Solenia

Solenia adalah sebuah planet kecil yang mengalami perubahan iklim yang luar biasa. Di planet ini bagian utara dari planet selalu diberkahi dengan sinar matahari sepanjang tahun sementara bagian selatan tertutup dalam kegelapan sepanjang tahun. Pemain dalam Board Games Solenia menjadi para transporter – sosok yang bertugas untuk mengantarkan barang-barang kebutuhan dari penduduk di kedua bagian planet Solenia.

Permainan dalam Solenia ini dilakukan di atas Modular Board yang bisa diubah-ubah. Modular Board Solenia ini unik sebab ia tercipta dari dua zona waktu yang berbeda: siang dan malam. Pemain secara bergantian akan masuk ke dalam zona siang dan malam sembari mengumpulkan resource / barang yang mereka butuhkan untuk kemudian mengantarkannya kepada penduduk Solenia yang membutuhkan. Ini dilakukan terus menerus sampai 16 kartu yang ada di tangan para pemain habis terpakai – setelahnya permainan pun usai dan pemain menghitung siapa yang paling banyak mendapatkan poin hasil memenuhi pesanan penduduk.

Saya sangat suka dengan Solenia karena weight / kompleksitas dari Board Game ini pas dengan seleraku. Sementara saya terbuka dengan memainkan segala jenis Board Game, saya paling menyukai Board Game yang bertipe Family dengan tingkat kesulitan Light – Medium. Yah, sebuah game yang bisa diselesaikan dalam kurun waktu sekitar 45 – 60 menit. Dan Solenia adalah game yang sempurna untuk itu. Ini adalah game untuk 2 sampai 4 pemain dan bisa diselesaikan dalam waktu sejam. Dalam setiap turn pemain cukup meletakkan satu dari tiga kartu yang ada di tangan mereka kemudian mengisi kembali kartu di tangan menjadi tiga dari dek mereka. Sangat sederhana.

Akan tetapi penempatan setiap kartu adalah sesuatu yang menjadi kunci kemenangan maupun sebab kekalahan dalam Solenia. Setiap kartu yang kamu miliki biasanya memiliki angka dan rongga di dalamnya. Rongga itu adalah supaya kamu bisa melihat Resource apa yang kamu dapatkan ketika menempatkan kartu itu di Board permainan. Lantas angkanya? Itu adalah jumlah Resource / Victory Point yang kamu dapatkan apabila meletakkan kartu pada Board! Ini adalah sebuah sistem inventif yang belum pernah saya lihat dari Board Game lain yang saya mainkan, dan saya sangat mengapresiasi hal ini.

Mengambil Resource sebanyak-banyaknya saja juga bukan kunci untuk memenangkan game ini sebab ruang di dalam kapal udara yang kamu gunakan untuk transportasi terbatas. Celakanya lagi, ada kalanya pesawat kamu keburu penuh muatannya untuk pesanan orang-orang di bagian utara sementara kapal sudah terus melaju ke bagian selatan! Begitu pula sebaliknya bisa terjadi. Saya akan berikan sebuah tips untuk Solenia: jangan pernah stok barang yang salah! Kalau kalian sampai stok barang setoran untuk bagian utara sementara pesawat sudah memasuki zona bagian selatan… kalian bisa gigit jari!

Toh pada akhirnya Solenia adalah sebuah game yang ringan dan tidak terlalu ‘punishing‘. Sebastian Dujardin selaku Designer game ini telah sukses menciptakan sebuah Family Board Game yang menyenangkan. Bagi kalian yang merasa Base Game dari Solenia terlalu mudah tidak perlu khawatir sebab ada varian-varian untuk permainan expert. Walaupun tidak lantas membuat Solenia super rumit, paling tidak ia memberi opsi lebih banyak para pemain menciptakan strategi dan kombo baru ketimbang Base Game-nya.

Satu-satunya hal yang sedikit saya sayangkan dari game ini adalah artwork-nya. Jangan salah, saya menilai kalau komponen dan artwork Solenia sangatlah cantik! Lantas apa yang saya permasalahkan? Saya menyayangkan bahwa Vincent Dutrait selaku ilustrator utama game ini tak diberi pekerjaan lebih banyak. Saya berharap bahwa dunia Solenia bisa lebih diperkaya melalui rulebook-nya, sama halnya seperti bagaimana kisah fairy tale dalam Everdell terasa makin hidup sisi fantasinya setelah membaca rulebook-nya. Dengan buku peraturan yang ala kadarnya, saya merasa bahwa ada nuansa Steampunk Fantasy yang kurang tergali dari Solenia.

Terlepas dari sedikit kekurangan dan kritik itu (bisa dibilang saya termasuk nitpicking), saya tak punya kritik lain akan Solenia. Ini adalah sebuah game yang sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang mencari Board Game level Family yang apik.

Score: 9.0

Leave a Reply