Targi

Dirilis di tahun 2012, Targi menjadi salah satu nominasi dari Kennerspiel des Jahres di tahun 2012. Walaupun pada akhirnya penghargaan Kennerspiel des Jahres jatuh ke Board Games lain, Targi tetap mencuri perhatian banyak orang dengan mekanisme Worker Placement-nya yang unik.

Game dengan mekanisme Worker Placement hanya untuk dua orang memang tidak banyak dan itulah sebabnya Targi, sampai hari ini ketika artikel ini ditulis, masih dianggap sebagai salah satu game dua orang terbaik. Bagaimana sih cara permainannya?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai Board Game ini apa sih Targi itu? Targi adalah panggilan sosok pria dari suku Tuareg yang tinggal di gurun Sahara. Para Targi ini kerap memakai turban dan penutup wajah untuk melindungi muka mereka. Di sisi lain para Targia – anggota wanita di suku Tuareg tidak memakai penutup wajah. Nah, para suku Targi ini selama generasi demi generasi sudah mengontrol jalur perdagangan di gurun Sahara. Di dalam game ini kedua pemain harus berkompetisi menjadi pemimpin suku Tuareg yang terbaik. Caranya? Tentunya dengan berdagang berbagai komoditas seperti rempah-rempah, garam, dan buah kurma!

Di awal permainan kamu harus meletakkan 16 kartu perbatasan yang mengelilingi peta permainan. Di area di tengah 16 kartu perbatasan itu kamu kemudian akan meletakkan kartu-kartu Barang (Goods) dan Suku (Tribes). Apabila kalian melakukannya dengan benar, kalian akan menciptakan grid berukur 3 x 3 di tengah 16 kartu perbatasan. Setelah itu bagikan meeple Targi kepada setiap pemain (masing-masing akan mendapatkan 3 karakter Targi) dan permainan siap dimulai. Di setiap giliran pemain akan meletakkan meeple Targi mereka secara bergantian. Setelah keenam karakter Targi selesai diletakkan di Board pemain kemudian meletakkan Tribe Marker mereka di koordinat persimpangan dua meeple mereka. Hanya ada satu larangan saat menempatkan karakter Targi kalian: kalian tidak boleh meletakkan karakter Targi di kotak berisi Robber atau berseberangan dengan karakter Targi milik lawan.

Setelah kedua pemain selesai meletakkan Triber Marker di koordinat persimpangan mereka, mereka akan mencabut Triber Marker DAN karakter Targi mereka lantas melakukan efek kartu yang ada. Akan ada efek kartu yang memperbolehkan pemain mengambil Resource, menukar Resource mereka, menjual Resource mereka dan lain sebagainya. Bagaimana kecermatan kamu mengirim orang-orang Targi kamu akan menjadi kunci menjadi klan Tuareg yang paling sukses di desa Sahara!

Saya suka dengan Targi karena satu hal: ini adalah game dengan mekanisme yang sederhana tetapi tetap membutuhkan strategi dalam eksekusinya. Mengajarkan game ini sangat mudah karena setiap pemain praktis hanya perlu melakukan dua hal: meletakkan Worker mereka dan menarik Worker mereka. Itu saja. Akan tetapi di mana mereka harus meletakkan Worker mereka bukan hal yang mudah karena kalian harus mempertimbangkan banyak faktor: pertama mempertimbangkan efek apa yang akan didapatkan Worker kalian, kedua mempertimbangkan bisakah penempatan Worker kalian memblok pemain lain, dan terakhir mempertimbangkan di mana koordinat bertemunya Worker kalian untuk hal yang ingin kalian ambil dari tengah permainan. This is a game with many moving parts – dan bisa cukup menantang untuk bisa memikirkan semuanya sekaligus!

Dari segi komponen Targi adalah game yang sederhana, kalian hanya punya kartu, beberapa token Resource dan token karakter / meeple Targi (Worker) kalian. Semua komponen dibuat dengan standar kualitas yang bagus tetapi tidak ada sesuatu yang ‘wah’. Ini adalah Board Game yang mementingkan kualitas mekanisme permainannya – bukan kualitas komponen yang tersedia di dalamnya. Pada akhirnya kalau kamu suka dengan game tipe Worker Placement dan ingin sebuah game yang fun dimainkan untuk dua orang (dan sudah bosan dengan game yang terlalu light / ringan) : Targi adalah jawabannya. Walau bukan game yang singkat (butuh sekitar 45 menit untuk dimainkan), game ini menawarkan strategi yang mendalam dan pengalaman gameplay yang mengasyikkan.

Score: 8.0

Leave a Reply