Board Games that Tells Stories

Ignacy Trcewiczek.

Ya Tuhan designer Board Game dari Polandia ini namanya benar-benar sulit dilafalkan.

Kalau kalian membaca resensi-resensi Board Gameku di situs ini, kalian akan menyadari bahwa saya tidak pernah mereview satupun game yang didesign oleh Ignacy. Tak hanya itu, sepanjang ingatanku dari koleksi sekitar 200 Board Games yang saya miliki saya bahkan tidak memiliki satupun Board Game yang diterbitkan oleh perusahaan miliknya: Portal Games. Padahal, banyak dari game ciptaan Ignacy yang menembus top 500 Board Games terbaik sepanjang masa di BoardGameGeek! Apalagi Board Games terbitan dari Portal Games – sudah jelas banyak yang populer.

Kalau kalian adalah penggemar Board Games hampir mustahil tidak mendengar nama Board Games seperti Imperial Settler, Robinson Crusoe, Neuroshima Hex, Detective, dan banyak lainnya. Nah, Ignacy dan Portal Games adalah pihak yang berjasa menciptakan maupun membantu membawa Board Games-Board Games tersebut ke tangan kamu.

Ignacy juga adalah seorang Designer Board Games yang memiliki kehidupan sosial yang terbuka. Ia memiliki sebuah Blog yang bernama Board Games that Tells Stories. Dalam Blog miliknya ia sering membagikan kisah di belakang layar penciptaan Board Games-Board Games, dan semuanya dibawakan dengan nada jenaka sekaligus serius. Kebanyakan tulisan Ignacy bernada satir di mana ia kerap menertawakan kebodohannya dalam membuat kesalahan-kesalahan saat menciptakan Board Game. Toh dari sanalah pembaca jadi sadar (termasuk saya) bahwa Designer Board Game sungguh bukan sebuah pekerjaan yang mudah.

Menyukai Board Game sebagai hobi dan Menciptakan Board Game sebagai pekerjaan adalah dua hal yang berbeda. Ya, terkadang rasa suka cita memainkan Board Game melebur menjadi satu dengan kesenangan menciptakan Board Game – tetapi akan ada banyak momen-momen yang membuat seorang Designer frustasi saat menciptakan Board Game. Tak hanya itu, membawa sebuah Board Game dari ranah prototipe dan mencari perusahaan yang berkenan menerbitkannya pun tidak mudah. Ada ribuan prototipe di pasaran. Apa yang membuat Board Game kamu lebih spesial dibandingkan prototipe-prototipe lainnya miliki Designer lain? Prototipe-mu lebih bagus dibandingkan prototipe lain? Oke. Bagaimana bila dibandingkan dengan belasan ribu Board Games yang sudah dirilis di pasaran? Harap diingat kalau industri Board Games – walaupun tengah tumbuh secara signifikan – masih merupakan industri mini dibandingkan dengan industri video game. Artinya calon pelangganmu juga tak sebanyak video game. Kalau Board Game kamu bisa dipublikasikan tapi tidak laku… ya sama saja bohong.

Blog di mana Ignacy menuliskan kisahnya ini kemudian diterbitkan dalam bentuk buku, di mana jurnal-jurnalnya yang paling apik dikumpulkan menjadi satu. Diterbitkan dalam model Hard Cover, ia menjadi sebuah buku unik yang berkisah mengenai industri Board Games / Tabletop Games. Mengingat kebanyakan kontennya bisa didapatkan dan dibaca gratis online, apakah buku ini masih layak dibeli dan dikoleksi? Jawabannya adalah bisa ya dan bisa tidak. Betul kebanyakan konten dari buku ini bisa dibaca di Blog milik Ignacy (yang sampai hari ini masih aktif). Tetapi buku ini juga memiliki beberapa konten khusus. Setelah melampaui target Kickstarter-nya, Ignacy meminta beberapa rekan designer Board Game terkenal seperti Antoine Bauza (7 Wonders), Bruno Cathala (Shadows Over Camelot), Seiji Kanai (Love Letter), dan banyak orang dari berbagai sisi industri Board Game turut menyumbangkan tulisan mereka. Tak semua artikelnya ditulis dengan baik (because let’s be honest: not everyone can write), tetapi semuanya menyampaikan sebuah insight yang menarik dalam industri Board Game.

Buku Board Games that Tells Stories pada akhirnya adalah sebuah barang collectible. Kalau kalian memang suka dengan industri ini dan ingin tahu hal-hal yang lebih mendalam mengenainya, i. Gara-gara buku ini saya jadi tertarik untuk membeli game-game yang diterbitkan oleh Portal Games!

Score: 7

Leave a Reply