Theseus: The Dark Orbit

Kapal Luar Angkasa Theseus sepertinya sudah kehilangan kontak dengan bumi. Sekarang kapal ini menjadi ajang pertempuran hidup mati antara empat faksi: Marine, Scientist, Ghost, dan Alien. Dan apakah ada satu lagi faksi rahasia yang bersembunyi di dalamnya? Siapakah yang akan menang dalam perebutan kuasa akan kapal Theseus ini?

Di tahun 2019 kemarin salah satu game paling populer yang dirilis adalah Nemesis oleh Adam Kwapinski. Dengan tema Alien yang diusung oleh game ini, mini-mini elegan yang diciptakan untuknya, game tersebut menjadi salah satu Board Games paling populer di tahun 2019, memenangkan banyak nominasi maupun penghargaan dari ajang-ajang Board Games bergengsi. Akan tetapi harganya yang ‘mahal’ sedikit membuat orang kesulitan membelinya. Jadi kalau orang ingin memainkan game dengan tema yang sama tetapi harga yang lebih murah, bisakah? Kalau kalian mencari sebuah tema survival di atas sebuah kapal luar angkasa, kenapa tidak coba Theseus: The Dark Orbit dari Portal Games?

Sebelum saya diprotes, ijinkan saya menjelaskan bahwa mekanisme permainan dari Theseus sama sekali TIDAK SAMA dengan Nemesis. Theseus tidak memiliki minis, Theseus bukan game co-op, dan Theseus juga tidak seru bila dimainkan lebih dari dua orang. Satu-satunya kesamaannya hanya unsur tematik pesawat di luar angkasa saja. Okay, now with that out of the way, let’s dive into the review.

Board Game Theseus terdiri dari beberapa bagian modular yang bisa diacak sesuai dengan keinginan pemain. Kendati begitu ada setup awal yang ‘biasa’nya harus diikuti pemain untuk permainan awal. Bagian-bagian Board yang berbeda-beda ini merepresentasikan seksi Theseus yang berbeda-beda, mulai dari seksi dari Pemain pertama dan kedua, Koridor Theseus, Laboratorium, dan lain-lainnya. Selalu akan ada TIGA seksi umum Theseus, dan SATU seksi khusus untuk masing-masing pemain.

Tujuan dari pemain dalam game ini berbeda-beda menurut faksi yang mereka pilih: Faksi Marine dan Alien hanya punya satu cara untuk memenangkan permainan: membunuh musuh mereka dan menjadi the last faction standing in Theseus. Di sisi lain Scientist dan Ghost memiliki dua cara untuk menang: mengalahkan / membunuh lawan mereka atau mengumpulkan 20 Data Point (DP). Apabila sampai permainan berakhir obyektif kedua belah pihak belum tercapai maka siapa yang memiliki HP atau jumlah gabungan HP dan DP paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Pada awal permainan, setiap faksi akan dibekali dengan 15 kartu yang bisa mereka pakai di slot kartu yang tersedia di tiap-tiap seksi kapal Theseus. Kartu yang dibekalkan kepada setiap pemain berbeda-beda sehingga setiap faksi memiliki kemampuan unik mereka masing-masing. Para Marine misalnya memiliki kartu yang lebih berguna untuk konfrontasi dan menghabisi musuh mereka dengan jebakan, sementara para Ilmuwan akan lebih banyak mengambil cara non-konfrontatif, memilih untuk mengobservasi gerakan lawan sebelum kemudian mengkonversinya menjadi Data Point. Setiap faksi memiliki kekuatan mereka masing-masing sehingga permainan akan terasa seimbang antar tiap faksi.

Dalam kotaknya Theseus menyatakan bahwa ini adalah permainan 2 – 4 orang tetapi mayoritas orang yang memainkannya, bahkan buku peraturannya sendiri, menyarankan game ini dimainkan untuk 2 orang saja. Dan sepertinya gameplay Theseus memang dioptimalkan untuk dua orang. Tiga orang hanya membuat permainan terlalu chaotic sementara empat orang praktis memakai cara yang sama dengan dua pemain tetapi membagi game ini menjadi format tim 2 orang vs 2 orang. Gameplay game ini paling solid ketika kamu memainkannya dua orang saja sehingga setiap langkah bak permainan adu intelejensi antara kamu dan lawanmu saling mengakali.

Theseus adalah sebuah game yang memiliki nilai replayability yang tinggi dengan lima faksi berbeda yang ia sediakan. Seperti yang saya katakan tadi, setiap faksi memiliki keunikan dalam dek kartu mereka masing-masing sehingga mengadu faksi Alien dan Marine akan menghasilkan gameplay yang benar-benar berbeda dengan faksi Marine menghadapi Ghost. Tidak hanya itu, tiap-tiap faksi juga memiliki empat tingkat kekompleksan kartu dalam dek mereka: Level 0, Level 1, Level 2, dan Level 3. Untuk permainan pertama gamer disarankan hanya memakai kartu-kartu level 0 tetapi mereka yang ingin menerapkan strategi lebih kompleks bisa memasukkan kartu level-level lebih tinggi dalam dek 15 kartu mereka.

Pada akhirnya saya suka sekali dengan Theseus. Pada dasarnya saya gemar dengan permainan duel dua pemain yang asimetris, Theseus masuk ke dalam genre itu seperti halnya Raptor, Watergate, dan banyak game duel lainnya bagiku. Game solid bagi mereka yang mencari sebuah game duel yang tak peduli soal ada tidaknya minis dalam game.

Score: 8

Leave a Reply