Wolfgang Warsch adalah nama Board Game Designer yang di dua tahun terakhir ini sangat – sangat naik daun. Seperti yang saya sebutkan dalam review Ganz Schon Clever (sebuah game yang juga didesign olehnya) di tahun 2017 Warsch mendesign 5 Board Games (!), sebuah tahun yang sangat produktif untuk Designer manapun. Tetapi yang lebih luar biasa adalah tiga dari antara lima Board Game tersebut mendapatkan nominasi penghargaan Board Game bergensi: Spiel de Jahres dan Kennerspiel de Jahres.

Untuk kategori Kennerspiel de Jahres tahun 2018 dua game ciptaan Warsch berhasil masuk dalam nominasi: Ganz Schon Clever dan The Quacks of Quedlinburg. Di antara keduanya adalah The Quacks of Quedlinburg yang berhasil memenangkan penghargaan Kennerspiel de Jahres tahun 2018. Saya suka dengan Ganz Schon Clever jadi pertanyaannya adalah: apakah saya juga akan menyukai The Quacks of Quedlinburg yang memiliki mekanisme permainan yang berbeda?

Walau judulnya ada ‘Quack‘ nya percayalah bahwa game ini tidak ada hubungannya dengan bebek sama sekali. Quack di dalam game ini menunjukkan bahwa kamu adalah seorang Charlatan alias Dokter Gadungan. Ingat bahwa game ini bersetting di era medieval (Dark Age) dulu di mana sembarang orang bisa menjadi ‘Dokter’ asal mereka memasukkan bahan apa saja ke dalam ramuan mereka. Nah, semakin ‘ngaco’ ramuan yang kamu ciptakan maka akan semakin sukseslah ramuanmu! Bisakah kamu menjadi pencipta ramuan paling ajaib dan menjadi pemenang festival Dokter di Quedlinburg?

The Quacks of Quedlinburg menggunakan mekanisme bernama Bag Building /Drafting dan menggabungkan unsur Push Your Luck di dalamnya.

Di awal permainan semua orang akan mendapatkan bahan membuat Potion / Ramuan yang sama. Di saat yang bersamaan mereka akan mengeluarkan bahan-bahan itu untuk dimasukkan ke dalam pot mereka. Setiap orang akan terus mengeluarkan bahan-bahan itu sampai pada titik di mana mereka memutuskan mau berhenti. Kenapa? Karena di antara berbagai jenis bahan di dalam game ini ada yang berwarna putih bernama Cherry Bomb. Cherry Bomb ini adalah elemen yang sangat berbahaya sebab apabila nilainya melebihi tujuh dalam ramuanmu… maka ramuanmu akan meledak!

Di sinilah elemen Push Your Luck dalam game bekerja. Terkadang untuk bisa menambahkan bumbu-bumbu bahan sebanyak mungkin kamu nekat untuk terus mengeluarkan bahan dari tas kamu padahal Cherry Bomb di dalam potmu sudah memasuki masa kritis 6 atau bahkan 7! Di saat inilah The Quacks of Quedlinburg menjadi sebuah game yang fun untuk dimainkan dan dilihat oleh orang lain. Akan ada suara teriakan kesenangan ketika seorang pemain mendapatkan bahan yang pas untuk ramuan kamu dibarengi dengan gebrakan kekecewaan ketika pemain lain kelewat berani mengambil bahan lantas membuat pot ramuan mereka meledak!

Setelah fase pengambilan bahan untuk ramuanmu selesai, setiap pemain diperbolehkan menggunakan uang yang mereka dapat dari menjual ramuan mereka untuk membeli bahan-bahan yang lain. Setiap bahan yang dibeli pemain memiliki fungsi yang berbeda-beda dan membuat elemen meramu Potion di turn berikutnya menjadi lebih panjang dan mengasyikkan. Inilah elemen Bag Building / Drafting di dalam game ini. Tentu saja karena ini masih merupakan game Push Your Luck maka elemen keberuntungan tetap akan membayang-bayangi gameplay. Sebagus apapun kamu ‘menarik’ bahan dari dalam tas kamu, apabila kamu sial menariknya maka kamu tetap akan menarik bahan-bahan yang jelek atau yang ramuannya tak saling berkorespondensi. Di sisi lain ketika kamu beruntung dan menarik ramuan-ramuan di momen yang pas, hasilnya akan terasa sangat rewarding.

The Quacks of Quedlinburg juga datang dengan berbagai variasi permainan dalam buku bahan. Setiap bahan yang ada memiliki empat fungsi yang berbeda-beda sehingga walau basis gamenya sama strategi yang kamu aplikasikan dalam tiap permainan bisa berbeda-beda dan tetap fresh. Tak hanya itu bahkan pot (Player Board) setiap pemain pun memiliki dua sisi yang berbeda-beda. Dengan nilai replayability yang cukup tinggi dan variasi berbeda-beda di tiap permainannya, saya tidak heran kalau game ini menyabet Kennerspiel de Jahres tahun 2018.

Satu lagi hal yang membuat saya salut dengan game ini adalah bagaimana setiap komponennya didesign dengan bagus. Setiap komponennya berkorespondensi dengan bagus dalam gameplay dan tidak ada komponen yang dibuat untuk terasa gimmicky (I’m looking at you tree in Everdell!). Setiap material juga dibuat dengan bagus mulai dari dadu sampai komponen pernak-pernik permainan yang kecil sampai tas bahan yang kamu gunakan untuk mekanik Drafting. Ada beberapa reviewer asing (terutama dari negara barat) yang mengatakan bahwa tas bahan yang disediakan dalam game ini sedikit kekecilan tetapi saya rasa ini bukan permasalahan bagi gamer-gamer Asia yang ukuran tangannya relatif lebih kecil.

Pada akhirnya The Quacks of Quedlinburg bukan sebuah game yang sempurna. Saya pribadi tak terlalu suka dengan elemen luck yang berlebih di dalam game ini tetapi hal ini dimitigasi dengan bagaimana kita bisa membangun Bag kita dan menjajal memasukkan berbagai macam ramuan ke dalam pot. Ini sebuah Board Game ringan yang bisa dimainkan seantero keluarga dan saya jelas tak keberatan memainkannya sekedar untuk have fun!

Score: 7.5

Leave a Reply