Arboretum : A botanical garden devoted to trees

Saya tahu bagi banyak orang Arboretum bukan istilah yang umum. Bagi saya sendiri juga bukan kok. Tadinya saya sendiri bingung mengenai apakah Board Game bernama aneh dengan artwork pohon di kotaknya ini? Baru setelah saya mencari di Google arti nama Arboretum segalanya klik. Board Game ciptaan Dan Cassar ini pertama kali dirilis di tahun 2015 tetapi mendapatkan redesign ulang berikut rilis versi deluxe di tahun 2018. Bagaimana sih memainkannya?

Di dalam Arboretum kamu sebagai pemain adalah pemilik taman yang berbeda-beda yang ingin menarik pengunjung melalui berbagai jenis pohon yang kamu tumbuhkan di dalam tamanmu. Game Arboretum ini memiliki total sepuluh jenis pohon yang semua akan kamu mainkan bila bermain dengan empat pemain. Kamu hanya akan memainkan delapan jenis bila bermain bertiga dan hanya enam jenis bila main berdua. Ini memastikan game tetap kompetitif walaupun dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.

Untuk memulai game kamu akan membagikan tujuh kartu kepada setiap pemain, membentuk satu kartu untuk discard pile bagi setiap pemain dan sisanya ditumpuk sebagai draw pile. Sekarang setiap pemain akan mulai memainkan game ini dengan mengambil dua kartu dari draw pile maupun discard pile (kamu diperkenankan mengambil kartu dari discard pile pemain mana saja). Setelah mengambil dua kartu, kamu harus menempatkan satu dari sembilan kartu di tanganmu ke dalam tamanmu dan membuang satu kartu ke dalam discard pile-mu. Setelah itu giliranmu selesai dan pemain lain melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai tumpukan draw pile habis dan kamu akan melakukan penghitungan skor.

Di akhir permainan pemain akan mendapatkan skor berdasarkan jalur pohon yang mereka ciptakan dengan memperhatikan dua aspek. Aspek pertama adalah awal dan akhir jalur pohon mereka harus memiliki pohon yang sama. Misalnya jalur pohon Maple harus diawali dengan Maple dan diakhiri dengan Maple juga. Pemain bisa mengisi pohon di tengah dengan berbagai pohon yang lain (tidak harus pohon Maple). Aspek kedua adalah jalur harus memiliki angka yang terus naik. Setiap spesies pohon di dalam game ini memiliki angka satu hingga delapan dan sebuah jalur bisa dimulai dari angka berapa saja dan ditutup dengan angka berapa saja asalkan angkanya terus naik. Misalnya jalurmu bisa dibuka dengan angka 2, kemudian berisi dengan angka 4, 7, dan ditutup dengan angka 8; tetapi sebuah jalur tidak boleh dimulai dengan angka 3 lantas turun ke 1 kemudian naik lagi ke 4 lantas ditutup dengan 6.

Nah, kunci terakhir sebelum jalur pohon kamu boleh diskor adalah melihat nilai kartu bersangkutan di tangan. Mari kita ambil contoh jalur kartu Maple yang tadi. Kamu memiliki jalur Maple yang sudah tertata rapi tetapi kartu Maple yang tersisa di tanganmu tinggal angka 3 sementara pemain lain memiliki kartu 4 dan 5 (dengan nilai 9). Jadi? Sungguh sayang tetapi jalur Maple yang susah-susah kamu dirikan itu tidak akan mendapatkan skor apapun sebab pemain lain memiliki kartu Maple di tangan dengan nilai yang lebih tinggi di tangan mereka. Kondisi tambahan ini yang membuat Arboretum menjadi sebuah game yang cukup ‘sadis’ di mana kamu bisa ‘mengakali’ lawan yang susah-susah membangun jalur dengan ‘memegang’ kartu bernilai tinggi jenis pohon itu di tanganmu.

Salah satu daya tarik utama dari Arboretum tentu saja terletak pada kesederhanaannya bermain. Sangat mudah untuk menjelaskan game ini kepada pemain baru sebab apa yang harus dilakukan dalam permainan sangat sederhana: mengambil dua kartu ke tangan, lantas menggunakan satu kartu dari tangan dan membuang satu kartu lain dari tangan. Sangat sederhana. Akan tetapi di luar dugaan terlepas dari sistem yang sederhana ini rupanya Arboretum menyimpan kejutan karena ia memerlukan strategi dan pemikiran yang mendalam sebelum bertindak. Beberapa kali saya sempat terkena AP (Analysis Paralysis) ketika memainkan game ini karena ingin memainkan langkah yang paling efisien.

Saya juga sangat suka dengan redesign dari Arboretum. Saya pernah melihat kotak lama Arboretum yang berwarna hijau dan packagingnya memang menarik, akan tetapi versi baru dari Arboretum bahkan lebih classy lagi dengan design yang dominan warna putih. Saya juga jatuh cinta dengan artwork yang menciptakan kartu-kartu artwork dalam game ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa tim empat artis yang bekerja menggarap Arboretum benar-benar maksimal membuat game ini sangat eye-catching… bahwa salah satu ilustrator favorit saya: Beth Sobel, juga bekerja menciptakan artwork dalam game ini jelas bonus!

Pada akhirnya Arboretum adalah sebuah card game yang sederhana tapi sangat saya rekomendasikan kenapa siapapun yang suka sebuah light card game yang tidak kacangan. Satu-satunya peringatan yang perlu saya berikan adalah game ini bisa menjadi cukup unforgiving apabila memainkannya dengan pemain yang suka ‘merusak’ permainan lawan. Do keep that in mind kalau ingin bertanding dengan anak kecil.

Score: 8.0

Leave a Reply