Skip to content

Vader Immortal

Setelah Disney membeli Star Wars di tahun 2012, perusahaan ini dengan gesit menggunakan properti Star Wars jadi sapi perahnya. Coba lihat berapa banyak hal-hal baru dunia Star Wars muncul semenjak diakuisisi Disney.

Selain trilogi baru dan dua film spin-off, ada serial TV Live Action dan Animasi yang muncul. Dan kalau itu tidak cukup, ada seabreg komik, novel, serta Video Game baru yang diciptakan untuk Star Wars.

Para pecinta dunia VR tidak perlu merasa ditinggalkan sebab mereka tidak dilupakan oleh Disney. Oculus bekerja sama dengan ILMxLAB menghasilkan sebuah aplikasi yang disebut ‘Experience‘ (saya rasa kata Game tidak dipakai sebab franchise Star Wars memiliki kontrak eksklusif dengan EA sebagai satu-satunya publisher yang boleh menggarap game Star Wars).

Maka hadirlah Vader Immortal, sebuah petualangan ‘Experience’ 3 episode yang menempatkanmu sebagai seorang Smuggler (tak bernama) yang harus berhadap-hadapan secara langsung dengan Darth Vader sendiri. Yes, sang penjahat ikonik dunia Star Wars: The Sith Lord himself!

Campaign Utama dalam Vader Immortal memiliki durasi sepanjang 2 jam. Kisahnya mengambil setting di Planet Mustafar, planet tempat tinggal dari Darth Vader. Saat kamu, si Smuggler, dibekuk oleh tentara Galactic Empire, kamu dipaksa untuk membantu Darth Vader mencapai misinya: mendapatkan sebuah artifak yang bisa membangkitkan kembali orang mati. Bagi mereka yang adalah penggemar Star Wars tak perlu waktu lama untuk menebak siapa yang ingin dibangkitkan oleh Vader bukan?

Nah, yang unik, sebagai Smuggler kamu ternyata adalah orang yang sensitif terhadap Force. Dengan kata lain, kamu memiliki bakat menjadi seorang Sith / Jedi. Vader menyadari hal ini dalam dirimu dan sang Sith Lord mulai mengajari kamu bagaimana menggunakan kekuatan Force-mu. Apakah kamu akan membantu Vader mencapai ambisinya?

Kualitas cerita dari Vader Immortal bisa dibilang solid – walaupun pada akhirnya inkonsekuensial. Mengingat game ini bersetting di pertengahan antara Episode III dan Episode IV, tidak mengherankan kalau game ini tak berani mengutak-atik status quo yang ada. Pun begitu, itu tak berarti ini merupakan kisah yang membosankan. It isn’t, really. Kamu diberi kesempatan untuk sedikit lebih memahami Darth Vader dan sejarah di balik planet lava Mustafar. Mengingat cerita di film ini ditulis oleh David S. Goyer – yang turut menggagas kisah The Dark Knight trilogi dari Nolan, wajar kalau kisahnya cukup solid.

Tetapi atraksi utama dari Experience ini tentu ya pengalaman yang ditawarkan olehnya. Bertemu dengan Darth Vader secara langsung, menggunakan Lightsaber untuk berduel, sampai menggunakan kekuatan Force untuk mengendalikan obyek atau memelantingkan musuh, adalah kepuasan tersendiri. You really feel like you are Luke Skywalker. Semua itu dibantu dengan teknologi VR yang membuat kamu benar-benar seperti diteleportasi ke dalam planet Mustafar. For those who never tried a VR Experience, Vader Immortal akan terasa epik.

Pengisian suara dalam Experience ini juga bagus. Nama utama yang menjadi pendamping utamamu adalah artis Maya Rudolph yang mengisi suara Droid temanmu, dia membantu menjadi narator cerita kepada audiens karena karakter utamamu adalah klise Silent Protagonist yang tak bersuara. Selain dirinya yang paling mencuri perhatianku justru pengisi suara Darth Vader. Saya kaget bahwa sang pengisi suara mampu ‘menipu’ku, membuatku menyangka bahwa James Earl Jones adalah pengisi suaranya. Sang Voice Actor: Scott Lawrence, did a great job to bring Vader to life.

Setelah memainkan 2 Jam dalam Main Campaign dari game ini, itu tidak berarti setelah menyelesaikannya kamu langsung menutup game ini dan melupakannya. Tidak sama sekali. In fact, ada sebuah mini game di tiap episode yang bernama Lightsaber Dojo. Setiap Lighsaber Dojo mengajakmu berlatih menggunakan Lightsaber dalam tiap Stage yang kian lama akan kian sulit. Bisa dibilang ‘daging’ dari Experience ini justru terletak di Lightsaber Dojo-nya. Apabila kamu benar-benar sudah menguasai kemampuan Lightsaber dan Force, it felt like a ballad of power di mana kamu bisa mencengkeram Stormtrooper dengan Force, melempar mereka, menangkis dan mengembalikan serangan Blaster mereka dengan Lightsaber bahkan merebut Blaster mereka lantas menembaki mereka kembali dengan senjata mereka sendiri. In short: it’s like being in a Star Wars movie, with you being the main protagonist!

Saya percaya bahwa Vader Immortal adalah sebuah game yang perlu dimainkan oleh semua penggemar Star Wars. Dan sejujurnya kalau kalian punya VR, kendati kalian bukan seorang penggemar franchise Star Wars… give it a try. Ini merupakan salah satu pengalaman terbaikku memainkan VR dan tak membutuhkan terlalu banyak pengetahuan mengenai mitologi Star Wars untuk dinikmati. After all, Darth Vader adalah salah satu karakter fiktif paling populer sepanjang jaman.

Score: 9.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

Discover more from Review Apa Saja

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading