Skip to content

Beat Saber

Kalau kamu tanya game VR apa yang paling populer saat ini maka jawabannya secara mengejutkan bukanlah game titel AAA macam Half-Life: Alyx maupun The Walking Dead: Saints and Sinners… jawabannya justru sebuah VR Rhythm Game yang menghentak dan mencuri perhatian seantero dunia – tidak hanya di dunia VR tetapi juga di dunia gaming. Judulnya adalah Beat Saber. Saya yakin kalau kalian seorang gamer pasti tahu tentang Beat Saber bukan, kalaupun bukan melihat orang memainkannya secara langsung, kalian pasti pernah menonton cuplikan orang bermain Beat Saber di Youtube atau TikTok.

Beat Saber pada dasarnya adalah sebuah game Rhythm dengan gameplay yang sederhana: kamu dibekali dengan dua buah pedang cahaya (let’s call it Saber, shall we?) yang berwarna Merah dan Biru. Saat sebuah stage / lagu dimulai, menuju kalian akan muncul Kotak dengan tanda panah yang memiliki warna Merah / Biru. Tujuan kalian adalah menyabetkan Saber kalian di tempo yang pas dan arah yang pas saat kotak itu mendekat. Sounds simple? Well, yes, because Beat Saber IS simple… dan mungkin itulah yang membuat appeal dari game ini begitu universal.

Apabila kamu membeli pack Beat Saber ia akan datang dengan lagu-lagu yang… agak terbatas jumlahnya. Walaupun secara kualitas lagu-lagu yang mayoritas digarap oleh Jaroslav Beck tidak buruk dan seru untuk dimainkan berulang-ulang, tidak akan makan waktu lama bagi kalian untuk kehabisan konten. Untung saja itu tidak berarti kalian harus kemudian gigit jari. Beat Saber sudah merilis beberapa konten dari artis-artis yang mereka ajak bekerja sama.

Sampai saat artikel ini saya tulis beberapa artis ngetop dunia sudah bekerja sama menghadirkan lagu mereka secara official (more about this later) di Beat Saber. Beberapa contohnya adalah: BTS, Imagine Dragons, Linkin Park, dan banyak lagi. Dengan tambahan puluhan lagu ini Beat Saber dijamin akan mengisi puluhan jam waktu bermainmu. Maklum saja, memainkan Beat Saber secara casual sendirian maupun bersama orang lain secara Multiplayer sangat fun.

Ingat bahwa saya mengatakan Beat Saber menghadirkan lagu beberapa artis secara official? Yes, karena komunitas Beat Saber yang begitu besar (mungkin terbesar di dunia VR), kamu juga bisa mendownload berbagai jenis lagu yang digarap custom stage-nya oleh para fans! Para penggemar anime bisa bersukacita sebab lagu-lagu anime yang ngetop semua dapat kalian temui di sini. Saya akan jujur nih kalau pengalaman terbaik saya bermain Beat Saber adalah memainkan lagu Gurenge dan Shinzou wo Sasageyo. It’s hard not to feel like Tanjirou dan Eren ketika memainkan lagu itu sambil menebas kotak-kotak berterbangan yang ada.

Beat Saber adalah salah satu game terbaik yang saya mainkan di VR dan saya percaya bahwa ini adalah sebuah titel yang harus masuk ke dalam list must-own setiap pemilik headset VR. Sebuah game di mana kamu bisa mendengarkan lagu, berolahraga, dan sekaligus bersenang-senang di dalamnya? It can’t get any better now, can it?

Score: 9.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: