Railroad Ink

Sudahkah saya bilang bahwa genre RAW (Roll and Write) tengah naik daun belakangan ini? Ya, saya sudah pernah mereview game RAW di sini seperti That’s Pretty Clever (Ganz Schon Clever). Akan tetapi kalau kalian membaca reviewku akan game tersebut, mungkin kalian takkan tertarik memainkannya. Alasannya? The game feels so… mechanical, so… themeless.

Harap perhatikan bahwa game yang tak memiliki theme yang kuat seperti Ganz Schon Clever tak berarti jelek. Saya suka sekali mencoret-coret angka di dalamnya dan menciptakan kombo-kombo saat memainkannya – tetapi memiliki theme yang apik dalam Board Game tak pernah menjadi nilai minus bukan? Sebuah theme yang bagus dan cocok dalam Board Game mampu mentransportasi kita dari dunia nyata ke dunia fantasi yang ada di benak kita sendiri. Nah, pelarian itulah yang ditawarkan oleh Railroad Ink, sebuah Board Game kecil dan mini garapan Hjalmar Hach dan Lorenzo Silva, duet Board Game designer yang terkenal dengan karya mereka sebelumnya: Dragon Castle. Sesuai judulnya: Board Game ini mengajak pemain untuk menciptakan jalur lintasan kereta api untuk mendapatkan nilai yang setinggi mungkin.

Railroad Ink hadir dalam sebuah kemasan yang compact dan ringkas sehingga mudah untuk dibawa dan dimainkan di mana saja. Komponen yang ditawarkan oleh CMON berkualitas tinggi, mulai dari spidol yang bisa dihapus, player board, sampai dadu-dadu custom di dalam game. Perlu diketahui bahwa Railroad Ink hadir dalam dua varian warna: Biru (Deep Blue) dan Merah (Blazing Red). Kedua varian warna ini menawarkan gameplay dasar yang sama tetapi menambahkan elemen ekspansi yang unik untuk masing-masing warna. Untuk Deep Blue, kamu memiliki dadu biru tambahan yang berfungsi menciptakan danau dan sungai di dalam permainan. Di sisi lain Blazing Red memiliki tambahan dadu merah yang menghadirkan elemen gunung berapi sampai mendatangkan meteor. Siapa bilang kamu tidak bisa menjadi Sephiroth saat bermain Board Game? Saya sendiri membeli Deep Blue bukan Blazing Red karena ekspansi dalam Deep Blue lebih menghargai strategi permainan jangka panjang sementara Blazing Red memiliki elemen yang lebih chaotic karena meteor yang datang bisa merusak jalur kereta api / jalan yang sudah ditata dengan baik.

Salah satu hal yang membuat Railroad Ink menjadi game yang enak untuk dimainkan oleh siapa saja, baik Board Gamer pemula maupun yang expert adalah mekanisme yang begitu mudah. Peraturan dasar dalam game ini hanya satu: membangun jalur kereta / jalan mobil di dalam map yang disediakan.

Setiap pemain diberi map kosong yang sama. Dalam setiap putaran permainan akan ada dadu yang dikocok dan menghasilkan arahan jalur yang berbeda-beda. Pemain kemudian diperbolehkan menggambar semua dadu tersebut (terserah dengan urutannya) ke dalam map masing-masing. Mengingat map awal setiap orang kosong, semua pemain akan memiliki strategi mereka sendiri-sendiri dalam membangun jalur mereka. Selain memakai dadu untuk menentukan jalur yang ada di map, setiap pemain pun diberikan opsi membuat tiga dari enam jalur khusus yang bisa mereka pakai dalam permainan. Permainan ini akan terus berlangsung sampai enam ronde lalu berakhir setelahnya. Pemain yang menang adalah mereka yang sukses mengumpulkan poin terbanyak, dihitung dari beberapa hal yang dilakukan selama permainan: menyambung jalur terpanjang, menyambung stasiun ke stasiun lain, dan lain-lain.

Railroad Ink adalah sebuah permainan singkat yang berdurasi sekitar 20 – 30 menit (bisa lebih cepat kalau yang bermain tak kelamaan mengambil keputusan) sehingga cocok sebagai Gateway Game. Ini sebuah Board Game yang mudah diajarkan kepada siapa saja tetapi dalam permainan memiliki strategi yang cukup mendalam. Ada elemen random dalam permainan (karena adanya mekanik Dice Rolling) tetapi unsur luck dapat dimitigasi dengan tiga kotak tambahan yang membantu ‘membuka’ jalur baru seandainya jalur yang dipasang ternyata kurang optimal. Tentu saja bagi orang yang menginginkan tantangan lebih dapat memakai dadu ekspansi dalam game yang membuat permainan menjadi jauh lebih kompleks ketimbang versi dasarnya.

Pada akhirnya Railroad Ink adalah sebuah game yang sangat saya sarankan bagi kalian yang menggemari genre RAW. Sebuah game yang mudah diajarkan dan cepat dimainkan, memiliki komponen dan artwork yang cantik, dan bisa dimainkan berkali-kali dengan versi expert yang sudah disertakan di dalamnya. Great game!

Score: B+

Leave a Reply