Tussie Mussie

Nama Elizabeth Hargrave mengejutkan banyak orang setelah rilisan Board Game pertamanya tahun 2019: Wingspan menjadi hit besar bagi Stonemaier Games. Jangankan para gamer saya rasa bahkan Stonemaier Games sendiri tidak menyangka bahwa Wingspan akan menjadi hit sebesar itu sehingga produksi Wingspan sempat sangat – sangat kurang di awal tahun, membuat hype akan game tersebut makin tinggi lagi.

Jadi game apa yang berikutnya akan dirancang oleh Elizabeth Hargrave setelah Wingspan? Rupanya Hargrave tak langsung mendesign game besar lagi tetapi memutuskan untuk menciptakan game sederhana bernama Tussie Mussie. Apabila Wingspan adalah sebuah game tentang burung maka Tussie Mussie adalah sebuah game tentang bunga (merangkai bunga). How good is it?

Tussie Mussie sendiri adalah sebuah bouquet bunga kecil yang biasa diberikan oleh orang dalam berbagai kesempatan. Seni memberi dan merangkai bunga memang adalah sebuah seni tersendiri. Sempat pudar beberapa tahun lalu sekarang ungkapan-ungkapan “Say it with flower” kembali populer dan pemberian bunga tak hanya saat Valentine saja tetapi pada berbagai kesempatan termasuk selebrasi kelulusan dan wisuda.

Kembali kepada game garapan Elizabeth Hargrave sendiri Tussie Mussie adalah sebuah game yang sangat sederhana – tetapi tidak kacangan. Ini sepertinya mulai menjadi bubuhan ciri khas dari Hargrave: sebuah mekanisme permainan yang sederhana tetapi memiliki strategi yang mendalam saat dimainkan. Komponen dari Tussie Mussie sendiri hanya terdiri dari 18 kartu yang ada di dalam dek.

Di setiap giliran kamu mengambil dua kartu dan melihatnya. Setelahnya kamu akan menawarkan kedua kartu itu kepada lawanmu: satu secara terbuka (disebut Bouquet) dan satu secara tertutup (disebut Keepsake). Setelah lawan memilih maka kamu akan mengambil kartu yang tidak dipilih. Begitu seterusnya sampai kamu memiliki empat kartu di depanmu, lantas fase scoring akan dimulai dari Bouquet dan Keepsake setiap pemain. Setelah fase scoring selesai semua kartu akan dishuffle kembali ke dalam dek dan pemain akan memulai lagi mengambil dua kartu dan menawarkannya kepada lawan dan seterusnya. Permainan akan berakhir setelah memasuki fase scoring ketiga di mana setiap pemain akan menghitung akumulasi poin yang mereka dapatkan setelah tiga kali fase scoring. Yang mendapatkan poin terbanyak adalah pemenangnya.

Saya terkejut melihat bagaimana 18 kartu dalam dek Tussie Mussie ini memiliki sinergi yang apik satu sama lainnya. Game ini memiliki balance yang bagus baik dimainkan dengan dua pemain maupun lebih (ia bisa mengakomodasi hingga 4 pemain). Sistem pilih kartu dan feel dalam game ini mengingatkanku dengan dua dari game 2 player favoritku: Hanamikoji dan Tides of Time. Ketiga game ini memiliki filosofi yang sama: sederhana tetapi pantang untuk diremehkan. Terbukti bahwa mendapatkan poin yang optimal di setiap ronde Tussie Mussie bukanlah hal yang mudah. Saya pribadi menilai bahwa memainkannya dengan hanya dua pemain menghadirkan tensi dan strategi terbaik. Sungguh mengesankan bahwa hanya dengan sistem sesederhana terdapat elemen bluffing dan set collection yang terkandung di dalamnya. Ada kepuasan tersendiri kalau bisa ‘menipu‘ lawan main mengambil tipe bunga yang tidak kita inginkan – menyisakan bunga yang kita inginkan untuk kita sendiri.

Elizabeth Hargrave sekali lagi berkolaborasi dengan rekan artisnya di Wingspan dalam menggambar Board Game ini: Beth Sobel dan hasilnya? Sungguh eye-catching. Setiap kartu bunga di dalam game ini mulai dari Amaryllis sampai Rose memiliki detail-detail yang indah. Ini adalah sebuah game yang langsung membuatku jatuh cinta sejak awal memainkannya. Sebagai bonus: design tulisan di tiap kartunya tertulis dengan detail yang rapi dan dengan bahasa yang lugas sehingga gamer tak perlu bingung membaca tiap-tiap instruksinya.

Tussie Mussie adalah sebuah game kartu ringan yang cocok dibawa ke mana saja. Apabila kamu ingin sebuah game dengan komponen sesedikit mungkin (hanya 18 kartu!) tetapi dengan replayability yang tinggi dan artwork yang cantik, you can’t go wrong with this game. Elizabeth Hargrave is on a roll!

Score: 8.5

Leave a Reply