Skip to content

Unlock!: Escape Adventures – Squeek & Sausage

Salah satu Board Game bertema Escape Room yang terkenal adalah Unlock. Sebelum ini saya sudah berkesempatan mereview dua game Unlock. Yang pertama adalah The Tonipal’s Treasure (yang saya tidak suka) dan Formula D (yang saya merasa biasa-biasa saja, tapi lebih lumayan ketimbang The Tonipal’s Treasure).

Salah satu alasan kenapa saya lebih suka skenario Formula D ketimbang The Tonipal’s Treasure dikarenakan tingkat kesulitan Puzzle-nya yang menantang… tetapi tidak terlampau sulit. Nah, tingkat kesulitan dari Squeek & Sausage ini adalah Bintang Dua, sama tingkat kesulitannya dengan Formula D.

Permainan ini berawal ketika kita harus menyelamatkan dunia dari rencana jahat Professor gila: Dr. Noside. Ia ingin menghancurkan dunia dan satu-satunya cara kita menghentikan dia adalah dengan meloloskan diri dari ruangan di mana kita dikunci… dan menekan tombol yang menghentikan Apocalypse. Yeah, such a cliche scenario.

Tetapi ah, permainan Unlock memang tidak dikenal dengan jalan ceritanya kok. Jadi bagaimana dengan Puzzle-Puzzle yang ditawarkan di dalam Squeek & Sausage? Ternyata tidak sulit-sulit amat. Sekali lagi saya memainkan game ini dengan satu orang lain (kali ini Istri saya), dan kita berdua mampu menyelesaikan game ini di bawah satu jam (sekitar 50 menit). Kita juga hampir tidak pernah stuck terlalu lama di salah satu Puzzle yang ada. Apabila saya stuck maka Istri saya mampu memberi perspektif lain yang membantu menyelesaikan Puzzle itu, dan begitu pula sebaliknya. Praktis kita bahkan hanya meminta Hint di bawah lima kali sampai dapat menyelesaikan skenario ini secara keseluruhan.

Saya pribadi merasa bahwa satu-satunya Puzzle yang tersulit dan mengajak kita berpikir out of the box (hint: almost literally out of the box) hanyalah Puzzle terakhir game ini. Sisanya? Tidak.

Kisah dari Professor Noside yang jahat di Squeek & Sausage kembali digambar oleh artis Legruth yang menghidupkan tiap skenario dan keadaan ruangan melalui gambar-gambar dengan penggunaan warna yang vibrant di setiap kartunya. Game ini memang cantik dilihat, dan sekali lagi aplikasi Unlock yang bisa diunduh secara gratis di Apps Store / Play Store berperan sebagai asisten kamu memainkan game ini: baik untuk memasukkan kode Puzzle, meminta Hint, sampai menggunakan mekanisme tertentu dalam game.

Squeek & Sausage does not reinvent the wheel of the Unlock series. Kalau kalian adalah penggemar Board Game bertipe Escape Room dan ingin sebuah game yang bisa kalian mainkan berulang kali (bukan sekali main lantas rusak seperti seri Exit), this is a perfectly okay game to play. Hanya saja jangan berharap game ini akan menyisakan rasa memorable yang lama di benak kalian begitu menyelesaikannya. Seperti yang saya katakan tadi: Board Game karya Vincent Goyat ini perfectly okay, tapi juga perfectly forgettable.

Score: 7.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: