Kingdomino Duel

Di tahun 2016 Bruno Cathala, seorang designer Board Game terkenal, menciptakan magnum opus-nya, Kingdomino, yang memenangkan penghargaan bergengsi Spiel de Jahres di tahun 2017.

Tentu saja saya bercanda. Kingdomino tentu saja bukan Board Game terbaik ciptaan Bruno Cathala. Tetapi bahkan para die-hard Board Game yang lain tidak bisa menyangkal kalau Kingdomino merupakan ciptaan Cathala yang paling terkenal. Kalau dalam istilah perfilman, ini bukan Schlinder’s List-nya Cathala, ini Jurassic Park-nya.

Tak lama setelah Kingdomino memenangkan Spiel des Jahres, sebuah tren baru muncul di dunia Board Game: Roll and Write. Genre ini kemudian menjadi genre ‘panas’ yang fenomenal di tahun 2018. Tak ingin ketinggalan hype, Bruno Cathala bekerja sama dengan Ludovic Maublanc untuk menciptakan versi Roll and Write bagi Kingdomino: versi Duel. Ini bukan kali pertama keduanya bekerja sama, duet ini pernah menggarap Dice Town dan Cyclades di tahun 2009 dulu. Bahkan di 2016 duet ini pernah menciptakan Dice Stars, game Roll and Write kolaborasi pertama mereka – walau hasilnya tak sukses-sukses amat. Dengan nama besar Kingdomino di belakangnya, akankah Kingdomino Duel mendapatkan sukses?

Satu hal yang menarik dari Kingdomino Duel adalah player count-nya: hanya dua pemain saja. Ini membuat Kingdomino Duel memadukan dua aspek: aspek duel dua pemain dan aspek Roll and Write (yang jarang hanya memperbolehkan dua pemain saja). Konsep dasar dari Kingdomino masih di sini tetapi sedikit diubah. Kali ini kamu bukan menciptakan lansekap untuk kerajaanmu melainkan menciptakan gabungan dari emblem-emblem yang ada. Bagaimana kamu bisa tahu emblem apa yang muncul? Well… you don’t. Emblem-emblem yang muncul hasilnya akan acak dari empat dadu yang kamu lempar. Sistem Dice Drafting akan dipakai di sini di mana pemain pertama akan mengambil satu dadu, pemain kedua mengambil dua dadu berikutnya, dan pemain pertama akan mengambil lagi satu dadu terakhir.

Satu hal yang membuat Kingdomino Duel berbeda dari Kingdomino normal adalah implementasi kekuatan khusus yang bisa dipakai oleh para pemain. Implementasi kekuatan spesial ini terinspirasi dari sekuel Kingdomino: Queendomino. Implementasi dari kekuatan spesial ini membuat Kingdomino Duel sedikit lebih kompleks ketimbang Kingdomino biasa – tetapi tidak sampai super kompleks yang membuatnya jatuh di luar genre Gateway Games.

Komponen dari Kingdomino Duel berkualitas luar biasa, sebagaimana ciri khas rilisan game-game Blue Orange. Tidak hanya emblem yang jelas pada setiap dadunya (dan besar) tetapi juga bagaimana wadahnya sendiri memiliki tutup magnetis yang membuatnya gampang untuk disimpan dan dibawa ke mana-mana. Kalau kalian pikir Kingdomino adalah game yang portabel, Kingdomino Duel ini LEBIH portabel lagi. Saya terkesima dengan betapa elegan sekaligus sederhananya design game ini. Satu-satunya kesulitan yang saya rasa orang akan alami memainkan game ini hanya karena penggunaannya yang agak boros kertas… dalam setiap kali main kamu akan memakai tiga lembar kertas: satu untuk masing-masing pemain, dan satu lagi untuk penanda Special Power yang akan dipakai pemain. Toh hal ini bisa disiasati pemain yang irit (baca: pelit) dengan memakai ulang bagian belakang kertas yang sudah dipakai bagian depannya pada permainan sebelumnya.

Singkat kata: kalau kalian mencari game dua pemain yang sederhana, mudah dimainkan, serta (sangat) portabel, kalian harus menjajal Kingdomino Duel. Kalau kalian suka game bertipe ini dan ingin permainan serupa yang bisa mengakomodasi tiga atau empat pemain… nah di saat itulah kalian bisa naik level memainkan Kingdomino atau Queendomino. Nah, siap membangun kerajaan kalian?

Score: 8

Leave a Reply