Selama dua tahun terakhir game bergenre Roll and Write (RAW) maupun Flip and Write (FAW) sungguh naik daun. Belakangan ini saya memainkan sangat banyak game bertipe sejenis ini dan secara mengejutkan mayoritas dari game yang saya mainkan memiliki style gameplay dan mekanik yang cukup berbeda sehingga tetap fresh dan tidak membosankan. Welcome to… merupakan Board Game ciptaan dari Benoit Turpin yang dipasarkan dengan tagline: sebuah Board Game yang bisa dimainkan hingga 100 orang! Sungguh atau hanya bualan semata?

Jawaban singkat dari pertanyaan di atas adalah: Ya, sungguh. Tetapi kebanyakan dari game RAW atau FAW yang saya mainkan memang bisa diekspansi sebanyak mungkin. Spesialisasi ini tak hanya dimiliki oleh Welcome to… tetapi juga dimiliki oleh Railroad Ink dan Kokoro: Avenue of the Kodama, yang saya review sebelumnya.

Kembali pada Welcome to… , Board Game ini menarik karena mengajak kamu menjadi pengembang perumahan / kota. Itulah kenapa judul di belakang ‘Welcome to’ hanya diisi ‘…’ , kamu bebas memilih nama kota yang ingin kamu ciptakan! Setiap pemain akan diberi kertas dan berisi tiga deretan perumahan yang belum punya rumah. Di setiap ronde permainan, akan dibuka tiga kartu dari tiga tumpukan dan kamu bisa melihat angka-angka yang ada. Dalam dek kartu akan ada angka 1 – 15 dan kamu bisa memilih salah satu di antaranya untuk kamu masukkan dalam deretan perumahanmu. Tentu saja kamu tak sembarangan memasukkan angka: kamu hanya boleh menuliskan angka perumahan dari kecil ke besar mulai kiri ke kanan… seperti di dunia nyata. Hey, kamu tak pernah kan melihat ada angka 3 di sebuah perumahan lantas sebelahnya menjadi 12 lalu sebelahnya kemudian mengecil lagi menjadi 6?

Apa yang membuat game ini kemudian lebih kompleks adalah unsur-unsur tambahan di dalam game ini seperti: Taman, Kolam, Harga Properti Perumahan, dan lain sebagainya. Setiap kartu angka yang kamu pilih di dalam game ini memiliki elemen spesial di dalamnya. Ada kartu tertentu yang berpadu dengan Kolam dan ada juga kartu yang bisa meningkatkan harga perumahanmu di akhir game. Ini akan membuat strategi dari setiap pemain berbeda-beda. Ada pemain yang akan berfokus membangun perumahan asri dengan taman sebanyak mungkin untuk mengumpulkan poin. Ada lagi yang akan menaikkan harga properti setinggi mungkin untuk mengambil bonus di akhir permainan. Selain semua bonus itu ada tiga kartu Obyektif berbagai jenis (diambil acak di awal permainan) yang bisa dikejar para pemain dan juga menghasilkan bonus poin yang besar! Semua elemen ini akan membuat Welcome to… menjadi sebuah game yang berbeda tiap kali dimainkan. Jelas ada unsur Luck dan elemen Random di dalam game ini tetapi saya rasa sang designer tepat memakai elemen Flip Kartu ketimbang Roll Dadu di game ini. Dengan Flip Kartu unsur random di dalam game ini terasa jauh lebih dimitigasi dan kamu lebih tahu probabilitas kartu apa yang akan keluar. Semakin di ujung, kartunya semakin jarang: dengan kata lain angka 1 atau 14 akan lebih jarang muncul ketimbang 7 dan 8.

Sementara saya suka sekali dengan komponen di game ini – kertasnya jelas, kartunya bagus, dan instruksi permainan tertutur dengan jelas – saya memiliki dua keluhan.

Pertama: tidak adanya alat tulis yang disertakan dalam game ini. Ini mengecewakan. Semua game yang perlu tulis menulis biasa memiliki semacam alat tulis menulis yang disertakan di dalamnya untuk membantu pemain. Katakanlah Harvest Dice atau Tides of Time. Malahan game seperti Railroad Ink dan Kokoro: Avenue of the Kodama tak tanggung-tanggung menyertakan spidol dalam permainan. Walaupun ini bukan dealbreaker, saya sedikit kecewa dengan publisher Blue Cocker Games yang mengirit biaya penyertaan komponen game ini.

Kedua: kurangnya kertas yang disertakan dalam game ini. Mengingat game ini bisa dimainkan oleh orang banyak (kemungkinan bisa dimainkan oleh 5 sampai 6 orang bahkan lebih dalam sekali permainan), maka 100 lembar kertas yang disertakan dalam game ini bisa sangat cepat habis. Tentu saja ada siasat untuk melaminating beberapa kertas terakhir yang tersisa atau bahkan memfotokopi dan mereproduksi ulang game ini… but hey, tidakkah mereka seharusnya menyertakan sebuah Player Board yang bisa dihapus supaya game ini bisa dimainkan berulang-ulang tanpa takut kehabisan supply?

Terlepas dari dua kelemahan di atas, saya masih merasa bahwa Welcome to… adalah sebuah game bergenre FAW yang seru dengan theme yang menarik. Apabila kalian suka game Qwinto dan ingin memainkan sesuatu yang lebih kompleks yang dibangun dengan mekanisme dasar yang sama… look no further. Welcome to this game!

Score: 8.5

Leave a Reply