Ketika saya pertama kali memainkan seri Unlock saya menjajal The Tonipal’s Treasure. Bagi saya itu merupakan game yang… menyebalkan. Sebagai sebuah game Escape Room dalam bentuk kartu saya sebenarnya terkesan dengan komponen yang ada ditambah dengan betapa kreatifnya puzzle yang ditawarkan. Sayangnya beberapa puzzle di game ini juga terasa terlalu sulit dan tak mungkin diselesaikan tanpa memakai hint. Bahkan untuk beberapa puzzle tertentupun saya masih kesulitan mengerti jawabannya walaupun sudah memakai semua hint yang ada! Tentu saja mengingat The Tonipal’s Treasure memiliki kesulitan bintang tiga (tertinggi), saya jadi bertanya-tanya dalam hati: jangan-jangan saya seharusnya tak langsung mencoba permainan dengan tingkat kesulitan yang tertinggi?

Berniat memberi seri Unlock kesempatan lain, saya menjajal The Formula, yang memiliki tingkat kesulitan bintang dua dan disebut-sebut banyak pemain di forum BoardGameGeek sebagai salah satu skenario yang cocok untuk dimainkan pemula.

Apabila dilihat dari waktu rilisnya The Formula dirilis terlebih dahulu sebelum The Tonipal’s Treasure dan ini terlihat dari tingkat kesulitan di dalamnya. Puzzle-puzzle dalam The Formula terasa relatif lebih mudah. Terbukti apabila The Tonipal’s Treasure ‘memaksa’ku memainkannya hingga lebih dari dua jam, The Formula bisa saya selesaikan dalam waktu di bawah satu jam dan hanya dengan bermain berdua – bandingkan dengan The Tonipal’s Treasure yang memeras otak lebih dari tiga orang dalam satu grup… dan masih saja gagal diselesaikan!

Dalam The Formula kalian adalah agen rahasia pemerintah yang dikirim untuk mengambil formula rahasia ciptaan seorang ilmuwan. Cukup mirip ya dengan cerita dari Resident Evil 2? Tapi tenang saja, formula rahasia ini bukan sejenis G-Virus yang mengubah makhluk hidup menjadi zombie kok. Anyway, setelah kalian memasuki ruangan sang ilmuwan mendadak saja ruangan tersebut tertutup dan sebuah suara mengatakan kalian memiliki 60 menit untuk meloloskan diri sebelum tempat tersebut meledak. Bisakah kamu menemukan formula yang disembunyikan oleh sang ilmuwan dan melarikan diri dari sana?

Dari ceritanya dan settingnya, game ini terbilang jauh lebih klise dan kecil lingkupnya. Kamu hanya berkutat di dalam satu ruangan utama tempat kamu terkunci. Karena setting yang terbilang relatif terbatas inilah puzzle-puzzle yang tersedia bisa lebih mudah diselesaikan dengan logika. Tidak ada puzzle yang memaksa otak kamu berpikir sampai out of the box, kendati ada dua tiga puzzle yang membuat saya terpaksa bertanya kepada hint. Toh terbukti semua puzzle yang ada di dalam game ini tetap bisa kami selesaikan tanpa perlu menanyakan jawabannya kepada Apps-nya.

Bagi kalian yang tidak familiar dengan bagaimana cara Unlock dimainkan (dan belum membaca review saya mengenai The Tonipal’s Treasure): Unlock adalah sebuah Escape Room dalam bentuk kartu yang unik. Kenapa unik karena kalian memerlukan aplikasi di Smartphone / Tablet untuk memainkannya. Aplikasi Unlock ini bisa diunduh secara gratis baik di iOS maupun di Android dan sifatnya multi-fungsi: mulai dari Timer, Penalti, meminta Hint, sampai memasukkan Kode dan mengutak-atik Mesin yang ada. Perpaduan antara keduanya yang sangat mengalir membuat permainan selalu berjalan lancar. Secara teknis gameplay saya merasa flow permainan Unlock patut diacungi jempol.

Untuk skenario yang ditulis oleh Cyril Demaegd ini tak jelek. Secara atmosfer dan tematik, ia masih kalah dengan The Tonipal’s Treasure karena settingnya terasa terlalu biasa. Terkunci di sebuah ruangan adalah hal paling klise di hampir Escape Room manapun bukan? Toh hal ini diimbangi dengan puzzle-puzzle yang tetap cerdik buat diselesaikan. Benar kata banyak orang, apabila kalian baru pertama kali menjajal seri Unlock, The Formula merupakan entry point yang jauh lebih baik ketimbang The Tonipal’s Treasure. Give it a try if you’re a fans of Escape Room!

Score: 7.5

Leave a Reply