BTS World

Boyband BTS atau Bangtan Boys mencapai puncak popularitas mereka di dua tahun terakhir. Sementara mereka sudah populer di kalangan pecinta K-Pop mulai tiga hingga empat tahun yang lalu, baru pada dua tahun terakhir lagu-lagu mereka benar-benar dikenal sampai kalangan mainstream yang tak seberapa tahu mengenai K-Pop (seperti saya) pun mengenal mereka. Walhasil, BTS sekarang menjadi salah satu boyband paling populer di dunia dengan belasan lagu hits yang mencapai puncak chart K-Pop.

Popularitas ini tidak semata-mata karena lagu mereka yang ear-catching ataupan koreografi dansa mereka yang enerjik tetapi karena ketujuh anggota BTS ini sangat mampu mencuri hati para fans dengan sifat dan sikap mereka yang down-to-earth. Bisa disimak bagaimana konten mereka di aplikasi V-Live menampilkan diri mereka bermain dalam bermacam-macam permainan. Itu membuat fans mereka (yang dikenal dengan sebutan Army) memiliki kedekatan tersendiri dengan grup idol ini.

Sekitar dua atau tiga tahun yang lalu, game Otome / Dating Simulation berjudul Mystic Messenger naik daun. Game ini sangat populer di HP bagi para gadis dikarenakan gamer cewe bisa chatting dan bertelpon ria dengan karakter-karakter animasi. Jelas para cewe yang ingin halu langsung keranjingan mabuk kepayang chatting dan telpon oleh para pria virtual itu. Nah, developer Netmarble menyadari bahwa game seperti Mystic Messenger bisa menggaet atensi wanita dan bekerja sama dengan BTS menciptakan game bernama BTS World. Game BTS World ini memosisikan para gamer (terutama gamer wanita) sebagai Manager dari BTS. Eits, tapi ini bukan BTS yang kita kenal sudah berada di puncak dunia saat ini, pemain akan menjadi manager dari BTS di masa awal debut mereka – masa di mana mereka masih para nobody.

Game yang bisa dibilang termasuk dalam kategori Visual Novel ini terdiri dari enam chapter (mungkin bisa diupdate di masa mendatang) dan memiliki struktur penceritaan yang cukup jelas. Chapter pertama misalnya berfokus pada bagaimana kamu selaku manager grup Big Hit Entertainment menemukan para member-member BTS yang tak saling kenal satu sama lain. Chapter berikutnya lantas berfokus pada bagaimana para member itu berlatih dan saling mengenal satu sama lain. Memang RM, V, Jimin, J-Hope, Jin, Suga, dan Jungkook ketujuhnya adalah individu yang berbakat, tetapi bagaimana bakat mereka bisa saling melengkapi dan bukan kontra antar semuanya?

Di luar skenario utama, BTS World juga menawarkan Another Story yang berfokus kepada tujuh member BTS seandainya mereka tidak pernah bertemu dan bergabung menjadi BTS. Hasilnya cukup lucu karena setiap member rupanya memiliki jalan nasib masing-masing. RM menjadi seorang penulis novel misteri sementara V dipaksa mengurus pekarangan keluarga walaupun dia sebenarnya lebih ingin bermain game. Bagi kalian yang solo stan (suka hanya kepada salah satu member BTS dan bukan pada grup BTS secara keseluruhan) pastinya akan suka memainkan skenario dari Another Story ini.

Mengingat game ini adalah freemium, Netmarble secara cerdas (licik?) menempatkan blokade-blokade bagi gamer untuk melanjutkan cerita. Setiap chapter tertentu harus dilalui gamer dengan melewati tantangan yang diskor dari bintang satu hingga bintang tiga. Tantangan ini hanya bisa dilalui dengan kartu-kartu BTS yang kamu dapatkan saat melakukan Draw / Pull dalam permainan. Setiap kartu sendiri memiliki level dari bintang satu sampai bintang lima, setiap kartu juga bisa dilevel-up hingga level 30 dan kemudian menjadi level 50 kalau sudah selesai diupgrade. Seperti bisa ditebak, menaikkan level dan mengupgrade kartu membutuhkan item-item tertentu yang hanya bisa kamu dapatkan bila menyelesaikan misi-misi yang ada. Untuk menyelesaikan level / misi yang ada kamu tak hanya membutuhkan kartu-kartu saja tetapi juga membutuhkan “wings” yang adalah power di dalam game ini. Wings ini akan kamu dapatkan gratis 1 selama 10 menit dan hanya akan direcharge penuh saat kamu naik level. Dengan kata lain mengatur resource “wings” kamu selama bermain game ini menjadi faktor yang cukup penting.

Mengingat BTS adalah sebuah grup musik dari Big Hit Entertainment, mereka turut merilis sebuah album soundtrack untuk game ini yang berisi lagu-lagu baru dan beberapa adalah hasil kolaborasi mereka dengan penyanyi-penyanyi lain. Kalau favorit saya di antara lagu-lagu di sini adalah Dream Glow (kolaborasi dengan Charli XCX) dan A Brand New Day (kolaborasi dengan Zara Larsson). Anehnya lagu utamanya: Heartbeat malahan terasa biasa-biasa saja bagiku. Tak hanya lagu saja yang ada di dalam game ini tetapi juga beberapa theme musik untuk setiap karakter BTS dalam skenario mereka sendiri-sendiri.

Pada akhirnya apabila kamu adalah penggemar dari BTS (BTS Army) saya yakin bahwa BTS World akan sangat memuaskanmu. Kapan lagi kamu bisa halu dan mendapatkan berbagai macam konten gambar maupun video dari para anggota-anggota BTS favoritmu. Bagi mereka yang bukan fans BTS? Hmm… sayangnya dengan skenario yang ala kadarnya dan sistem gameplay yang cukup parah menghalangi progress game ini… saya tidak merasa kalian akan tertarik dengannya. Ketimbang memainkan game ini mungkin lebih baik mendengarkan lagu OST-nya saja di Spotify kalian. Toh, mengingat game ini bersifat freemium, sangat mungkin bahwa Netmarble bisa menambahkan konten-konten baru di masa mendatang. Saya tunggu.

Score: 6.5

Leave a Reply