Di tahun 2017 sebuah Board Game bernama Dinosaur Island diciptakan oleh designer Jonathan Gilmour dan Brian Lewis. Dinosaur Island menjadi salah satu Board Game Euro yang populer di tahun tersebut dikarenakan temanya yang unik: membangun sebuah Theme Park Dinosaurus. Dengan kata lain, this game should have been called Jurassic Park: The Board Game. Kesuksesan Dinosaur Island membuahkan expansion dan bahkan spin-off Board Game garapan Ian Moss yang dikhususkan untuk permainan dua orang: Duelosaur Island.

Dalam Duelosaur Island kamu bertindak sebagai satu dari dua perusahaan Theme Park Dinosaurus yang saling bersaing menarik pelanggan. Siapa yang bisa merebut pelanggan terbanyak akan memenangkan game ini. Bagaimana cara kamu bisa meningkatkan pelanggan yang datang ke Theme Park-mu? Sederhana; memiliki banyak wahana permainan, banyak kios makanan, dan yang terpenting tentunya adalah memiliki beraneka-ragam Dinosaurus yang akan membuat Theme Park-mu berbeda dengan sang pesaing.

Duelosaur Island bisa tampak membingungkan pada awal dikarenakan ada banyak komponen yang bisa kamu gerakkan dan kembangkan di awal permainan – dan semuanya saling berkaitan.

Kunci paling awal untuk kesuksesan Theme Park-mu adalah dengan menciptakan berbagai jenis Dinosaurus baru. Dinosaurus tersebut bisa dikembangkan dengan poin-poin DNA yang kamu dapatkan di awal tiap ronde. Akan tetapi menambah banyak Dinosaurus ke dalam Theme Park-mu tak seenak itu… pada dasarnya Dino – terutama para Dino karnivora macam T-Rex – adalah binatang yang ganas. Apabila sistem keamanan dari perusahaan kamu tak cukup kuat dan terupgrade, ada resiko para Dino tersebut tak terkontrol dan memakan pengunjung! Nah, mengupgrade sistem keamanan tentunya membutuhkan dana… dan dana itu hanya bisa datang dari para pengunjung yang membelanjakan uangnya di atraksi-atraksi dan stand-stand makanan yang kamu dirikan di dalam Theme Park-mu. Nah, semuanya saling berkesinambungan bukan?

Saya tidak pernah memainkan Dinosaur Island sebelumnya tetapi teman-temanku yang telah memainkannya mengatakan bahwa Duelosaur Island mengambil elemen-elemen inti dari game tersebut dan meringkasnya menjadi lebih sederhana (karena diperuntukkan hanya bagi dua pemain). Toh, tanpa pernah memainkan dan membandingkannya dengan versi yang lebih kompleks itupun saya tetap senang memainkan versi dua pemain ini. Duelosaur Island tidak pernah terasa membingungkan bagiku karena flow permainan terasa jelas dari awal hingga akhir. It has the right level of complexity for me.

Komponen dari Duelosaur Island sendiri sangat bagus, terutama pada dadu akrilik dengan gambar DNA yang disertakan. Varian dadunya cukup banyak sehingga memastikan replayability yang berbeda tiap kali dimainkan. Tak hanya itu, game Duelosaur Island juga memiliki kartu pegawai (Specialist). Pegawai-pegawai yang ada bisa kamu rekrut (pekerjakan) dan masing-masing memiliki spesialisasi sendiri-sendiri yang bisa kamu pakai untuk mengefisiensikan pengaturan Theme Park-mu. Saya juga puas melihat semua komponen game, mulai dari Player Board untuk kedua pemain sampai kartu-kartu yang ada menuliskan informasi secara ringkas, padat, dan jelas. Sama sekali tidak membingungkan! Duelosaur Island juga cukup fleksibel dalam mengatur waktu permainannya sebab ia membagi lama permainan dalam tiga kategori: Cepat (mencari poin 25), Sedang (mencari poin 35), dan Panjang (mencari poin 45). Jangan khawatir, bahkan untuk game Panjang, ia tak pernah sampai terasa kepanjangan dan tetap bisa diselesaikan dalam waktu di bawah 90 menit – kadang bahkan di bawah 1 jam kalau kamu sudah tahu strategi yang optimal.

Secara keseluruhan, Duelosaur Island cocok apabila kamu ingin sebuah game Duel dua pemain yang sedikit lebih kompleks dibandingkan game-game dua pemain biasanya. Kalau kamu gemar dengan franchise film Jurassic Park… why not give this game a try? Kapan lagi kamu bisa membangun Theme Park Dino-mu sendiri?

Score: 8.5

Leave a Reply