Kehadiran sosial media sungguh telah mengubah jalan hidup orang-orang sekarang. Mulai dari Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram dan banyak sosial media lainnya, kamu bisa mencari tahu mengenai kehidupan seseorang melalui akun sosial medianya.

Film Searching ini disutradarai oleh sosok muda Aneesh Chaganty dan dibintangi oleh John Cho dan Debra Messing. Cho adalah David Kim, seorang Korean-American yang tinggal di San Diego dan keluarganya barusan tertimpa tragedi. Meninggalnya istri David membuat hubungan harmonis dia dengan sang putri, Margot, merenggang. Suatu malam Margot berpamitan dengan David bahwa ia akan pergi belajar kelompok… lantas… tidak ada kabar.

1
Where are you?

Ya. Margot menghilang begitu saja. Pada awalnya David menyangka Margot sekedar jengkel dengannya lantas ia kemudian menyangka bahwa Margot kabur dari rumah. Dibantu oleh tim FBI, David pun memutuskan untuk menggunakan segala cara mencari Margot. Waktu bergerak pelan tapi pasti – bisakah Margot ditemukan?

Searching ini terasa bagaikan sebuah kisah nyata dikarenakan ada dua kisah nyata yang baru saja terjadi di dunia. Kisah nyata pertama tentu saja kisah sebelas anak yang hilang di Thailand dan ternyata ditemukan di bawah sebuah gua bawah tanah. Kisah tersebut berakhir bahagia di mana semua orang di seluruh dunia bekerja sama guna menyelamatkan anak-anak tersebut. Di sisi lain ada kisah tragis di Amerika di mana seorang gadis, Mollie Tibbets yang hilang selama berhari-hari, hanya untuk ditemukan bahwa ia telah dibunuh seorang imigran ilegal di Amerika sana.

Yang membuat film ini langsung menarik perhatianku adalah scene awal selama 5 hingga 6 menit. Adegan yang menuturkan kehidupan keluarga Kim ini digarap dengan sangat menyentuh, sampai-sampai seorang temanku mengatakan bahwa ia teringat dengan adegan opening di Up ketika menontonnya. Saya setuju, saya pun nyaris menitikkan air mata menonton opening yang powerful tersebut. Film ini kemudian bergulir melalui sudut pandang yang sangat kreatif: dari layar komputer.

poster
Searching Poster

Saya tahu bahwa ini bisa terkesan dipaksakan tapi kekreatifan sang sutradara memajukan kisah dari berbagai sudut membuat film ini tak pernah terasa membosankan. Jalan ceritanya sendiri mungkin cukup standar tetapi dibumbui dengan beberapa twist yang cukup cerdas. Yang jelas film ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton bersama keluarga karena pesan moralnya yang apik. Mengajak anak menonton pun boleh sebab anak-anak jaman sekarang terbilang sudah melek teknologi dan tingkat kekerasan dalam film ini terbilang rendah.

Score: A-

Leave a Reply