Skip to content

Dr. Stone – The Complete Season One

Dr. Stone adalah sebuah anime yang unik. Apabila saya tanya kepada kalian apa yang ada di benak kalian kalau menonton / membaca cerita post-apocalyptic, saya yakin bahwa yang ada di benak kalian adalah kisah-kisah suram di mana orang harus habis-habisan bertahan hidup. Ambil contoh misalnya cerita The Walking Dead, The Last of Us, serta banyak lagi kisah post-apocalyptic lainnya. Uniknya, ini justru berbeda dengan Dr. Stone, anime yang diangkat dari manga berjudul sama karangan Riichiro Inagaki dan Boichi. Bagi kalian yang familiar dengan nama Riichiro Inagaki, ini adalah penulis sama yang menulis kisah Eyeshield 21 (walaupun saat itu ia bekerja sama dengan Yusuke Murata).

Anyway, Dr. Stone adalah cerita yang terjadi di bumi pada masa depan. Konon di tahun 2000an sebuah cahaya misterius menyelimuti dunia dan mengubah semua penghuninya menjadi batu: termasuk si jenius Senku dan temannya Taiju. Senku dan Taiju ini adalah dua orang dengan kepribadian yang total berbeda. Senku anaknya selalu memikirkan logika dan sangat mengandalkan sains dalam pemikirannya, akan tetapi badannya tidak seberapa kuat. Di sisi lain Taiju adalah anak yang super – super kuat, bahkan nyaris tidak manusiawi kuatnya, tetapi kualitas otaknya standar saja – kalau tidak mau dibilang sedikit bodoh.

Setelah 3700 tahun lebih berlalu, Senku dan Taiju mendapati bahwa diri mereka bisa kembali menjadi manusia biasa. Maka dari itu dimulailah usaha keduanya mengembalikan dunia ini seperti semula. Mereka memutuskan untuk mereboot peradaban manusia berawal dari jaman batu!

Menonton anime Dr. Stone dan melihat Senku menjelaskan banyak hal (kemajuan teknologi) dengan bahasa yang sederhana adalah tontonan yang mengasyikkan. Saya salut kepada Riichiro Inagaki yang menggarap sebuah manga yang seru tapi sekaligus memperkaya khasanah pengetahuan pembacanya. Kualitas skrip Inagaki bagaimanapun tak hanya ribut menjelaskan sains saja tetapi juga membangun tiap-tiap karakter yang ada. Saya suka sekali pacing anime ini karena ia tak pernah terasa dragging dan setiap episodenya memajukan alur cerita secara signifikan. Satu hal lain yang saya suka adalah bagaimana Inagaki mampu membangun banyak karakter di serial ini. Tak hanya Senku dan Taiju, kalian akan bertemu dengan banyak karakter memorable lainnya dari serial ini… dan most of them are very likable!

Saya pribadi tak seberapa suka dengan gaya gambar dari Boichi yang saat ditranslasikan ke anime juga agak over-the-top (bahkan untuk kadar anime) tetapi hey, masalah gambar itu preferensi bukan? Saya mungkin terlalu dimanjakan kualitas gambar dari Yusuke Murata ataupun Koyoharu Gotouge, tenang saja, walau saya tak suka dengan gaya gambar Boichi, saya mengakui kalau style gambarnya tetap enak buat dipandang. Lagipula studio TMS/8Pan menganimasikan Dr. Stone secara brilian. It’s just a marvelous anime to watch.

Mungkin dikarenakan saya pada dasarnya juga seorang yang suka sains, Dr. Stone adalah sebuah tontonan yang menyenangkan bagi saya. Memang saya sangat suka cerita world building seperti ini. Remember that I love kisah novel Release That Witch? Dr. Stone memberi vibe yang sama dengan kisah novel itu – tetapi bahkan lebih grounded terhadap sains lagi. Overall, kalian yang ingin sebuah tontonan yang tak hanya fun tetapi juga edukatif, look no further, this is the anime for you!

Score: 8.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: