Silver & Gold

Apa yang kamu dapatkan kalau menggabungkan genre Polyomino dan genre Roll & Write (dalam hal ini Flip & Fill, tapi keduanya sebenarnya sama dan sekedar beda istilah saja)? Kamu mendapatkan Silver & Gold, satu lagi Board Game baru karya Phil Walker-Harding. Designer Board Game ini terbilang designer yang produktif, terbukti dengan ia bisa mendesign satu sampai dua Board Game setiap tahunnya. Di tahun 2019 lalu saja selain Silver & Gold, ia juga mendesign Sushi Roll. Apakah dengan penambahan kuantitas ini berarti kualitas design Board Game-nya lantas menurun? Mari kita lihat.

Silver & Gold memiliki tema yang sederhana: mencari harta karun. Sebagai pemburu harta karun, kamu harus mencari harta di berbagai map (direpresentasikan dalam bentuk kartu). Apabila kamu bisa mendapatkan harta terbanyak (direpresentasikan dalam total VP di akhir game) maka kamu adalah pemenangnya. Bagaimana cara menemukan harta karun?

Game ini memiliki dua jenis kartu yang berbeda: kartu harta dan kartu bentuk. Setiap pemain diawali dengan dua kartu harta di awal permainan dan di tengah meja akan dibuka empat kartu harta yang boleh diambil pemain manapun, asalkan mereka sudah menyelesaikan salah satu kartu harta di tangan mereka. Kalau di satu giliran seorang pemain mampu menyelesaikan dua-dua kartu harta di tangan mereka maka mereka boleh langsung mengambil dua kartu di tengah meja. Pemain diperbolehkan mengisi kartu harta mereka hanya sesuai dengan kartu bentuk yang dibuka di tengah meja.

Kartu bentuk yang ada di dalam game ini jumlahnya ada 8 tetapi dalam setiap ronde hanya akan dibuka 7 saja. Dengan arti kata lain akan selalu ada satu kartu (dan pemain tidak tahu bentuk yang mana) yang tidak akan dibuka di tiap ronde. Bagaimana kalau pemain tidak ingin menggambarkan kartu bentuk yang dibuka, baik karena tidak bisa (sebab tidak ada tempat lagi di kartu harta mereka) atau karena mereka merasa itu akan mengacaukan rencana mereka ke depannya? Mudah, pemain tak perlu menggambar bentuk tersebut. Mereka cukup mencoret satu kotak saja. Tentu saja sebisa mungkin menggambar semua bentuk yang ada akan jauh lebih efisien ketimbang hanya sekedar mencoret satu kotak melulu.

Di masing-masing kartu harta juga ada tiga simbol berbeda yang menambah kaya variasi dan strategi permainan: Simbol X, Simbol Koin, dan Simbol Palem. Masing-masing simbol ini memberi keuntungan yang berbeda bagi pemain yang mencoretnya.

Simbol X memperbolehkan pemain mencoret tambahan satu kotak lagi terlepas dari bentuk kotak yang sebelumnya mereka gambar. Kalau setelahnya pemain memutuskan mencoret kotak X lainnya lagi, mereka bisa mengkombo gerakan ini mencoret lebih banyak kotak sekaligus.

Simbol Koin memperbolehkan pemain mencoret satu angka Koin di kartu mereka. Koin bernilai 1 VP di akhir permainan tetapi bagi pemain yang cepat melengkapi deretan-deretan koin mereka juga bisa mendapatkan bonus VP yang lebih besar terlepas dari nilai Koin mereka.

Terakhir adalah Simbol Palem yang apabila dicoret akan langsung menghasilkan pemain poin tergantung dari berapa ikon Palem yang ada pada empat kartu di tengah meja.

Satu tambahan terakhir yang belum saya sebut: ada kartu-kartu tertentu yang memberi pemain keuntungan Seal. Seal ini akan menjadi multiplier kartu-kartu harta dengan warna tertentu yang sudah kamu kumpulkan selama permainan. Anggap saja kamu memiliki Seal berwarna Oranye x 2. Sepanjang permainan kamu sukses melengkapi 3 kartu harta berwarna Oranye. Di akhir permainan Seal-mu akan mendapatkan poin 6 untukmu.

Komponen dalam Silver & Gold ini tergolong bagus, walaupun saya dibuat agak khawatir dengan ketahanannya pada jangka panjang. Setali tiga uang dengan Railroad Ink, game ini datang dibekali dengan Dry Spidol yang mengijinkan pemain mencoret-coret kotak yang ada di permainan. Oleh sebab Dry Spidol yang disediakan dalam paket ini berkualitas tinggi maka tidak sulit menghapus spidol yang ada selesai bermain. Pertanyaannya adalah: bagaimana bila nanti game ini sudah dimainkan berulang-ulang kali? Masih mudahkah menghapus bekas Spidol dari permainan? Lantas bagaimana bila Dry Spidol bawaan Pandasaurus Game sudah kering tintanya nanti? Di mana saya bisa mencari Dry Spidol baru yang kompatibel dengan kartu-kartu Silver & Gold? Kekhawatiran saya sepertinya berlebihan tetapi percayalah setelah memainkan game ini berulang-ulang kali, rasa khawatir itu pasti terbersit di benak kalian.

Silver & Gold adalah sebuah permainan sederhana, sesuai dengan ciri khas game garapan Phil Walker-Harding. Memainkan game ini membuat saya ingat dengan Second Chance karya Uwe Rosenberg. Sama-sama kecil dan sama-sama menggabungkan konsep Polyomino dan Roll & Write. Apakah kebetulan keduanya juga sudah pernah membuat game Polyomino berkotak besar (Uwe Rosenberg melalui trilogi Cottage Garden, Indian Summer serta Spring Meadow sementara Phil Walker-Harding melalui Barrenpark)? Tidak ada sesuatu apapun yang spesial dari karya Phil Walker-Harding yang satu ini tetapi kekuatan sang Designer memang bukan pada menciptakan mekanisme baru tetapi pada menciptakan permainan yang solid – walaupun dengan mekanisme permainan yang lawas. And for what it is, Silver & Gold succeeds brilliantly, even if it’s not his best work.

Score: 8

Leave a Reply