Coloretto adalah salah satu Board Game tertua yang pernah saya mainkan. Board Game ini dirilis di tahun 2003 yang dalam usia Board Game berarti ia sudah tergolong ‘sesepuh‘. Sang Designer: Michael Schacht bahkan sudah menciptakan Zooloretto pada tahun 2007 dan Aquaretto pada tahun 2008, Board Game yang terbilang merupakan versi lebih kompleks dan merupakan penyempurnaan dari Coloretto. Akan tetapi masih banyak orang yang lebih merekomendasikan Coloretto kalau kalian mencari sebuah game yang ringkas dan enak buat dibawa ke mana-mana (karena wadahnya yang kecil). Bagaimana cara memainkan game untuk 2 – 5 orang ini?

Coloretto sebenarnya sangat mudah dimainkan karena langkah yang kamu ambil hanya dua: menempatkan kartu dan mengambil kartu yang sudah ditempatkan. Kok bisa?

Coloretto adalah sebuah Card Game yang terdiri dari 7 jenis warna berbeda dan masing-masing warna memiliki 9 kartu di dalamnya. Di awal permainan kamu akan menaruh kartu khusus sebagai deretan penanda sesuai dengan jumlah pemain. Misal kamu bermain dengan empat orang maka kamu akan meletakkan empat kartu deretan penanda. Setiap kartu deretan ini boleh berisi sampai maksimal tiga kartu di dalamnya. Di setiap gilirannya, pemain diperbolehkan untuk mengambil kartu dari tumpukan dek dan menaruhnya di deretan atau apabila sudah ada kartu yang ia incar di dalam deretan maka ia boleh mengambil kartu tersebut dan menyelesaikan gilirannya. Sangat sederhana.

Mekanisme utama permainan di dalam game ini adalah Set Collection di mana kamu berusaha untuk mengumpulkan warna yang sama sebanyak mungkin. Kenapa? Karena di saat akhir permainan skormu akan dihitung dari tiga set warna terbanyak kamu. Akan tetapi hati-hati, kalau kamu sembarangan saja mengambil kartu yang ada di deretan kamu bisa mendapatkan kartu-kartu ‘sampah’ yang tidak kamu inginkan. Kartu-kartu di luar tiga set warna terbanyak kamu juga akan dihitung di akhir permainan… tetapi akan MENGURANGI poinmu!

Walaupun Coloretto bisa dimainkan mulai dari 2 sampai 5 pemain, saya merasa game ini paling enak dimainkan oleh 4 pemain. Memainkan game ini dengan 2 dan 3 pemain membuat kita harus memotong satu sampai dua warna keluar dari permainan sementara memainkannya dengan 5 pemain membuat game ini terasa terlalu cuthroat di mana pemain-pemain yang ada harus saling berebut kartu yang ada di meja – sekaligus membuat turn yang ada lebih sedikit (karena dek kartu lebih mudah habis).

Untuk komponen sendiri kartu-kartu dalam Coloretto terbuat dengan ukuran standar dan mudah dilihat. Saya sedikit menyayangkan dua atau tiga pilihan warna di dalam game ini yang agak serupa (warna Pink dan Orange). Saya merasa bahwa game ini akan sedikit kesulitan dimainkan oleh mereka yang buta warna. Saya berharap bila mereka memang merilis ulang game ini akan ada sedikit redesign di komponen gambar setiap warna untuk memudahkan Board Gamer yang buta warna menikmati game ini.

Terlepas dari kekurangan minor yang saya sebutkan, Coloretto adalah sebuah game kecil yang fun untuk membuka atau menutup malam bermain Board Game. It’s light, it’s fun, and it’s really easy to teach and play. Salah satu Gateway Games yang tak boleh dilewatkan dalam koleksimu.

Score: 8.5

Leave a Reply