Salah satu tipe permainan Board Games yang sedang naik daun belakangan ini adalah Board Games yang mengangkat tema Escape Room. Familiar bukan dengan Escape Room? Escape Room adalah permainan ruang tertutup di mana para pemain (beberapa orang) dikunci di dalam sebuah (atau beberapa) ruangan dan mereka harus mencari akal bagaimana caranya untuk meloloskan diri dari tempat itu di bawah alokasi waktu yang ditentukan. Permainan Board Games membawa para pemain dalam cara yang sama tetapi dalam bentuk kartu dan di atas meja saja.

Dua franchise / seri Board Games yang cukup berkibar dalam genre ini selama beberapa tahun terakhir adalah seri Exit dari Kosmos dan seri Unlock dari Space Cowboys. Keduanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Exit misalnya menawarkan sistem puzzle yang lebih rumit dan interaktif tetapi hanya bisa dimainkan sekali saja. Di sisi lain Unlock kadar puzzlenya lebih ringan – tetapi kalian bisa memainkannya berulang-ulang kali karena komponen permainan tidak dirusak.

Dari beberapa skenario Unlock yang ada, saya membaca review bahwa Unlock: The Tonipal’s Treasure merupakan skenario terbaik yang menawarkan unsur tematik dan puzzle yang tersulit. Ini membuatku kesengsem untuk menjajalnya. Apa benar Unlock: The Tonipal’s Treasure sampai sesulit itu?

Sebelum memulai Unlock: The Tonipal’s Treasure ada sebuah demo skenario yang membantu kamu memahami permainan di dalam game ini. Basis gameplaynya sendiri memerlukan aplikasi Unlock yang harus kamu download di smartphone kamu. Tak perlu khawatir karena setelah kamu mendownload aplikasi ini di smartphonemu, kamu tak perlu lagi terkoneksi dengan internet untuk mengaktifkannya.

Untuk basis gameplaynya sendiri, The Tonipal’s Treasure tidak memiliki gameplay yang sulit. Kartu yang ada terbagi menjadi empat jenis.

Pertama adalah kartu puzzle merah dan biru. Kedua kartu ini merupakan gabungan satu sama lain. Apabila kedua kartu ini disatukan biasanya akan membuka kartu yang baru atau solusi dari puzzle yang ada.

Kedua adalah kartu mesin yang ditandai dengan warna hijau. Kartu ini harus diselesaikan dalam aplikasi dan biasanya merupakan bagian paling interaktif di dalam game ini.

Ketiga adalah kartu pintu terkunci yang ditandai dengan warna kuning. Hampir sama dengan kartu mesin, kalian biasanya diharuskan untuk memecahkan kode-kode untuk melewati tantangan di dalam kartu ini. Untuk melewatinya, kamu harus memasukkan kode empat angka yang kamu temukan dari penyelidikanmu.

Terakhir adalah kartu abu yang biasanya berisi lokasi ataupun hint yang berguna untuk permainan kamu ke depannya.

Jadi bagaimana pendapatku mengenai game ini secara keseluruhan? Well…

Saya tidak suka sama sekali.

Saya menjajal game ini dalam mode permainan Solo (saya memainkannya seorang diri) dan saya menemukan bahwa puzzle di dalam game ini terlampau rumit sehingga membuatku tidak enjoy memainkannya. Bagaimana sulitnya? Dalam beberapa puzzle yang ada saya praktis memakai semua hint yang ada dan tetap tak bisa memecahkan puzzle yang ada. Lebih parah lagi ada dua sampai tiga puzzle yang saya sudah memiliki SEMUA hint dan jawaban yang ada – dan saya bahkan tak bisa menangkap logika yang menyambungkan hint itu pada jawabannya.

Yang lebih parah lagi ada sebuah momen di tengah permainan di mana tanpa sengaja kamu bisa melompati beberapa puzzle yang ada kalau secara keliru kamu menyelesaikan sebuah puzzle yang belum seharusnya kamu selesaikan. Ini merupakan masalah terbesar bagi game ini; kamu bisa melakukan brute force tebak menebak puzzle yang ada pada game ini dan ia tak punya mekanisme dalam aplikasi untuk mencegahmu melakukannya. Saat memainkan game ini untuk kali kedua, secara tidak sengaja saya melakukan kesalahan ini dan secara bingung dipaksa untuk membuang kartu yang bahkan tak pernah saya dapatkan sebelumnya!

Walaupun banyak orang mengatakan bahwa Unlock: The Tonipal’s Treasure merupakan serial Unlock yang terbaik dengan puzzle yang inovatif, saya menilai bahwa skenario ini jauh dari kata apik. Komponen kartu game ini memang bagus dan unsur tematiknya (bajak laut) sangat menarik, sayangnya terlepas dari itu tidak ada yang bisa direkomendasikan dari game ini. Semoga akan ada game Unlock dengan skenario lain yang lebih cocok untukku ke depannya. Hey Space Cowboys, ada bedanya puzzle yang sulit dan puzzle yang tidak masuk di logika… dan game ini jelas termasuk dalam kategori yang kedua!

Score: 4.0

Leave a Reply