Fort

Sebagai anak-anak kebahagiaan seseorang bisa dibilang sangat sederhana.

Mengumpulkan mainan, makan Pizza sepuas-puasnya (tanpa memikirkan akan gendut atau tidak), sampai bertemu dengan berbagai macam teman dan membangun tempat bermain bersama.

Hal itulah yang ingin dibawakan oleh Board Game Fort. Di dalam Board Game ciptaan Grant Rodiek ini tujuan kamu sebagai pemain adalah membangun ‘Fort’ terbaik, mengumpulkan teman sebanyak mungkin, sekaligus mendapatkan Pizza maupun mainan yang sebanyak-banyaknya.

Board Game ini menarik minat orang-orang karena memperkenalkan sistem Deck Building yang unik dan sederhana. Sistem Deck Building memang sudah menjadi sesuatu yang sangat populer di dunia Board Game, semenjak Dominion pertama kali memperkenalkannya beberapa tahun silam. Akan tetapi sistem Deck Building di Fort ini terbilang unik dan sedikit berbeda dari Board Game / Card Game lainnya, kenapa?

Dalam satu ronde permainan Fort, kamu akan mengambil LIMA kartu dan berperan sebagai Leader dalam giliranmu. Saat giliranmu ini kamu bisa memainkan satu kartu dari tanganmu, ada kartu tertentu yang bisa kamu kombinasikan dengan kartu lain supaya menambah efek dari kartu tersebut. Setiap kartu biasanya memiliki dua aksi: Umum dan Privat.

Aksi Privat berarti aksi yang hanya bisa kamu lakukan sementara Aksi Umum adalah aksi yang bisa dieksekusi oleh tiap pemain yang ada – termasuk mereka yang tengah tidak aktif di giliranmu (dalam hal ini mereka disebut sebagai Follower). Setelah semua pemain menjadi Leader, satu ronde permainan Fort berakhir dan ronde berikutnya dimulai. Permainan akan selesai bila di sebuah ronde, seorang pemain mampu meningkatkan level Fort mereka ke level 5, meraih angka 25, atau kehabisan kartu Teman untuk diambil.

Walaupun pada awalnya Fort nampak rumit dengan berbagai macam ikonografi yang berbeda, game ini akan langsung jelas flow-nya setelah memainkannya selama satu dua ronde. Fort juga memiliki Player Aid yang bagus yang menjelaskan apa yang dilakukan oleh masing-masing kartu. Ini sangat membantu setiap pemain untuk bisa melihat referensi dari Player Aid bila bingung dengan simbol-simbol yang mereka temui di kartu mereka.

Bicara soal Fort tentu tidak lengkap bila tidak membicarakan mengenai Artworknya. Kyle Ferrin adalah artis Board Game yang naik daun semenjak gambarnya di Board Game Vast and the Crystal Caverns dipuji oleh orang-orang. Nama Ferrin mencapai puncak popularitas ketika semua orang jatuh tergila-gila dengan Board Game Root – sebuah Board Game asimetris ‘berat’ tetapi di saat yang bersamaan juga imut sekali.

Sekali lagi Artwork dari Ferrin berperan membuat Fort tampil beda dari Board Game kebanyakan. Asal tahu saja, mekanisme dalam game ini sebenarnya tidak benar-benar baru. Grant Rodiek pernah menciptakan sebuah game bernama SPQF di tahun 2018 ini, Fort adalah reimplementasi mekanisme dalam SPQF, dengan penyederhanaan di beberapa sisi untuk membuatnya lebih newbie-friendly.

Toh, Fort masih merupakan sebuah game yang cukup thinky. Jangan biarkan artwork imut Ferrin menipumu. Hampir sama halnya seperti game Root, ini adalah sebuah Board Game yang tak mudah dijelaskan kepada adik-adikmu yang masih kecil atau teman-temanmu yang masih newbie Board Game. Di sisi lain, kalau kamu sudah bosan dengan game bergenre Deck Building yang mekanismenya begitu-begitu saja, Fort bisa menjadi pilihan untuk refreshing dari genre yang mulai terasa oversaturated itu; ya, penggemar genre Deck Building tak usa pikir panjang untuk langsung membelinya.

Selamat membangun Fort terbaikmu!

Score: 7.0

Leave a Reply