Undaunted: Normandy

Kalau kalian adalah pecinta sejarah Perang Dunia II kalian tentu tahu dengan The Invasion of Normandy. Serangan gabungan pasukan Allied ini menjadi sangat terkenal saat difilmkan oleh Steven Spielberg melalui film Saving Private Ryan. Board Game yang diciptakan oleh Trevor Benjamin dan David Thompson ini menggambarkan perang yang berkecamuk di Normandy dan terbagi dalam 12 Skenario (Campaign) di mana kedua pemain akan mengambil pihak antara Amerika atau Jerman yang beradu.

Kalau kalian bertanya dengan penggemar hobi Board Games apa sih Board Games dengan tema Perang Dunia II terbaik? Kemungkinan besar jawaban mereka adalah Memoir 44. Bahkan para Board Gamer yang tidak pernah memainkan game ini saja kemungkinan sudah pernah mendengar nama besar dari Memoir 44. Undaunted: Normandy mencoba mengulang kesuksesan dari Memoir 44. After all, sudah 15 tahun lamanya semenjak Memoir 44 dirilis!

Pada dasarnya Undaunted: Normandy memakai mekanisme utama Deck Building dalam permainannya. Baik di pihak Amerika maupun pihak Jerman kamu akan mendapatkan beberapa jenis pasukan untuk setiap Campaign. Dalam Skenario pertama yang saya mainkan misalnya baik kubu Amerika maupun kubu Jerman akan memiliki dua jenis pasukan: Scout dan Rifleman. Jenis pasukan ini akan berubah dari skenario ke skenario di mana ada tiga jenis pasukan lain: Mortar, Sniper, dan Machine Gunner. Setiap tipe pasukan memiliki keunggulan mereka sendiri-sendiri. Scout berfungsi untuk menjelajahi lebih banyak tempat di Map, Rifleman bisa bergerak untuk mengontrol dan menguasai area tertentu, sementara Machine Gunner lebih jago untuk menekan pergerakan musuh supaya tak bisa bergerak banyak.

Kebanyakan skenario dalam Undaunted: Normandy bersifat asimetrikal sehingga dengan kata lain baik kubu Amerika maupun kubu Jerman tak selalu memiliki obyektif kemenangan yang sama. Dari dua skenario pertama yang saya mainkan memang terlihat ada sedikit ketidakseimbangan untuk salah satu pihak (Jerman sedikit lebih diunggulkan di skenario pertama dan Amerika sedikit lebih diunggulkan di skenario kedua) tetapi pada akhirnya kedua skenario ini tetap seru dimainkan sampai akhir.

Undaunted: Normandy adalah sebuah game yang mudah untuk dipelajari dan memiliki nilai replayability yang tinggi. Terlepas dari 12 skenario yang ditawarkan game ini, kalau kamu sudah jago – kamu bahkan bisa membuat Map dan Campaign kamu sendiri, tergantung dari kreatifitasmu. Komponen dalam game ini tergolong sederhana dengan hanya token-token biasa. Undaunted: Normandy membuktikan bahwa kamu tak butuh figur-figur keren di dalam Board untuk membuat permainan menyenangkan, walaupun yah saya bisa membayangkan betapa game ini akan lebih seru dan imajinatif lagi bila ada token miniatur yang merepresentasikan tiap unit yang ada!

Satu hal lain yang saya suka dari Undaunted: Normandy adalah artwork di setiap kartunya. Kalau boleh jujur yang membuat saya pertama terpikat dari game ini bukanlah gameplay maupun sistem mekanik permainannya melainkan pada style artwork garapan Roland MacDonald yang evokatif dan cantik menghidupkan tiap-tiap unit yang ada… saya benar-benar suka artwork kartu Fog of War-nya!

Secara keseluruhan, kalau kamu penggemar Wargame bercampur Deck Building, maka Undaunted: Normandy bukan hanya wajib kamu mainkan tetapi wajib masuk ke dalam koleksi Board Game-mu. Ini adalah sebuah game yang akan kamu mainkan lagi dan lagi dan lagi!

Score: 8

Leave a Reply