Series

Sora yori mo Tooi Basho

Anime of the Year 2018?

Ya. Sora yori mo Tooi Basho, yang bila ditranslasikan dalam bahasa Inggris berarti A Place Further than the Universe, adalah anime terbaik tahun 2018 ini. Saya tahu ini sepertinya prematur menyatakan ini sebab tahun 2018 baru berjalan empat bulan saja tetapi dari begitu banyak anime yang pernah saya tonton selama ini Sora yori mo Tooi Basho adalah satu-satunya anime yang dapat menandingi Full Metal Alchemist: Brotherhood, yang adalah anime terbaik sepanjang masa di mataku. How so?

Mari Tamaki seumur hidupnya adalah seorang gadis yang tak pernah berani mencoba sesuatu yang baru. Ia selalu terjebak dalam safe zone-nya. Setiap kali ia ingin melakukan sesuatu yang baru, selalu saja sesuatu menahannya. Ingin pergi traveling? Mendadak saja ia merasa takut ketinggalan pelajaran di sekolahnya atau takut mengecewakan orang tuanya. Perlahan tapi pasti, masa muda Tamaki pergi begitu saja tanpa meninggalkan jejak kenangan apapun.

4
Don’t waste your youth

Semua itu berubah ketika Tamaki tanpa sengaja bertemu dengan gadis nyentrik di sekolahnya: Shirase Kobuchizawa. Shirase memiliki sebuah impian gila yang tak pernah dibayangkan oleh anak SMU manapun, ia ingin pergi ke Antartika, karena di sana ibunya – seorang ilmuwan di Research Base Antartika – meninggal dunia. Shirase sukses mendorong Tamaki untuk keluar dari zona aman-nya, untuk memulai perjalanan pergi dengannya ke Antartika. Dan dalam perjalanan, keduanya bertemu dengan Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi. Keempat gadis SMU ini pun memulai petualangan mereka ke tempat yang paling jauh di muka bumi ini.

2
A place further than the universe

Selama 13 episode Sora yori mo Tooi Basho menunjukkan betapa mumpuni-nya studio Madhouse mengatur pacing cerita. Setiap episode terstruktur berdiri sendiri sambil memajukan plot cerita keseluruhan sedikit demi sedikit. Petualangan yang dilakukan keempat gadis ini terasa riil karena anime ini mengambil waktu untuk menunjukkan usaha keempatnya berangkat, mulai dari meminta ijin dari orang tua mereka, transit di negara Singapura dan Australia, mencoba meyakinkan tim riset ilmiah berangkat ke Antartika, sampai selangkah demi selangkah menuju ke Antartika. Keempatnya bahkan baru mencapai benua Antartika mendekati sepertiga akhir serial ini tetapi momennya terasa pas. Banyak serial anime yang apik sekalipun terkadang bisa terasa terlalu dragging di episode tertentu atau terlalu cepat di episode lainnya, Sora yori mo Tooi Basho tidak pernah mengalami masalah itu dalam 13 episode yang ada.

Hubungan dari keempat karakter yang ada dalam anime ini juga digarap dengan sangat riil. Kalian tidak akan menemukan fan service sama sekali dalam anime ini dan itu hal yang sangat – sangat saya sukai. Tidak ada panty shot, tidak ada boobs raksasa, tidak ada humor kotor, dan keempat gadis di dalam serial ini tidak pernah terasa seperti stereotipe karakter-karakter anime. Mereka semua adalah gadis yang kompleks dengan masalah pribadi dan dengan keinginan sendiri-sendiri berangkat ke Antartika. Tak hanya membangun hubungan keempatnya saja, Sora yori mo Tooi Basho juga tak lupa membangun beberapa side character di luar keempatnya sehingga makin menyempurnakan jalan cerita yang ada. Saya juga kerap tertawa dengan beberapa momen-momen kecil yang tolol dalam serial ini mengenai masalah-masalah dalam perjalanan. Siapa misalnya yang tak pernah merasakan paniknya kehilangan paspor atau mengalami mabuk laut / darat / perjalanan?

3
Beautiful, realized characters and friendships

Untuk kualitas teknisnya saya hanya bisa terperangah dengan kualitas animasi serial ini. Tak hanya menciptakan kota Tokyo dengan atensi detail yang luar biasa, anime ini juga menciptakan negara Singapura mulai dari mall ION, Food Hawker Stall,sampai bandara Changi dengan akurasi luar biasa. Tidak percaya? Mereka bahkan menulis billboard dengan bahasa Melayu yang benar dalam animasinya! Kalau atensi seperti itu saja sudah diberikan pada tempat yang bukan setting utama anime ini, kalian bisa menebak sendiri betapa indahnya mereka menggarap kutub selatan yang menjadi highlight anime ini bukan? Satu lagi adalah untuk lagu opening, ending, maupun insert song dalam anime ini sangat apik dan menghidupkan adegan-adegan yang ada di dalamnya. Sering saya melewati opening dan ending anime-anime yang ada setelah menontonnya dua tiga kali guna mempersingkat waktu tetapi tidak dengan serial ini. Ini mungkin satu-satunya serial anime di mana saya betah mendengar opening dan endingnya setiap kali tanpa melewatinya karena membuat saya tersenyum lebar menontonnya!

1
Can you guess Terminal 3 of what airport?

Akhir kata, Sora yori mo Tooi Basho adalah sebuah seri yang harus kalian tonton. Ini sebuah serial positif mengenai melakukan sebuah perjalanan, mengenai percaya dengan mimpi, mengenai persahabatan, dan banyak – banyak lagi. Saya pribadi langsung meletakkan “Benua Antartika” sebagai salah satu destinasi yang ingin saya datangi begitu menonton serial ini. It’s not just a beautiful series, it’s a life-changing one.

Score: 10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s