Kingdom – The Complete Season One

Ketika Netflix memutuskan untuk go global, mereka tahu bahwa mereka tak bisa hanya mengandalkan konten dari Amerika saja untuk saluran streaming mereka. Karena itu mereka mulai mencurahkan uang besar-besaran tak hanya untuk menciptakan serial dari Amerika saja (seperti Stranger Things, House of Cards, dan lainnya) tetapi juga konten orisinil dari berbagai negara. Salah satunya adalah Kingdom… dari Korea Selatan. Kingdom adalah serial pertama dari Korea Selatan yang digarap oleh Kim Seong-hun dan diangkat dari webcomic The Kingdom of the Gods karya Kim Eun-hee dan Yang Kyung-il. Kim Eun-hee sendiri didapuk menjadi penulis dari serial ini, untuk menjaga rasa otentiknya.

Season pertama ini terdiri dari enam episode dan bersetting pada Korea jaman kerajaan Joseon. Kerajaan Korea baru saja bertahan dari invasi Jepang yang begitu mengerikan. Akan tetapi karena serangan dari Jepang masih begitu segar di memori rakyat, ini membuat kekuatan politik di Korea berubah. Sang Kaisar pada saat ini dianggap hanya merupakan Kaisar ‘bayangan’, sementara kekuasaan yang sesungguhnya dipegang oleh klan pimpinan Cho Hak-ju.

Sang Putra Mahkota Lee Chang berusaha untuk mencari tahu keberadaan sang ayah. Ia ingin tahu apakah sang ayah sudah meninggal atau belum – tetapi ia terus dihalangi untuk mencari kenyataan. Justru yang ditemukan Pangeran Lee adalah sebuah intrik politik yang ditutupi: wabah zombie. Entah apa yang terjadi, sebuah desa yang ada di daerah selatan mengalami hal yang mengerikan: banyak orang keracunan makanan lantas mati. Tak lama kemudian setelah mati mereka bangkit lagi sebagai zombie. Apa sebenarnya yang terjadi? Apa kaitannya dengan kondisi sang Kaisar?

Sebenarnya kisah Kingdom tidak serumit itu. Ada beberapa plot twist yang cukup menarik dan membuat serial ini berdiri orisinil, tak hanya sekedar sebagai kisah zombie biasa. Settingnya di jaman Joseon turut membuat kisah zombie ini berbeda dengan kisah-kisah lain yang rata-rata bersetting di jaman modern. Cukup seru melihat pertarungan melawan zombie dilakukan dengan pedang dan senjata-senjata tajam ketimbang senjata api seperti biasanya. Saya juga suka dengan worldbuilding Kingdom di mana serial ini tak hanya berfokus dengan pertarungan melawan zombie – tetapi juga melakukan balancing yang pas dengan politik kerajaan Joseon.

Jumlah episode dalam season pertama ini hanya enam tetapi budget yang dicurahkan jelas tidak main-main. Mulai dari lokasi yang berbeda-beda, setting jaman feudal Korea yang meyakinkan, sampai jumlah cameo zombie-zombiean yang seabreg banyaknya, saya sangat yakin kalau budget dari Kingdom ini dijamin bukan main-main besarnya! Ya jelas sih, Netflix pasti mencurahkan budget di sini dan hasilnya terbayar lunas: Kingdom menjadi salah satu serial sukses sleeper hit mereka tahun 2019 lalu.

Dengan karakter-karakter yang menarik, setpiece aksi yang super seru, dan jalan cerita yang ketat dan tak bertele-tele, Kingdom adalah sebuah seri wajib tonton kalau kalian ingin hidangan zombie yang berbeda dari biasanya. Move away, The Walking Dead! There’s a better new TV series in town!

Score: 8

Leave a Reply