Setelah mengikuti beberapa serial anime di awal tahun saya tak mengikuti banyak serial anime lagi di tahun ini dikarenakan kesibukan lain. Lagipula ketika saya mengecek ringkasan dari beberapa anime yang keluar di tahun ini, kok tidak ada premisenya yang menarik perhatian saya. Bahkan anime-anime ‘besar’ seperti Full Metal Panic! menurut saya kualitasnya biasa-biasa saja sementara season terbaru Sword Art Online belum memikat perhatian saya menontonnya. Pun begitu saya mulai mendengar-dengar soal sebuah anime unik nan lucu bernama Hataraku Saibou. Ketika saya membaca mengenai premisenya maka saya terpikir bahwa “Hey, idenya unik juga, walaupun tidak baru“. Iya, bagi kalian yang merasa ide Hataraku Saibou soal sel-sel dalam tubuh kita hidup dan bekerja melawan penyakit merupakan ide yang baru salah. Ada sebuah animasi Amerika bernama Osmosis Jones yang pernah mengangkat tema yang sama dulu.

images (2)
Work!

Kembali pada Hataraku Saibou sendiri, anime ini berfokus kepada dua karakter utama: seorang sel darah merah yang sering nyasar: AE-3803 dan kerap bertemu sel darah putih U-1146 yang sering berpatroli keliling tubuh menghabisi virus, bakteri, maupun kuman yang masuk di dalam tubuh. Setiap episode biasanya mengangkat topik yang berbeda-beda. Di satu episode bisa mengangkat topik mengenai apa yang terjadi pada badan manusia ketika dehidrasi atau serangan heatstroke terjadi. Di episode lain topiknya bisa berubah menjadi kinerja peredaran darah ketika dipompa di jantung. Dari 13 episode di season pertama hampir kesemuanya berdiri sendiri kecuali untuk dua jalan cerita yang memerlukan dua episode. Kebetulan keduanya memang merupakan topik yang serius: kisah mengenai sel kanker dan kisah mengenai apa yang terjadi ketika tubuh menderita cedera yang serius (fatal). Kendati awalnya lebih banyak berfokus kepada U-1146 dan AE-3803 perlahan-lahan Hataraku Saibou pun menggali cerita dari karakter-karakter lain seperti si Platelet (kepingan darah) yang super imut dan kawaii dan Killer-T Cell yang ganas dan membabi-buta menghabisi kuman. Cerita dalam Hataraku Saibou bagusnya selalu disajikan dengan cara yang edukatif tetapi seru. Cukup mengejutkan bahwa saya rasanya belajar lebih banyak mengenai sel-sel dan kinerja mereka dalam tubuhku dari anime ini ketimbang dari membaca dan mendengarkan pelajaran Biologi dari guru jaman SMP dan SMU dulu.

Sementara Hataraku Saibou berisi banyak konten pendidikan di dalamnya, itu bukannya berarti serial ini lantas lupa misi utamanya: menghibur penonton. Hampir semua sel darah dan jenis-jenisnya di dalam anime ini direpresentasikan dengan karakter yang berbeda-beda dan tingkah laku mereka saat berinteraksi satu sama lain kerap membuat tertawa. Tak hanya itu, banyaknya jenis penyakit mulai dari kuman, bakteri, sampai jenis-jenis yang lebih berbahaya lainnya juga muncul di sini. Pertarungan antara mereka dengan sel darah putih dan sistem imun tubuh lain di dalam tubuh digambarkan dengan heboh ala pertarungan anime / manga shounen Dragon Ball, Naruto, dan lainnya. Edukatif dan menghibur: dua hal itu berhasil diangkat oleh serial yang animasinya ditangani oleh studio David Production. Sejujurnya saya tidak pernah menonton serial animasi lain yang dibuat oleh studio ini dan tidak bisa membandingkan kualitas Hataraku Saibou dengan animasi lain yang mereka garap.

images (1)
Red and White

Hataraku Saibou bagaimanapun bukannya tanpa kelemahan. Salah satu kelemahan utama yang mengangguku adalah bagaimana kualitas animasi di tiap-tiap episode kadang timpang. Tidak selalu terlihat tetapi kentara bahwa ada kalanya kualitas animasi di episode tertentu (terutama episode-episode awal dan akhir) lebih baik dibandingkan episode-episode pertengahan. Harapan saya adalah kalau Hataraku Saibou dirilis ulang dalam bentuk Home Entertainment maka kualitas visualnya bisa diperbaiki. Satu lagi ketika di dua tiga episode pertama karakter-karakter baru keluar, maka animasi mengambil waktu pendek untuk menjelaskan mengenai siapa mereka. Yang menganggu adalah ketika masuk episode pertengahan bahkan akhir, setiap kali karakter sel darah merah atau sel darah putih keluar masih saja narator cerita menghentikan adegan sementara sambil menjelaskan siapa mereka. Cukup dong, kami penonton juga sudah tahu mereka ini siapa. Tak perlu dijelaskan terus menerus.

images (3)
Keep the germs away!

Jadi secara ringkasnya; Hataraku Saibou adalah sebuah serial anime yang layak untuk ditonton. Satu season ini memang tak memiliki jalan cerita utama tetapi menontonnya akan membuat kita tak hanya mendapatkan hiburan yang menarik tetapi juga gambaran mengenai kinerja tubuh kita dan apa-apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa sel-sel di dalamnya. After all if our cells are hard at work, shouldn’t we be too?

Score: B+

Leave a Reply