Movies

Mission: Impossible – Fallout

Sulit dipercaya bahwa setelah 22 tahun berlalu, franchise Mission: Impossible belum juga kehabisan bensin – dan malah menjadi semakin baik. Lebih hebatnya lagi, franchise ini juga tak pernah direboot dan tak pernah mengalami perubahan karakter utama sebab ia selalu digawangi oleh Tom Cruise dan dipenuhi dengan setpiece stunt aksi yang spektakuler. Beda dari serial TV yang menjadi basisnya? Ya. Tapi siapa peduli? Maaf kalau ini lancang tapi Mission: Impossible serial TV punya tujuh season dan hadir di layar kaca dari 1966 ke 1973. Tom Cruise telah menggawangi franchise ini selama 22 tahun – tiga kali lipat lebih lama. Saat ini Mission: Impossible rasanya lebih sinonim dengan Tom Cruise ketimbang serial TVnya.

Kalau diingat kembali apa saja sih momen-momen yang paling berkesan dari franchise ini? Saya yakin jawaban orang-orang adalah stunt gila yang dilakukan oleh Tom Cruise di film ini. Siapa yang lupa dengan pencurian di markas CIA yang sampai hari ini pun masih menjadi salah satu adegan heist terbaik dalam film pertama? Atau siapa yang lupa dengan bagaimana Tom Cruise bergelantungan di Burj Khalifa – tower tertinggi dunia – dalam film keempat? Nah, dalam Fallout Cruise sudah melakukan berbagai stunt aksi gila seperti melakukan lompatan HALO, melakukan aksi stunt dengan helikopter, dan mengundang kalian semua menikmatinya.

2
Hanging

Ada sedikit hal yang membedakan Fallout dari Mission: Impossible seri-seri sebelumnya. Patut diperhatikan bahwa sejak seri ketiganya film Mission: Impossible memiliki benang merah yang makin terkait satu sama lain, terutama dengan kehadiran ulang beberapa karakter dalam tubuh IMF, akan tetapi ini adalah Mission: Impossible pertama yang terasa merupakan sebuah sekuel langsung dari entri sebelumnya. Saya bahkan berani bilang bahwa anda sebaiknya menonton Mission: Impossible – Rogue Nation terlebih dahulu apabila lupa dengan ceritanya sebab film ini memiliki banyak kesinambungan dengan film tersebut.

4
Flying

Bergabung dengan grup Ethan Hunt kali ini adalah Agent Walker yang diperankan oleh Superman alias Henry Cavill. Kehadiran Cavill di sini menandakan kali kedua sang aktor bermain dalam film bergenre spy setelah The Man from U.N.C.L.E, dan rasanya ia kok lebih cocok bermain di film semacam ini daripada superhero ya? Hampir semua cast lama dari Rogue Nation pun kembali dengan pengecualian Jeremy Renner yang tengah sibuk syuting film Avengers 4 sehingga berhalangan hadir. Kehadiran ulang karakter-karakter lawas tersebut membuat Fallout bisa langsung terjun pada aksi tanpa perlu memperkenalkan ulang tiap karakter itu lagi.

Dan holy shit, untuk koreografi aksi saya berani menggaransi bahwa Fallout akan membuat anda tercengang. Aksi stunt yang dilakukan oleh Cruise semakin lama semakin gila dan mencapai puncaknya di film ini. Selain melompat HALO dari pesawat Cruise juga melakukan adegan chase scene dengan kendaraan maupun dengan kaki yang seru. Tak hanya itu ia pun melakukan beberapa atraksi gila dengan menggunakan helikopter. Mayoritas adegan di dalam film ini diperankan oleh Cruise sendiri sehingga rasa-rasanya saya perlu menobatkan dirinya sebagai Jackie Chan-nya Amerika. Yang gila? Apabila semakin tua Jackie Chan semakin bermain aman dengan stunt-nya maka Tom Cruise malah makin gila dengan stunt-nya semakin ia uzur. Melihat ia berlari kencang di film ini saya hanya bisa terperangah. This guy is 56??? Stamina dia saya garansi membuat orang yang 30 tahun lebih muda daripada dia malu.

1
Trek-trekan

Segala stunt gila dari Cruise ini keren karena ia dilakukan dengan minim CGI. Di tengah makin menggilanya penggunaan CGI di Hollywood sekarang ini, pemakaian practical effect di Mission: Impossible dan Fast and Furious (mungkin tinggal dua franchise ini yang masih bersikukuh memakai practical effect untuk mayoritas setpiece aksi filmnya) membuatnya tampak lebih riil dan seru. Christopher McQuarrie telah menjadi seorang sutradara yang mampu menangkap esensi dari franchise ini: sebuah kendaraan bagi Cruise menunjukkan stunt-nya.

Pada akhirnya semua penonton ingin dihibur ketika masuk menonton layar lebar. Banyak film lupa akan hal ini dan terlalu berfokus akan kepentingan mereka bercerita ketimbang kesenangan penonton. Tom Cruise tidak. Mission: Impossible – Fallout digarap dengan tujuan menghibur penonton dari menit pertama ia dibuka sampai menit akhir ia ditutup. Tidak berlebihan bagi saya menganugerahkan gelar film aksi terbaik tahun ini kepadanya. Mission… accomplished!

Score: A-

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s