Setelah kesuksesan NES Mini dari Nintendo, demam rilis ulang konsol klasik dengan ukuran mini menggila. Sega turut merilis Sega Genesis Mini, Nintendo sudah merilis SNES Mini sebagai sekuel dari NES Mini (dan saya takkan terkejut kalau dalam setahun dua tahun ke depan N64 Mini akan diumumkan juga, sementara Sony sudah mengumumkan bahwa mereka akan merilis PS1 Mini. Nah, di antara semua pengumuman itu, satu konsol tak terduga juga dirilis versi mini-nya: Neo Geo Mini.

20181014_105119
The Game List of the Japanese Version

Neo Geo Mini adalah replika mungil berisi 40 game dari konsol Neo Geo. Tidak pernah mendengarnya? Saya yakin tidak sebab Neo Geo adalah salah satu konsol termahal yang pernah dirilis di pasaran pada era itu. Maklum, SNK tidak berniat merilisnya sebagai home console melainkan untuk arcade. Oleh karena permintaan tinggi dari gamer Jepang lah konsol ini kemudian dirilis versi home console-nya. Pada saat ia dirilis di tahun 1990 dulu Neo Geo adalah konsol dengan kemampuan teknis paling mutakhir yang tak dapat disaingi arcade manapun – apalagi home console seperti NES dan SNES yang hadir di pasaran pada masa itu. Tidak heran bahwa SNK masih rajin merilis game dalam sistem ini hingga tahun 2000an lewat di mana teknologi Neo Geo mulai menunjukkan usianya.

20181014_110636
Let’s play!

Kemajuan teknologi bisa dibilang luar biasa, sekarang konsol mutakhir tersebut bisa diperkecil hingga dapat dipegang dengan genggaman tangan dan berisikan 40 game di dalamnya. SNK merilis dua jenis Neo Geo Mini di pasaran, satu untuk pasaran Jepang dan satu lagi untuk pasaran internasional. Beda kedua versi ini terletak pada game-game yang disertakan di dalamnya. Versi Jepang dari Neo Geo Mini lebih banyak berisi game-game fighting yang menjadi ciri khas dari perusahaan SNK sementara versi internasional lebih merata, ya masih lebih banyak game bergenre fighting ketimbang genre lainnya tetapi kalian juga akan mendapatkan beberapa game klasik lain yang dipinggirkan di versi Jepang.

Kalau kalian bertanya mengenai versi mana yang harus kalian beli maka itu kembali pada genre favorit kalian. Apabila kalian seorang penggila game fighting maka versi Jepang adalah keharusan, dikarenakan mayoritas game fighting klasik SNK ada di sini. Kalian ingin memainkan King of Fighters? Lengkap dari tahun 1994 hingga 2003 yang berarti kalian mendapatkan keseluruhan Orochi dan NEST saga, lengkap dengan tambahan dua Dream Tournament di tahun 1998 dan 2002 dan jangan lupa Ash saga yang dimulai di tahun 2003. Begitu juga kalau kalian mencari game-game fighting klasik SNK lain mulai dari franchise Fatal Fury, Art of Fighting, Samurai Showdown, hingga Last Blade. Tentu saja ini berarti franchise non-fighting ala Metal Slug sedikit dikorbankan. Oleh karena itu kalau kalian lebih termasuk all round gamer lebih baik memilih versi internasional yang pembagian genre gamenya lebih merata.

20181014_110844
The Mark of the Wolves

Berbeda dengan NES Mini maupun SNES Mini yang mengharuskan kalian mencolokkan konsol ke TV untuk memainkannya, Neo Geo Mini memiliki layar sendiri. Kalian tinggal mencolokkan mesin ini pada sumber listrik dan tanpa mencolokkan ke TV pun bisa langsung memainkannya. Sayangnya pengikutsertaan layar (yang bening!) untuk memainkan game ini berarti SNK tidak menyertakan kontroler. Kalau kamu ingin bermain bersama temanmu maka kamu harus membeli kontroler Neo Geo Mini secara terpisah. Juga apabila kalian ingin mencolokkan ke TV, sebaiknya mencari kabel Mini HDMI terlebih dahulu. Mini HDMI memang bukan kabel yang sulit dicari tetapi saya merasa ini adalah kesalahan dalam proses design Neo Geo Mini, kenapa tak memakai slot HDMI seperti yang sudah umum dipakai mayoritas orang saja?

20181014_105219
Aksesoris seadanya 🙁

Terlepas dari kekurangan di atas, saya merasa puas untuk memainkan game-game nostalgia di konsol ini. Semua emulasi berjalan dengan sangat lancar dan build dari mesinnya sendiri cukup kokoh dan kuat. Pun begitu saya tetap menyarankan untuk hati-hati menggunakan joystik game ini, terutama saat bermain game fighting. Bukan apa-apa, terkadang seorang gamer yang terbawa emosi saat bermain bisa dengan sangat kasar memutar dan memelintir joystik yang ada supaya mengeluarkan kombo-kombo super karakter yang ia pakai. Bagaimana kalau sekali mengeluarkan jurus super lantas joystiknya mengalami kerusakan? Rugi bukan?

Pada akhirnya perlu tidaknya kamu membeli Neo Geo Mini tergantung dari seberapa senangnya kalian dengan game-game yang diproduksi oleh SNK. Saya pribadi tumbuh dengan karakter seperti Terry Bogard dan Kyo Kusanagi pada masa muda sehingga kesempatan memainkan mereka tanpa melalui proses emulasi di komputer, handheld, maupun di telepon genggam adalah kesempatan yang tak dapat saya lewatkan. Tambahan lain, bentuk konsol yang super imut ini sungguh membangkitkan nostalgia generasi emas arcade dan bisa saya taruh sebagai penghias di dalam kamar gaming yang ingin kubangun di masa depan!

Score: 8.0

2 Comments

Leave a Reply