuk memainkan game ini sampai lima kali, mendapatkan Ending A – D terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu akan diberi akses untuk mendapatkan ending E yang berlaku sebagai True Ending dari game ini.

3
Reach the true ending

Untuk gameplaynya sendiri, Nier: Automata memiliki gabungan beberapa gameplay mulai dari Hack and Slash, eksplorasi dalam dunia open world (yang terdiri dari berbagai distrik), sampai shoot’em up bullet hell ala arcade jaman lawas. Walaupun terkesan bak gado-gado yang tidak karuan, saya terkejut bahwa produk akhir game ini mampu menggabungkan elemen-elemen tersebut dengan baik. Menguasai kombo-kombo dalam pertarungan terutama unsur Block, Dodge, sampai Counter Attack membuat setiap pertarungan terasa memuaskan, terutama bila kamu sanggup mengeksekusi kombo yang menghancurkan musuh. Dunia open world dalam Nier: Automata juga memiliki keindahan dystopia-nya tersendiri. Terkadang saya tidak bisa tidak berhenti dan sejenak memandangi keindahan reruntuhan yang telah diambil alih kembali oleh alam.

Nier: Automata semakin berkesan dengan deretan lagu yang menghiasi OST-nya. Sementara hampir semua lagu yang ada dalam game ini hypnotic, satu lagu yang paling standout di antara lainnya tentu adalah ‘Weight of the World‘ yang memiliki tiga versi: Jepang, Inggris, dan satu lagi bahasa ciptaan dari Yoko Taro sendiri yang berbasis dari bahasa Perancis. Bisa dibilang momen di mana lagu ini dinyanyikan adalah salah satu momen terbaik tak hanya dalam dunia gaming tahun 2017 lalu tetapi untuk momen gaming sepanjang jaman.

Satu saja catatan untuk mereka yang ingin mengerti mitologi dunia Nier lebih mendalam lagi: sebelum memainkan game ini ada baiknya kalian membaca ringkasan singkat mengenai cerita dalam dunia Drakengard dan Nier yang pertama. Walaupun tidak seberapa berkaitan, ada beberapa plot penting dari game-game tersebut yang berperan dalam world building dunia game ini. Mengetahui mitologi Drakengard dan Nier akan membantu kalian mengapresiasi jalan cerita yang telah dibuat dengan hati-hati dan berkesinambungan oleh Yoko Taro.

2
The meaning of life

Nier: Automata adalah salah satu game terbaik yang dielu-elukan banyak orang dan gamer di tahun lalu… and for a good reason. Saya tidak pernah menemukan game dengan hybrid begitu banyak konsep ala Nier: Automata dan entah bagaimana bisa membuatnya menjadi sebuah paket yang komplit dan nyaris sempurna. An absolute masterpiece.

Score: 9.0

Leave a Reply