Skip to content

Arkham Horror – The Card Game: The Circle Undone

Setelah tiga iterasi ekspansi Cycle dari Arkham Horror: The Dunwich Legacy, The Path to Carcosa, dan The Forgotten Age, sebuah pertanyaan mulai menyeruak di benakku. Apakah Arkham Horror: The Card Game sudah kehabisan bensin?

Pikiran ini muncul dikarenakan The Forgotten Age, ekspansi terakhir dari Arkham Horror The Card Game tak bisa tampil sebagus The Dunwich Legacy ataupun The Path to Carcosa. Sejatinya ekspansi itu tidak buruk, dan memperkenalkan banyak mekanik solid yang memperkaya gameplay. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa eksperimen tim Designer Arkham Horror The Card Game dengan fitur Explore benar-benar backfire. Sistem tersebut bagi saya sangat broken dan sangat mengandalkan keberuntungan, sesuatu yang sebenarnya sudah tak perlu ditambahkan lagi dalam game ini yang di kala tertentu sudah sangat mengandalkan Luck.

Pun begitu, saya mencoba membuka pikiran dan tetap berpikiran positif menghadapi The Circle Undone. Jalan cerita kali ini tak lagi bersetting di hutan belantara, dan kembali ke ranah kota Arkham dan sekelilingnya yang menebar misterinya sendiri.

Dan kali ini misteri itu hadir dalam bentuk dua sekte yang saling bersinggungan: yang pertama adalah The Witch Coven berisi para penyihir wanita dan Silver Twilight Lodge yang berisi para cultist pria. Kedua sekte ini saling bersinggungan sepanjang permainan, dan dalam Campaign sembilan bagian ini kamu selaku Investigator harus mengambil keputusan mengenai sisi mana yang hendak kamu bela – dan bisakah kamu mencari tahu akar dari permasalahan kedua sekte ini?

Tambahan utama dalam game ini adalah fitur Haunted, karena para Investigator bakalan kerap berpetualang di ranah Specter Realm. Haunted adalah sebuah efek negatif yang akan berlangsung apabila Investigator gagal melakukan investigasi di lokasi tertentu. Setiap lokasi memiliki fitur Haunted yang berbeda dan para Investigator akan menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda apabila gagal melakukan investigasi. Sebagaimana halnya Alert dari Campaign sebelumnya (yang juga muncul lagi di sini), Haunted memberi kamu penalti apabila gagal melakukan Investigasi, sesuatu yang membuat pencarian Clue menjadi sesuatu yang memacu adrenalin!

Di antara deretan Investigator baru yang diperkenalkan dalam Cycle ini, saya paling suka dengan karakter Joe Diamond. Saya tidak bisa bicara banyak mengenai Investigator lain (sebab saya tidak memakainya), tetapi Joe Diamond adalah sebuah tambahan yang menarik bagi kelas Kuning (Seeker). Tak seperti kebanyakan kelas Seeker yang hanya jago menginvestigasi, Joe juga jago menghadapi musuh – membuatnya sebagai sosok yang cukup balance all around. Ya, kalian bisa menutupi kelemahan di dua aspek lainnya melalui kartu Hyperawareness dan Higher Education. Juga saya menyukai aspek Hunch Card yang dimiliki oleh Joe Diamond. It felt very on theme with his job as a Private Investigator (Detective). Omong-omong, ada ENAM loh Investigator yang diperkenalkan oleh The Circle Undone karena kelas Mystic mendapatkan dua karakter: Diana dan Marie!

Untuk keseluruhan Cycle The Circle Undone sendiri, I am happy to say that I am very satisfied with it. The Circle Undone banyak menurunkan tingkat kesulitan berlebihan dalam The Forgotten Age dan memberi landas kesulitan yang pas. Satu-satunya skenario di mana saya benar-benar merasa hopeless dan kesulitan hanya pada skenario ketiga: The Wages of Sin, yang meningkatkan kesulitan cukup tinggi. Sayangnya kendati mayoritas skenario di dalam Cycle ini solid, saya tidak mengingat adanya skenario yang benar-benar outstanding. Kontraskan ini dengan Cycle-Cycle sebelumnya yang masing-masing memiliki satu sampai dua skenario yang sangat memorable. The Circle Undone di sisi lain terasa seperti sebuah pengalaman yang benar-benar solid tanpa sesuatu yang terlalu memorable juga.

Saya harus mengacungkan jempol dengan bagaimana Fantasy Flight Games menutup Cycle ini. Tanpa ingin memberikan banyak spoiler, saya merasa bahwa pamungkas dan klimaks dari game ini benar-benar stay true dengan Big Boss yang harus kamu hadapi di akhir petualanganmu. Let’s just say that this Blind Idiot God is not something you can easily conquer like the previous ones.

Pada akhirnya, The Circle Undone membuat saya menghembuskan nafas lega. Setelah apa yang saya anggap misstep di The Forgotten Age, senang melihat Arkham Horror: The Card Game mendengarkan keluhan para fans dan memperbaiki kelemahan itu di Cycle kelimanya ini. Now onwards to the 6th Cycle!

Score: 8.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: