Skip to content

Pandemic: Reign of Cthulhu

Salah satu Board Game yang paling terkenal di dunia adalah Pandemic. Diciptakan oleh Matt Leacock dan dirilis di tahun 2008, Pandemic bisa dibilang merupakan Board Game dengan tema Co-op paling terkenal di dunia. Apa yang membuat Pandemic begitu dicintai? Banyak. Apabila kebanyakan Board Game di masa itu mengajak orang bersaing satu sama lain, dalam Pandemic kalian bekerja-sama untuk melawan dan menyembuhkan empat jenis virus yang menyerang dunia.

Kesuksesan dari Pandemic itu menghasilkan berbagai macam ekspansi dan varian lain, seperti Pandemic: The Cure yang menggunakan metode dadu dalam bermainnya. Di tahun 2015 formula Pandemic diperbarui oleh Matt Leacock, bekerja sama dengan Rob Daviau, duet ini menciptakan Pandemic Legacy, yang langsung melonjak menjadi salah satu Board Game terlaris sepanjang masa. Ini membuat nama Pandemic kembali terangkat. Tidak melewatkan kesempatan itu sebuah game dengan tema Pandemic – kali ini bertempatkan di dunia Lovecraft dirilis.

Pandemic: Reign of Cthulhu menempatkan pemain untuk bekerja sama menghentikan kebangkitan kembali sang Dewa Kegelapan Cthulhu. Makhluk ciptaan pengarang tersohor H.P. Lovecraft ini akan bangkit dan adalah tugasmu untuk menghentikannya sebelum ia bangkit dan menjangkiti dunia dengan kegilaannya. Setting yang ada di era Victorian makin membuat game ini misterius dan unik, membedakannya dengan Pandemic biasa.

Salah satu hal yang paling terasa bermain Reign of Cthulhu adalah setting yang jauh lebih kecil daripada Pandemic. Di dalam game normal Pandemic kamu harus berpetualang ke 48 kota menghentikan penyakit-penyakit yang ada. Di game Reign of Cthulhu kamu cukup berkeliling di satu kota yang terdiri dari 4 distrik, total wilayah yang kamu jelajahi hanya 24 dan kamu bisa dengan mudah mendatangi tempat-tempat tersebut. Eits, itu tidak berarti perjuanganmu menghentikan the Old Ones menjadi mudah.

Apabila di dalam Pandemic kamu harus melawan virus-virus yang dilambangkan dalam bentuk kubus warna-warni, game ini memiliki miniatur Cultist dan Shoggoth yang harus kamu kalahkan sebelum mereka membangkitkan para Old Ones yang ada. Dalam Reign of Cthulhu memang tidak ada yang namanya Virus Outbreak, tetapi begitu ada lebih dari tiga cultist berkumpul di satu lokasi – well, bad news for you, sebab mereka akan melakukan Awakening Ritual yang membangkitkan seorang Old Ones. Setiap Old Ones yang muncul akan menimbulkan efek yang merugikanmu – dan apabila Old Ones yang terakhir alias Cthulhu bangkit, kamu akan otomatis kalah.

Di dalam game ini kamu juga menghadapi Shoggoth, salah satu musuh yang sangat kuat, bawahan dari para Elder Things. Bertemu dengan mereka akan membuat pemain diharuskan menggulirkan Dadu Kewarasan. Setiap pemain dibekali dengan Empat Poin Kewarasan dan kehabisan semua Poin Kewarasan itu akan membuat mereka gila. Pemain yang gila masih bisa bertindak tetapi kekuatan mereka biasanya akan ‘dilemahkan’. Lebih celakanya lagi apabila semua pemain menjadi Gila, maka game akan berakhir dan semua pemain akan kalah.

Pandemic: Reign of Cthulhu bukan sebuah game mudah jadi jangan berharap kalian bisa langsung memenangkannya dalam permainan pertama kalian. Then again, that’s not the point of the game. Yang membuat Reign of Cthulhu seru adalah bagaimana tema Lovecraft mampu diaplikasikan secara baik dengan mekanisme Pandemic sehingga tak terasa seperti pengulangan belaka. Dia layak menyandang nama Pandemic tetapi di sisi lain dia juga cukup berbeda sehingga tak rugi gamer mengoleksi game ini walaupun sudah punya Board Game Pandemic di lemari mereka. Analoginya begini: kamu bisa suka dengan film Star Wars, dan tetap bisa suka dengan seri spin-offnya The Mandalorian.

Pada akhirnya, kalau kamu memang suka dengan game co-op melawan Board bersama-sama, Pandemic: Reign of Cthulhu layak dipertimbangkan masuk ke dalam koleksimu. Di sisi lain kalau kamu tidak suka dengan game Pandemic, tidak ada perubahan cukup banyak di Reign of Cthulhu untuk membuatmu tiba-tiba menyukainya. Siap menghentikan dunia yang akan jatuh dalam kegilaan?

Score: 8.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: