Rummikub!

Rummikub! adalah sebuah Board Game lawas yang diciptakan di sekitar tahun 1940an. Ini membuatnya menjadi salah satu Board Game yang terlawas yang pernah saya mainkan (dengan pengecualian Board Game-Board Game klasik semacam Catur, Go, Shogi, dan sebangsanya). Itu juga sebabnya Rummikub! mungkin sudah dikenal oleh banyak orang karena generasi-generasi sebelum kita yaitu orang tua dan bahkan kakek nenek sudah pernah memainkannya dulu. Seperti apa sih sebenarnya Rummikub! dan kenapa game ini masih bisa bertahan di era Board Game modern yang lebih kompleks seperti saat ini?

Komponen dalam Rummikub! tidak banyak. Hanya ada 106 tiles saja yang nantinya akan dimainkan di tengah meja (104 tile angka dan 2 tile wajah yang bersifat sebagai Joker). 104 tile ini terbagi dalam empat warna: Hitam, Kuning, Biru, dan Merah – dan setiap warna memiliki angka 1 – 13 yang jumlahnya masing-masing dua. Setiap pemain mengambil secara acak 14 tile (secara tertutup) dan meletakkannya di daerah mereka masing-masing. Permainan pun siap dimulai. Obyektif setiap pemain adalah ‘mengeluarkan’ semua tile dari daerah mereka ke tengah meja. Siapapun pemain pertama yang sukses menghabiskan tilenya adalah pemenangnya.

Tapi bagaimana pemain bisa meletakkan tile mereka ke meja? Ada dua cara untuk melakukan hal ini.

Cara pertama disebut dengan RUN di mana pemain harus menyusun sekurang-kurangnya tiga angka dalam warna yang sama secara berurutan; misalnya 3 Merah – 4 Merah – 5 Merah atau 11 Kuning – 12 Kuning – 13 Kuning.

Cara kedua disebut dengan GROUP di mana pemain harus menyusun satu angka sama dalam paling sedikit tiga warna yang berbeda; misalnya adalah 7 Biru – 7 Kuning – 7 Hitam atau 1 Merah – 1 Biru – 1 Kuning.

Yang membuat permainan ini menjadi menarik dan tak sekedar mengandalkan keberuntungan adalah properti yang sudah diletakkan ke tengah meja menjadi properti milik bersama untuk diutak-atik. Kalian bisa menambahkan RUN atau GROUP yang sudah diciptakan oleh teman kalian dengan tile milik kalian sendiri. Tak hanya sekedar menambahkan saja – kalian bahkan boleh memecah dan membagi RUN atau GROUP milik orang lain di atas meja, asalkan kalian bisa menambahkan tile lain yang tetap membuat RUN dan GROUP itu tidak pecah. Tentu saja ini berarti permainan Rummikub! menjadi lebih seru ketika dimainkan dengan tiga atau empat orang ketimbang dua orang semata.

Mengingat Rummikub! adalah sebuah game lawas ada beberapa versi darinya yang ada di pasaran saat ini. Ada yang dirilis dengan nama Rummikub! dan ada juga yang dirilis dengan nama Rummy-O. Konon game ini terinspirasi dari Machiavelli – sebuah game kartu klasik dari Italia yang bisa dimainkan dengan kartu remi biasa. Kalau dipikir-pikir memang konsep dari Rummikub! ini bisa kalian mainkan dengan kartu Remi biasa, cukup gantikan angka 11 dengan J, 12 dengan Q, 13 dengan K, dan 1 dengan A! Empat warna yang berbeda tentu bisa digantikan dengan empat simbol kartu yang berbeda. Bagi kalian yang tidak memiliki Board Game fisiknya tak perlu khawatir sebab Rummikub! hadir dalam versi Apps di Apple Store dan Play Store dan dapat diunduh secara gratis!

Rummikub! adalah bukti bahwa sebuah Board Game lawas yang memiliki mekanisme gameplay yang kuat pada dasarnya akan tetap membuatnya seru dimainkan tanpa lekang oleh waktu. Ini adalah salah satu permainan yang sangat engaging di mana tidak ada downtime yang membuatmu bosan sama sekali. Sebab kamu harus terus memperhatikan apa yang terjadi di tengah permainan sambil terus mengubah strategi begitu sampai pada giliranmu. This is a great gateway Board Game seperti halnya Blokus.

Score: 8

Leave a Reply