Coffeetopia

Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia tidak hanya menjadi pasar pemain Board Games tetapi juga menjadi pasar pencipta Board Games. Beberapa Board Games karya orang Indonesia bahkan sudah berhasil mendobrak pasar mainstream (di luar kalangan para pehobi semata), sebut saja misalnya Waroong Wars. Nah, rupanya selain untuk bermain Board Games juga bisa dijadikan sarana edukatif bagi pasar luar negeri lebih mengerti tradisi dan industri di negara kita.

Nah, di bawah kepemimpinan Pak Presiden Joko Widodo, sebuah instansi bernama Badan Ekonomi Kreatif (disingkat dengan BEKRAF) diciptakan. Tujuan dari Badan ini adalah untuk mempromosikan karya-karya kreatif anak bangsa. Karya kreatif itu tentu saja beragam wujudnya mulai dari game digital, musik, karya kesenian, dan termasuk di dalamnya Board and Card Games (Permainan Kartu dan Papan).

Jadilah eksportir kopi terbaik Indonesia

Di tahun 2018 lalu BEKRAF bekerja sama dengan APIBGI bekerja sama untuk mengadakan lomba menciptakan Board Games dengan tema Kopi Nusantara. Dari 13 Board Games bertema Kopi yang menjadi finalis akhirnya Coffeetopia karya Masbro Games (publisher dari Bluffing Billionaires dan Laga Jakarta) terpilih menjadi pemenangnya. Yang unik; Coffeetopia ini bukan sebuah permainan yang bisa kalian beli di toko-toko! Kalian hanya bisa mendapatkannya sebagai sebuah suvenir eksklusif (secara gratis!) apabila kalian menghadiri pameran-pameran yang diadakan oleh BEKRAF.

Dalam Coffeetopia para pemain bertindak sebagai salah satu dari eksportir kopi Indonesia ke luar negeri. Seperti yang banyak orang sudah tahu, Indonesia adalah salah satu negara eksportir kopi terbesar di dunia dan industri ini tengah digalakkan oleh pemerintah. Secara garis besar ada tiga wilayah Indonesia di mana para pemain bisa mengambil kopi mereka: wilayah Barat, Tengah, dan Timur. Nah, kopi-kopi yang mereka dapatkan akan disimpan di dalam gudang penyimpanan sembari pemain kini harus mencari pelanggan dari berbagai negara asing untuk membeli kopi mereka. Pemenang permainan ini adalah mereka yang bisa mendapatkan poin terbanyak dari kopi-kopi yang mereka ekspor. Siapkah kamu menjadi eksportir kopi terbaik di Indonesia?

Siapkah kalian ekspor kopi?

Salah satu ciri khas dari game-game garapan publisher Masbro Games adalah tema yang menarik dibarengi dengan gameplay yang sederhana dan bisa dimainkan siapa saja. Coffeetopia tidak melenceng dari pakem winning formula tersebut. Setiap ronde permainan dibagi dalam empat fase: fase Planning, fase Harvest, fase Action, dan fase Clean-up. Keempatnya sederhana dan mudah dieksekusi sesuai dengan contoh yang sudah diberikan di buku peraturan. Satu-satunya fase yang mungkin akan memakan waktu sedikit lama di awal permainan adalah fase Action di mana pemain baru harus mengenali terlebih dahulu efek dari kartu-kartu yang ada di tangan mereka.

Baca peraturannya di sini

Komponen di dalam Coffeetopia mayoritas terdiri dari kartu dan kualitas kartu maupun cetaknya baik dengan glossy finish yang bagus. Akan tetapi saya sedikit menyayangkan artwork dari jenis-jenis kopinya terlihat terlalu sama satu dengan lainnya dengan hanya pembeda warna untuk satu wilayah ke wilayah lain (hijau untuk barat, merah untuk tengah, dan biru untuk timur). Pada akhirnya saya bisa memahami keputusan ini yakni untuk memudahkan gamer membedakan kopi mana dari wilayah mana. Pun begitu saya akan lebih senang andai ada artwork / foto biji kopi yang lebih realistik ketimbang yang ada sekarang ini.

Better artwork next time?

Pada akhirnya saya sangat puas dengan Coffeetopia. Mekanismenya simpel dan mudah dijelaskan. Game ini juga memiliki tingkat scaling yang baik dari dua hingga empat pemain (ada sedikit perubahan peraturan untuk versi dua pemain). Dan sebagai bonusnya? Game ini bisa memperkenalkan kepada khayalak umum lokal dan mancanegara apa-apa saja kopi negara kita dan ke mana saja negara kita mengekspor biji kopi. Cukup membanggakan untuk tahu biji kopi kita sudah melanglang buana dari dinginnya Russia sampai panasnya Algeria! Asal tahu saja papan permainan di game ini pun dilengkapi dengan QR Code yang bisa kalian scan kalau ingin tahu lebih lanjut detail mengenai biji-biji kopi yang kalian perjualbelikan.

So? Are you ready to brew some coffee and play Coffeetopia?

A new addition in my growing collection! Maju terus Masbro Games!

Score: 8.5

Leave a Reply