Watergate

Skandal Watergate yang mengguncang Amerika di dekade 1970an adalah salah satu sejarah paling memalukan bagi Amerika. Skandal tersebut berawal dari jurnalis Amerika yang menemukan kejanggalan dalam pemerintahan Nixon, menelusurinya, dan akhirnya berhasil menemukan sang Presiden sebagai pusat dari skandal. Keberhasilan dari para jurnalis menemukan hal ini memaksa Nixon untuk mengundurkan diri dari masa Presiden-nya, sesuatu yang hingga hari ini belum pernah terulang kembali (paling tidak sampai saat saya menulis artikel ini). Designer Board Game terkenal Matthias Cramer menciptakan sebuah Board Game duel dua orang dengan tema Watergate dan di dalam game ini pemain berperan menjadi satu dari dua pihak: kubu pemerintahan Nixon dan kubu jurnalis.

Masing-masing kubu memiliki obyektif yang berbeda. Kubu pemerintahan Nixon bisa menang dengan dua cara. Cara yang pertama adalah memenangkan momentum publik sebanyak lima kali dan cara yang kedua adalah bertahan menyelesaikan administrasinya tanpa skandalnya terbuktikan. Di sisi lain kubu Jurnalis bisa memenangkan game ini hanya dengan satu cara saja: menghubungkan jaringan dua orang informan dengan Nixon. Walaupun terkesan kubu Jurnalis tidak diuntungkan sebenarnya dalam permainan game ini terasa adil bagi kedua pihak. Kekuatan kedua pihak juga berbeda-beda, menjadikan ini sebagai sebuah game duel yang asimetris.

Di Papan permainan pemain akan melihat bahwa ada ikon Presiden Nixon di tengah sementara ada enam informan yang mengelilinginya terhubung dengan jaringan bukti berwarna Biru, Kuning, dan Hijau. Di samping papan ada diletakkan tiga barang bukti / evidence (secara tertutup), satu token Initiative, dan satu token Momentum. Dan permainan pun dimulai. Pemain pertama yang memegang inisiatif akan memiliki lima kartu sementara pemain kedua akan memiliki empat kartu. Secara bergantian pemain akan menggunakan kartu mereka. Apabila kartu di tangan pemain sudah habis maka ronde tersebut akan berakhir, dan ronde baru akan dimulai.

Kartu di tangan pemain selalu memiliki dua efek yang salah satunya bisa digunakan oleh pemain. Yang pertama adalah Card Value di mana pemain bisa menggerakkan evidence atau salah satu token sebesar Card Value yang ada. Misalnya untuk kartu dengan Card Value 3 dengan warna Hijau, pemain memiliki opsi untuk menggerakkan antara:

  1. Token Initiative sebanyak tiga langkah
  2. Token Momentum sebanyak tiga langkah
  3. Evidence berwarna Hijau (bila ada) sebanyak tiga langkah

Semuanya ini adalah hal yang vital dalam permainan karena sangat berfungsi menolong pemain menang atau kalah dalam game. Kenapa? Sebab baik Evidence, Token Momentum, dan Token Initiative semua memiliki fungsi masing-masing yang menguntungkan pihak yang memenangkannya. Bila Jurnalis memenangkan Evidence maka mereka bisa meletakkannya di atas Papan dan membantu tujuan mereka untuk selangkah lebih dekat mengimplikasikan Nixon dengan kubu informan. Di sisi lain Token Initiative juga berguna untuk membantu gerakanmu di turn berikutnya – memiliki lima kartu jelas lebih menguntungkan daripada hanya empat kartu! Dan Token Momentum? Bagi pihak Nixon memenangkan lima dari token ini menjanjikan kemenangan sementara bagi pihak Jurnalis mendapatkannya pun memberikan keuntungan tersendiri yang memudahkan permainan mereka.

Itu baru fungsi pertama dari kartu setiap orang, di luar Card Value tiap kartu juga memiliki Text Power yang biasanya merupakan kekuatan kartu yang jauh lebih besar. Akan tetapi pemain hanya bisa menggunakannya sekali sebelum kemudian (biasanya) harus melakukan Discard, membuang kartu ini keluar dari permainan.

Dengan begitu banyaknya opsi di Watergate, setiap ronde menjadi pertarungan tug-of-war yang intens antar pemain. Jangan heran bila di satu ronde kedua kubu sibuk memperebutkan Token Momentum lantas di ronde yang lain sebuah Evidence yang bisa memenangkan satu belah pihak gantian diperebutkan. Design dari Matthias Cramer memastikan bahwa Watergate tak pernah membosankan dari satu turn ke turn lainnya dan kalau kalian memainkan game ini tanpa strategi apa-apa, maka kalian PASTI akan dikalahkan oleh pemain lainnya. Pilihan tiap pemain menggunakan antara Card Value dan Text Power kartunya juga menarik. Apa strategi yang ingin kamu terapkan? Memainkan Card Value tetapi bisa memakai kartu itu lagi di masa depan? Atau menggunakan Text Power yang pastinya menguntungkanmu… tetapi di saat yang bersamaan tahu bahwa di masa depan kamu tak bisa memakai kartu itu lagi?

Baik secara komponen maupun gameplay, Watergate adalah game yang cukup mudah untuk diajarkan kepada para Beginner Board Game (asal mereka bisa memahami bahasa Inggris mereka pasti bisa memahami game ini). Apakah ini Board Game Duel 2 Player terbaik yang dirilis di tahun 2019? Hm, nanti dulu. Saya pribadi masih lebih menyukai Undaunted: Normandy yang memiliki lebih banyak nilai replayability. Pun begitu Watergate is definitely a close runner-up. Bonusnya: buat kalian yang ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah nyata Watergate bisa membaca keterangan melalui Rule Book game ini. Nah, siap menentukan nasib Amerika (fiktif) lewat game ini?

Score: 8

Leave a Reply