Us

Jordan Peele mengejutkan dunia Hollywood melalui film horor pertama yang ia sutradarai: Get Out. Film tersebut mendapatkan puji-pujian dari para kritikus Hollywood dan bahkan mendapatkan beberapa nominasi Oscar dan bahkan mendapatkan satu penghargaan: Skenario Orisinil terbaik. Film tersebut juga meraup sampai 176 Juta USD ketika dirilis di Amerika pada tahun 2017 dulu… pendapatan yang luar biasa besar. Semenjak itu orang bertanya-tanya apa gerangan yang disiapkan oleh Jordan Peele berikutnya? Ia sudah didapuk menjadi penggarap dari reboot serial antologi The Twilight Zone dan tak lama setelah berita itu diumumkan film Us pun dirilis. Sedikit berbeda dengan Get Out yang menyisipkan sindiran sosial dan rasisme di dalamnya, Us konon adalah sebuah film horor yang benar-benar horor – tanpa embel-embel apapun di belakangnya.

Pada masa kecilnya dulu Adelaide melihat ‘bayangan’ dirinya sendiri dan sempat menjadi trauma akan pengalaman tersebut. Perlahan-lahan Adelaide kembali pulih tetapi memori mengerikan masa lalu itu tetap menghantuinya. Puluhan tahun kemudian Adelaide sudah menjadi seorang ibu bagi dua anak dan memiliki suami yang baik. Secara ringkas: kehidupan Adelaide (hampir) sempurna. Kehidupan itu semakin sempurna ketika seantero keluarga Adelaide berlibur. Rupa-rupanya tempat keluarga mereka berlibur adalah tempat yang sama di mana Adelaide dulu pernah bertemu dengan ‘bayangan’nya. Kekhawatiran dari Adelaide akan tempat tersebut berubah menjadi kenyataan. Pada malam hari villa tempat mereka tinggal didatangi oleh empat orang yang serupa dengan mereka – ‘bayangan’ mereka. Empat orang ini menyebut diri mereka sebagai ‘The Tethered‘ , bayangan dari keluarga Adelaide. Ayah – Ibu – Anak Perempuan – Anak Laki. Siapakah sebenarnya keempat orang Tethered ini dan apa yang mereka inginkan dari keluarga Adelaide?

images (6)
Us Poster

Sebenarnya ada banyak hal lagi yang bisa ditulis dan dibahas mengenai Us tetapi mengetik lebih lanjut dari resensi di atas berpotensi memberikan spoiler kepada mereka yang belum menonton. Satu hal saja yang perlu penonton tahu dalam menonton Us… film ini cukup intens. Karena sosok Tethered itu adalah sosok yang misterius di mana penonton tidak tahu mereka datang dari mana dan kenapa mereka begitu creepy, penonton pun akan terus merasakan ketegangan karena tidak tahu apa yang akan mereka perbuat. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang logis sehingga berhadapan dengan makhluk anarkis yang melakukan sesuatu tanpa alasan macam para Tethered akan memberikan rasa tidak nyaman.

images (5)
Who are the Tethered?

Menyebut film Us sebagai film yang benar-benar horror tanpa campuran genre lain pun tak sepenuhnya tepat. Penampilan Winston Duke sebagai Gabe, sang ayah dari keluarga ini, sempat memancing tawa beberapa kali dari para penonton. Sepertinya dasar Peele dari genre komedi masih belum terhapuskan. Dan seperti ciri khas film Jordan Peele… ia juga menyelipkan sedikit pesan sosial di dalam film ini, kali ini mengenai strata sosial dan tatanan kehidupan yang berbeda di masyarakat. Akan tetapi pesan dalam film ini lebih abstrak dan tak langsung menohok seperti halnya Get Out dan pesan rasisme yang jelas-jelas diusungnya. Rasanya tak perlu membandingkan film ini dengan Get Out sebab keduanya adalah dua film horror yang berbeda dan saya senang Jordan Peele berani bereksperimen di luar pakemnya ketimbang memakai gaya trademark yang sama. Maklum beberapa pembuat film horor seperti James Wan dan M. Night Shyamalan memakai pakem yang sama dalam hampir setiap film mereka sehingga formula tersebut mulai terasa membosankan (Wan sejak Insidious dan Shyamalan sejak… The Sixth Sense).

Performa keempat aktor utama film ini pun tak boleh dipandang sebelah mata. Saya tidak pernah benar-benar suka dengan akting dari Lupita Nyong’o tetapi saya merasa performanya di sini sebagai Adelaide baik dan Adelaide psikopat benar-benar baik… bahkan lebih baik dari performa Nyong’o dalam 12 Years a Slave yang membuatnya diganjar Piala Oscar. Tidak kalah bagus adalah performa dari dua anak Adelaide di film ini… diperankan oleh dua artis cilik Evan Alex dan Shahadi Wright Joseph. Di antara keempat aktor utama tak disangka justru Winston Duke yang paling sedikit diberi porsi… apa mungkin karena ia sudah sibuk dipasang sebagai tukang lawak film ini?

images (4)
Survive the Doppelganger

Pada akhirnya Us adalah sebuah tontonan horor thriller yang solid. Ada sedikit twist di ending yang mungkin sudah terbaca penggemar genre ini… tetapi dengan musik yang mencekam, akting yang bagus, dan cerita yang orisinil Us adalah bukti Jordan Peele bukan sekedar sutradara one hit wonder saja. Waiting for his next movie!

Score: B+

Leave a Reply