Smartphone Inc.

Salah satu Board Games yang menjadi naik daun di tahun 2019 lalu adalah Smartphone Inc. Kendati Board Game ini sudah dirilis sejak tahun 2018, perilisannya secara terbatas membuat Board Game ini sulit ditemukan di Indonesia, sampai produksi batch keduanya baru mulai diedarkan sekarang. Setelah terlambat sampai dua tahun memainkan Smartphone Inc, can this Board Game still live up to all the hype?

Smartphone Inc. , sesuai dengan judulnya, memposisikan dirimu sebagai CEO dari sebuah perusahaan penggarap Smartphone. Ini adalah sebuah era ketika Smartphone baru mulai merambah ke dunia, dan berbagai produsen HP mendorong produk mereka ke pasaran. Tujuan kamu adalah menjadi produsen Board Games paling ngetop di pasaran.

Board Game ini terdiri dari lima ronde, dan setiap ronde terdiri dari delapan fase. Masing-masing sebagai berikut:

  1. Planning : Ini adalah fase di mana setiap pemain (CEO) dari sebuah perusahaan, menetapkan strategi bisnis mereka untuk tahun yang bersangkutan.
  2. Price : Penetapan harga untuk HP yang akan diproduksi.
  3. Production : Produksi HP mu pada tahun yang bersangkutan.
  4. Development : Pemain boleh mengekspansi dan memperkuat perusahaan mereka.
  5. Research : Pemain menciptakan teknologi baru untuk diimplementasikan ke dalam HP mereka.
  6. Expansion : Pemain dapat mendirikan kantor-kantor pemasaran baru.
  7. Selling : Pemain menentukan ke mana saja mereka akan menjual produk mereka.
  8. Profit : Pemain menghitung keuntungan hasil penjualan HP mereka, dan menyiapkan diri untuk ronde baru.

Smartphone Inc. termasuk sebuah Board Game dengan tema Ekonomi Jual Beli yang kuat. Hal yang membuat saya jatuh cinta dengan Board Game ini adalah bagaimana flow dari game ini sangat mudah bisa dimengerti. Ivan Lashin, sebagai kreator dari Board Game ini, memastikan bahwa flow permainan masuk secara logika dengan bagaimana simulasi dunia nyata bekerja.

Sebagai contoh: pemain tidak bisa memasarkan HP yang mereka produksi ke region-region tertentu apabila mereka belum memiliki kantor pemasaran yang didirikan di sana. Masuk akal bukan? Contoh lain: pelanggan yang ada di sebuah pasar terdiri dari dua jenis pelanggan: mereka yang mencari HP semurah mungkin, dan mereka yang mencari fitur-fitur tertentu dari sebuah HP… dan berani bayar mahal untuk fitur tersebut. Sekali lagi, sebuah konsep yang sangat logis.

Satu-satunya aspek yang mungkin akan membingungkan bagi para pemain pemula dunia Board Game hanya terletak pada fase Planning, terutama dengan bagaimana melakukan Produksi pada fase Planning. Pun begitu, setelah satu game pertama, saya cukup yakin bahwa semua pemain pasti bisa mengerti konsep permainannya. Board Game ini akan lebih mudah dimengerti oleh mereka yang sudah masuk ke dalam dunia kerja ketimbang yang belum, bagaimanapun ini adalah Board Game fantastis untuk dimainkan oleh anak-anak guna memperkenalkan mereka bagaimana produksi dan marketing barang (tidak hanya Smartphone) bekerja di dunia nyata.

Layout Board Game ini sederhana dan sangat mudah dimengerti. Ada dua Board yang berbeda, mengakomodasi dari 2 – 5 pemain. Bagi kalian yang pemain Solo juga tidak perlu khawatir sebab Smartphone Inc menyediakan mode bermain sendiri melawan AI Board Game. Dengan pemakaian kata-kata yang minim dan lebih berat pada unsur simbologi (ikonografi), game ini jadi mudah untuk dimainkan mereka-mereka yang pengetahuan bahasa Inggris-nya minim. Salut juga dengan bagaimana tiap token Akrilik dibuat dengan imut sekaligus kokoh. Tidak salah lagi kalau mengatakan Smartphone Inc adalah sebuah Board Game dengan presence yang eye-catching di meja.

Pada akhirnya, Smartphone Inc. masuk sebagai salah satu Board Game yang sangat saya sukai. Bagi saya flow yang enak dan gameplay yang mudah dimengerti adalah sebuah keharusan dalam sebuah Euro Board Games yang mengasyikkan… dan Smartphone Inc. jelas mencentang semua box persyaratan tersebut. Layak masuk dalam koleksi setiap penggemar Board Game siapa saja.

Score: 9

Leave a Reply