Business Wars

Ini adalah kali pertama saya mereview sebuah Podcast.

Bagi kalian yang tidak familiar dengan apa itu Podcast, anggap saja Podcast sebagai siaran Radio Digital. Orang bilang kalau TV akan membunuh Bintang Radio. Tetapi ternyata tidak, Radio tetap ada dan hanya berevolusi menjadi bentuk baru, dan salah satu bentuk baru hasil evolusinya adalah Podcast. Tidak hanya populer di mancanegara saja, di Indonesia pun ada beberapa Podcast yang cukup ngetop – silahkan cek saja di Spotify atau aplikasi streaming musik Digital lainnya. Perkembangan jaman memang membuat semua orang, asal memiliki peralatan yang memadai, bisa memulai channel Podcast.

Anyway, kembali soal Business Wars, ini adalah sebuah acara Podcast dari stasiun Wondery. Serial Business Wars ini digagas oleh David Brown, Host yang dulunya adalah pembawa acara di Marketplace, sebuah stasiun Radio Amerika yang membahas topik Ekonomi. Dari judulnya sudah jelas: Business Wars yang sudah ada sebanyak 3 season ini membahas pertarungan Bisnis perusahaan yang berbeda-beda.

Saya suka dengan Business Wars karena presentasinya yang cukup serius tetapi santai. Pernahkah kalian membaca buku Console Wars yang mengisahkan pertarungan antara Nintendo melawan Sega? Penuturan Console Wars dilakukan dengan mengacu kepada realita, tetapi memasukkan beberapa dialog-dialog fiktif yang digunakan untuk lebih menghidupkan drama di dalamnya. Nah, Business Wars memakai gaya yang sama, hanya dihidupkan dalam bentuk audio.

Premis dari Business Wars sendiri menarik: tiap segmen yang biasanya terdiri dari 5 – 6 episode memfokuskan pada dua perusahaan yang berada pada bidang usaha yang sama, dan bagaimana mereka saling bertarung untuk menjadi penguasa pasar utama. Saya sendiri sudah menonton sepuluh segmen dari Business Wars, dan setiap kali selesai menontonnya, saya merasa menambah pengetahuan untuk segmen bisnis yang saya tonton.

Yang menarik adalah Business Wars selalu menghadirkan pertarungan yang eksplosif, sehingga pendengar selalu dibuat penasaran mendengarnya. Ambil contoh pertarungan sengit antara Sony dan Nintendo untuk menguasai pasar game di pertengahan dekade 1990an dulu, atau bagaimana Amazon dengan gagah berani menantang raksasa retail Walmart dalam upaya mereka menjadi The Everything Store. Semua pertarungan-pertarungan itu dijabarkan dengan detail sehingga pendengar akan mendapatkan hiburan beserta informasi di saat yang bersamaan.

Bidang bisnis yang dibahas oleh Business Wars pun cukup banyak. Di satu segmen mereka akan sibuk membahas mengenai layanan angkutan online seperti Uber vs Lyft, lantas di segmen berikutnya yang diangkat adalah perang antara dua raksasa komik DC vs Marvel. Pendengar juga tidak perlu mendengarkan segmen sebelumnya untuk masuk ke segmen berikutnya. Tinggal pilih saja perseteruan dua raksasa mana yang menarik minatmu, klik, lantas dengarkan.

Tidak hanya dalam format duel seperti ini saja, Business Wars juga memiliki beberapa episode-episode kecil, biasanya tentang kisah anekdot bisnis yang tidak membutuhkan cerita yang terlalu panjang. Kisah-kisah ini biasanya dituturkan hanya dalam satu episode saja, salah satu yang paling informatif bagiku adalah bagaimana cerita di balik penciptaan Board Game paling terkenal sepanjang masa: Monopoly.

Jadi siapa saja sih yang bakalan menikmati Business Wars? Jawabannya adalah: semua eksekutif muda dan kalian yang tertarik dengan dunia Bisnis. Kalian yang baru lulus kuliah sampai awal usia 40an dijamin akan suka sekali dengan bahasan-bahasan Business Wars. Cara penuturan kisah dalam Podcast ini dibawakan dengan bahasa ringan dan tak memakai jargon berbelit, sehingga kalian yang bukan berasal dari kalangan pebisnis pun tak perlu khawatir tak mengerti apa yang dibicarakan. Kalau ada kelemahan yang perlu diangkat dari Business Wars, itu adalah bahasannya yang kerap terlalu bombastis dan didramatisir, bila kalian suka sebuah bahasan bisnis yang lebih down-to-earth, mungkin perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan tutur narasi Business Wars. Then again, semua bisnis adalah perang, dan perang butuh suatu yang bombastis bukan?

Kalau kalian ingin sebuah seri yang bisa membuka wawasan bisnis kalian lebih luas lagi, look no further, Business Wars sudah dinobatkan menjadi salah satu saluran Podcast bisnis terbaik 2020 sehingga kualitasnya jelas sudah terjamin. Dengarkan sendiri untuk membuktikan.

Score: 8

Leave a Reply