Skip to content

The Little Things

Dari masa ke masa selalu ada film tentang Serial Killer atau pembunuh psikopat yang harus dicari oleh Detektif. The Silence of the Lambs, Se7en, sampai Zodiac adalah film-film sejenis itu.

John Lee Hancock, seorang sutradara yang sudah cukup lama malang melintang di dunia perfilman pernah menulis sebuah naskah tentang seorang pembunuh bayaran yang diburu oleh Detektif. Proyek ini sudah ia tulis semenjak tahun 1993 untuk disutradarai oleh Steven Spielberg. Sayangnya proyek ini tak kesampaian.

Hampir tiga dekade kemudian, Hancock akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menggarap film yang berasal dari naskahnya sendiri itu. Dan tidak tanggung-tanggung, ia mendapatkan tiga aktor kaliber Oscar untuk menggawangi film ini. Ada Denzel Washington, Rami Malek, dan Jared Leto! Saya jelas kegirangan dengan cast macam ini. Bisakah ia menjadi sebuah film yang menggigit?

Joe ‘Deke’ Deacon dulu bekerja di Los Angeles sebagai seorang Detektif sebelum ia akhirnya pindah tugas ke kota kecil Kern County. Ketika sebuah kasus membawanya kembali ke Los Angeles, ia bersua dengan Jim Baxter, seorang Detektif muda yang tengah naik daun dan mengingatkan Deke akan dirinya. Mengingat Baxter sedang menangani kasus Pembunuh Berantai yang belum ditemukan jawabannya, Deke memutuskan untuk membantu Baxter.

Penyelidikan mereka membawa kecurigaan pada seorang nyentrik bernama Albert Sparma. Akan tetapi baik Deke maupun Baxter belum memiliki bukti yang cukup untuk menangkat Albert. Celakanya lagi, Albert juga seorang pria yang cerdas, yang sepertinya selalu bisa selangkah lebih depan daripada duet Detektif-Polisi yang mengejarnya. Siapa yang akan menang dalam permainan kucing-tikus ini?

Sayangnya jawaban dari pertanyaan itu adalah: saya tidak peduli. Pacing film yang begitu lambat membuat saya kebosanan sampai di tengah film. Dengan total empat Oscar di antara ketiga aktor utamanya, saya tak menyangka sama sekali kalau The Little Things jatuh sebagai tontonan yang tak greget. Tidak ada ketegangan, tidak ada rasa misteri, tidak ada… apapun. Film ini terasa monoton dan datar dari awal hingga akhir.

Akting dari ketiga aktor utamanya pun terasa… biasa. Oh tentu saja trio Denzel, Rami, dan Jared semua bisa berakting dan performa mereka di sini paling tidak menahan saya dari menutup TV dan mengganti saluran, tetapi jelas jauh dari harapan. Mulai dari interogasi Denzel + Rami kepada Jared sampai percakapan satu-satu antara keduanya, tidak ada yang membuat saya penasaran akan kisah di balik ketiga orang ini. Rasanya perlu menyalahkan skrip tulisan dari Hancock yang gagal menggali ketegangan dalam film.

Saya sulit merekomendasikan serial ini kepada siapapun. Kalau kalian penggemar film Thriller Misteri, ada banyak film dan serial lain yang lebih mumpuni daripada ini. Dan kalau kalian bukan penggemar genre macam ini… jauhi. Sebelum nanti kalian jatuh ketiduran di setengah jam pertamanya.

Score: 4.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

2 thoughts on “The Little Things Leave a comment

    • Hahaha, memang underwhelming bagi saya mengumpulkan aktor-aktor berbakat terus disia-siakan begini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: