Skip to content

Roam

Salah satu Board Game Designer yang selalu memberikan estetika indah dalam tiap Board Games yang ia ciptakan adalah Ryan Laukat.

Salah satu hal unik dalam game-game ciptaan Ryan Laukat adalah ia hampir selalu membasiskan gamenya di sebuah dunia fantasi kreasinya bernama Arzium. Dan itu bukan pengecualian bagi Roam. Di dalam Board Game Roam, Arzium telah terkena sebuah penyakit misterius dan para penghuni dunia ini sekarang berjalan dalam tidur (Sleepwalking). Adalah tugasmu untuk bergegas berkelana dari satu wilayah ke wilayah lain membangunkan mereka. Siapa yang sanggup menyelamatkan penduduk Azrium yang terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Game ini bisa dimainkan antara 2 – 4 orang. Pada awalnya kamu akan dibekali dengan tiga kartu Traveller dan ada enam kartu Landscape di tengah area permainan. Setiap pemain mengambil posisi yang berbeda-beda, dan ini sangat penting sebab setiap kartu Landscape memiliki kolom 3 x 2. Kamu bisa mengisinya dengan Token warna yang kamu miliki dan apabila penuh dan kamu memiliki Token warnamu yang terbanyak – kamu lah yang berhak mengambil kartu Landscape tersebut.

Setiap kartu Landscape yang kamu ambil memiliki seorang penduduk Azrium di belakangnya dan mereka memiliki kemampuan yang baru, membantumu untuk lebih efektif mengumpulkan kartu Landscape yang lain. Secara keseluruhan, game Roam ini akan memiliki gameplay mekanisme utama Polyomino dan Area Control. Ia bukan game yang panjang dan terkadang terasa bagaikan sebuah Puzzle yang harus kamu selesaikan bersama dengan teman-temanmu. Bagi kalian yang mencari game-game berat karya Ryan Laukat mungkin lebih baik memainkan Above and Below atau Near and Far, karena Roam is not a heavy game.

Itu tidak berarti Roam adalah sebuah Board Game yang sederhana juga. Di setiap Landscape kamu bisa mengumpulkan Koin. Apa gunanya Koin dalam permainan? Ada dua. Yang pertama, Koin bisa kamu pakai untuk mengisi kotak tambahan. Ada kartu-kartu karakter / landscape yang memiliki kotak kosong di dalamnya, kamu bisa mengisi kotak kosong itu dengan Tokenmu apabila kamu membayar 2 Koin kepada Reserve. Selain itu, Koin juga berguna untuk Bidding apabila dalam sebuah kartu Landscape yang sama ada dua atau lebih kubu memiliki jumlah Token yang sama; Tie-Breaker akan diputuskan melalui metode Bidding.

Dan ingat: Memenangkan kartu Landscape dan Koin hanyalah permainan Basic dari Roam. Kamu bisa mengubah feel dari permainan game ini dengan memasukkan elemen Artifak di dalamnya. Artifak di dalam game ini memberi pemain variasi kekuatan yang berbeda sehingga menambah nilai Replayability dalam game ini. Bahkan setelah Artifak sekalipun, kamu masih bisa memakai beberapa Varian lain yang ditawarkan oleh Ryan Laukat. Singat kata, apabila kamu memang suka dengan tipe permainan Roam, jangan khawatir akan Replayability-nya. This game has quite some.

Terakhir adalah soal komponennya, dan jangan khawatir. Kualitas Kartu sampai Token di Roam semua terbuat baik. Tentu saja Artwork yang luar biasa cantik dari Ryan Laukat juga makin menarik perhatian. Satu-satunya kelemahan ada pada Cardboard Koin yang functionable tetapi kurang menarik. Yah, kalau membacking proyek Kickstarter-nya tentu saja akan mendapatkan Roam dengan versi Koin Metal yang lebih menarik baik di mata sampai memberi sensasi haptik yang lebih menyeluruh. Sayang, versi yang saya miliki hanya Retail version-nya saja.

Secara keseluruhan kalau kalian suka sebuah Board Game ringan yang mudah dibawa ke mana saja dengan elemen Polyomino dan Area Majority yang seru… Roam patut dipertimbangkan. It might not blow your mind away, but it will be a serene and peaceful game to play.

Score: 7.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: