Perhatian: Guide ini ditujukan untuk mereka yang sama sekali tidak mengenal BTS. Saya secara pribadi juga baru-baru ini saja mengenal mereka – dan bahkan tak berani menyebut diri saya sebagai seorang BTS ARMY. Apabila ada kesalahan informasi di dalam artikel ini, saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya.

Walaupun kalian bukan penggemar K-Pop rasa-rasanya kok tidak mungkin kalian tidak pernah mendengar nama BTS disebut-sebut. Belakangan ini grup idol yang satu ini memang makin melejit moncer namanya di belantika musik dunia.

Lantas? Apa bedanya mereka dengan grup-grup boyband dan girlband lain dari negeri ginseng? Dulu-dulu juga pernah ada Super Junior, EXO, BoA, Rain, dan segala macam artis yang populer. Apa sih yang membedakan BTS dari mereka?

Salah satu pembeda utama BTS dari band-band Korea lain adalah agency di mana mereka bernaung. Kebanyakan band Korea berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti SM Entertainment (Super Junior, EXO, dan SNSD berasal dari sini), YG Entertainment (2NE1, Big Bang dan Blackpink berasal dari sini), dan JYP Entertainment (Twice, Wonder Girls, dan Suzy berasal dari sini). Bagaimana dengan BTS? Mereka ternyata tergabung dengan sebuah agency kecil bernama Big Hit Entertainment. Begitu kecilnya Big Hit Entertainment agency tersebut praktis hanya punya BTS sebagai ujung tombak mereka.

Gara-gara itu jugalah nama BTS tidak pernah terdengar gaungnya sampai bertahun-tahun; dana promosinya agency mereka tidak bisa bersaing dengan agency-agency besar lainnya! Bisa dibilang kisah mereka dari nobody sampai akhirnya berhasil tampil di puncak kancah K-Pop sekaligus menjadi band Korea pertama yang mampu mendobrak pasar musik mainstream Amerika adalah kisah underdog yang spektakuler.

Jadi siapa saja BTS itu? BTS terdiri dari tujuh anak muda: RM, JungKook, Jin, V, Jimin, J-Hope, dan Suga. Berbeda dengan beberapa boyband lain yang mengambil member dari negara lain, BTS fokus hanya dengan anggota dari Korsel saja. Mereka mulai mencoba peruntungan mereka di dunia musik melalui jalur hip-hop di awal-awal karir mereka tapi lantas banting setir dengan menggabungkan beberapa genre sekaligus; tidak lupa dengan asal muasal mereka di hip-hop tapi juga memfusikan R&B dan K-Pop sampai Dance di dalam track-track lagu mereka. Sukses mereka pun tidak datang dalam sekejab melainkan perlu menunggu hingga tahun 2015 di mana album The Most Beautiful Moment in Life mulai mengangkat nama mereka. Kesuksesan itu berlanjut dengan album Wings, dan lantas memuncak di trilogi Love Yourself yang melejitkan mereka ke puncak belantika musik dunia.

Nah, dengan begitu banyaknya lagu dan album mereka yang kini populer, mungkin akan menyulitkan bagi pendengar baru, dari mana sih harus mulai mencoba mendengar musik BTS supaya bisa mengenali mereka? Saya akan mencoba mengompilasi lima lagu BTS favorit saya dari beberapa yang sudah saya dengarkan selama ini. Setuju tidak dengan pilihan saya?

 

5. Waste It on Me
Album: Neon Future III
Year: 2018

You say love is messed up
You say that it don’t work
You don’t wanna try, no, no!

Awalnya saya ingin menempatkan lagu Euphoria di posisi kelima. Akan tetapi setelah berulang-ulang kali mendengarnya saya malahan jatuh cinta dengan lagu BTS hasil kolaborasi terkini (saat artikel ini ditulis) dengan Steve Aoki: Waste It on Me. Ini adalah kolaborasi kali ketiga grup BTS dengan Aoki (yang pertamma adalah Mic Drop sementara yang kedua adalah The Truth Untold). Saya pribadi paling suka dengan lagu ini karena banyak faktor. Pertama: ini adalah lagu pertama BTS yang semua liriknya dinyanyikan dalam bahasa Inggris. Kedua: mix aransemen musik EDM dari Aoki berpadu sempurna dengan rap dari RM dengan lantunan vokal apik dari Jimin dan JungKook. Faktor terakhir? The epic epic MV. How can you not love it?

 

4. Spring Day
Album: You Never Walk Alone
Year: 2017

보고 싶다 (보고 싶다)
보고 싶다 (보고 싶다)

Apabila kalian ingin melihat koreografi live dance yang dieksekusi secara flawless oleh BTS, maka saya sarankan melihat performa mereka menyanyikan Spring Day dalam acara Show Champion Ep. 219 . Keselarasan penampilan mereka ditambah lagu R&B dengan ballad bercampur dengan apik. Tapi jangan lewatkan video-nya juga sebab ia disyuting di tempat yang apik dan penuh dengan lansekap indah Korea. Lirik lagu dalam Spring Day berisi sebuah kesedihan, kesepian, dan keinginan untuk bertemu dan memperbaiki hubungan dengan seorang sahabat setelah keduanya berpisah jalan, walaupun ada beberapa orang yang mengapungkan teori bahwa Spring Day sebenarnya merupakan lagu yang dipersembahkan BTS untuk anak-anak korban kecelakaan kapal Sewol di Korea. Saya pribadi entah kenapa teringat film Ralph Breaks the Internet saat membaca arti lirik lagu ini. Ada yang memiliki pendapat yang sama?

 

3. IDOL
Album: Love Yourself: Answer
Year: 2018

You can’t stop me lovin’ myself

Ini adalah lagu BTS pertama yang saya dengar setelah teman saya merekomendasikannya kepadaku. And wow. What a powerful song this is. Sebagai sebuah lagu BTS pertama yang saya dengar ia benar-benar memiliki beat menghentak dan mengajak bergoyang! Sedikit berbeda dengan lagu-lagu BTS lainnya di list ini, IDOL tidak terlalu serius dengan liriknya… sedikit playful dan santai dengan nilai self acceptance… tetapi juga sarat makna yang tersembunyi. Lagu ini bisa dibilang sebuah clapback, sebuah jawaban bagi BTS bagi para hater-nya maupun fans tertentu yang terlalu posesif menginginkan mereka berubah. Kalian ingin BTS berubah mengikuti kalian? “Tidak semudah itu Ferguso…! This is BTS, and this is who we are!” adalah jawaban lantang mereka. You can either love them or leave them, dan lagu IDOL membuat kalian JELAS sulit untuk meninggalkan mereka. Come on, that video is totally mesmerizing and psychedelic, no?

 

2. Fake Love
Album: Love Yourself: Tear
Year: 2018

I’m so sick of this fake love, fake love, fake love
I’m so sorry but it’s fake love, fake love, fake love

Di antara semua lagu BTS yang saya dengar selama ini, Fake Love adalah yang paling personal bagiku. Saya sempat mendengarkan lagu IDOL, I’m Fine, Serendipity, dan beberapa lagu BTS lain tetapi Fake Love adalah lagu BTS pertama yang saya cari translasi lirik-nya. Dan saya terperangah. Lagu yang di awalnya tampak sebagai sebuah lagu yang Hip-Hop / Rap rupanya memiliki arti yang mendalam – dan sangat relatable. Siapa di antara kita yang tidak pernah – demi cinta – berusaha memermak diri kita sebegitu rupa untuk menjadi sosok sempurna di mata orang yang kita cintai? Tapi pada akhirnya apakah itu betul-betul cinta sejati atau sekedar sebuah hubungan toxic yang perlu diakhiri? Fake Love is a great song but more importantly a great reminder.

 

1. Dope
Album: The Most Beautiful Moment in Life
Year: 2015

Cause we got fire (fire!)
Higher (higher!)
I gotta make it, I gotta make it
jjeoreo!

IDOL adalah lagu BTS pertama yang kudengar.
Fake Love adalah lagu BTS yang paling personal bagiku.
Tapi untuk paket set komplit yang membuat saya ingin mengenali BTS jauh lebih mendalam? Jawabannya adalah… Dope.

Ini adalah lagu BTS yang paling komplit di mataku.

Kalian mau video musik dengan koreografi yang – bagiku – adalah koreografi dance terbaik yang pernah saya tonton selama ini? Watch Dope.

Kalian mau lagu ngebeat dengan lirik menyentil tetapi kocak dan langsung masuk di kepala? Dengarkan Dope.

You want to know BTS at its finest? Dope. Dope it is.

RM selaku leader dari BTS bertanya di awal musik video Dope : “Eoseo wa bangtaneun cheoeumiji?” yang secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai “Kalian baru terhadap BTS?” karena ini adalah lagu introduksi sempurna buat mereka!

 

 

Apabila sudah menonton kelima video musik BTS dan ingin tahu lebih mendalam lagi mengenai mereka, saya menyarankan dua serial. Yang pertama adalah serial BTS membuat Line Sticker bernama BT21 yang tersedia secara gratis di Youtube dan satu lagi adalah serial BTS dengan variety show mereka sehari-hari dalam situs Vlive bernama BTS Run.

 

Jadi kalian sudah siap dengan transformasi menjadi BTS ARMY? Welcome to the BTS Fandom!

1 Comment

  1. For those who want more great BTS songs, allow me to recommend these:
    1. Run : MVnya keren dan lagu-nya cukup menghentak walau tak seenerjik Dope.
    2. Epiphany : Dinyanyikan Jin secara full dan punya reff yang langsung menghantam dada dengan emosionalnya.
    3. Euphoria : Lagu yang beat-nya asik, liriknya keren, dan mendayu-dayu.
    4. I NEED U : Saya pribadi tidak suka tapi konon ini lagu pertama BTS yang dapat penghargaan. Liriknya quite corny dan melodinya menurutku kurang menarik.

Leave a Reply