Skip to content

Unlock!: Escape Adventures – The Island of Doctor Goorse

Ini adalah skenario Unlock keempat yang saya mainkan.

Setelah memainkan tiga skenario dari Unlock saya semakin familiar dengan seri ini. Bagi kalian yang belum pernah membaca review Unlock saya sebelumnya, silakan coba membacanya terlebih dahulu untuk mengetahui mekanisme dasar di balik Unlock series.

Sudah?

Baik. Sebab skenario The Island of Doctor Goorse adalah sebuah skenario yang sedikit berbeda dengan skenario Unlock lainnya. Di dalam skenario ini kamu terbagi dalam dua tim yang berbeda – dan kalian masing-masing harus bekerja sendiri. Dengan kata lain ini adalah Unlock pertama yang tak bisa saya selesaikan seorang diri, dan saya harus menyelesaikannya bersama seorang partner. Luckily, my wife is always ready for another game of Escape Room.

Kali ini timku diundang ke sebuah pulau misterius untuk mendapatkan artifak misterius. Sayangnya, sebuah badai menghantam dalam perjalanan, membuat pesawat kita jatuh. Kita beruntung selamat dari kecelakaan ini – tetapi kita terpisah di dua bagian pulau yang berbeda. Bisakah kita menyelesaikan Puzzle-Puzzle yang menanti kita masing-masing lantas berkumpul kembali?

Game ini memiliki tingkat kesulitan tiga bintang, yang setara dengan tingkat kesulitan dari The Tonipal’s Treasure, seri Unlock yang paling tidak saya sukai. Toh, sekarang saya sudah lebih paham dengan sistem Unlock. Apakah rasa familiar itu akan membuat saya lebih oke untuk enjoy game ini?

Kesulitan dari game ini terletak pada dua sisi. Sisi pertama adalah putusnya komunikasi antara kedua tim. Mengingat kita terjatuh di dua bagian Pulau yang berbeda, baik saya maupun istri saya harus bekerja sendiri-sendiri menyelesaikan Puzzle yang ada. Kami tidak bisa saling meminta bantuan satu sama lain… padahal celakanya ada beberapa Puzzle di tanganku yang solusinya hanya bisa didapat kalau tim lain sudah menyelesaikan Puzzle mereka sendiri.

Itu berarti diperlukan kerjasama antara kedua tim. Apabila salah satu tim buntu menyelesaikan Puzzle mereka, maka tim lain akan turut buntu juga. Ini adalah seri Unlock yang membuat saya dan istri beberapa kali melihat Solusi, dikarenakan kami masing-masing buntu di sebuah bagian dan membuat pasangan kami saling menunggu progress kami. (SMALL SPOILER) Setelah beberapa saat permainan berlangsung, akan ada metode komunikasi antar grup, tetapi tetap saja kita tidak boleh saling menunjukkan kartu-kartu Puzzle kita kepada grup lain secara terbuka.

Dan untuk kesulitan Puzzle-nya sendiri, well, cukup menantang! Seperti yang saya katakan tadi, ada satu kali masing-masing saya dan Istri benar-benar tidak paham harus berbuat apa dengan Puzzle yang kita hadapi, terpaksa meminta Solusi langsung dari game. Ironisnya, ketika memasuki Puzzle yang terakhir, Istri saya justru dengan sangat cepat mampu mendapatkan jawabannya – kurang dari semenit! Walhasil akhir dari game ini malahan berasa antiklimaks.

Pun begitu, The Island of Doctor Goorse bisa jadi memberikan tantangan kepada para penggemar game misteri Escape Room. Hanya saja, pastikan kalau kalian membagi orang yang jago Escape Room secara adil di kedua grup… sebab kalau satu grup timpang, kedua grup akan sama-sama menderita dan berakhir merusak imersi game.

Sekali lagi dari kualitas komponen yang ada sampai dukungan Apps, tidak ada satu pun yang salah dari game ini. Developer / Publisher Space Cowboys yang sebelumnya menggarap franchise T.I.M.E. Stories sepertinya sudah benar-benar paham bagaimana menggarap game dengan tema Escape Room macam Unlock series.

Saya hanya berharap bahwa ke depannya Unlock bisa mulai memasukkan elemen cerita yang lebih kuat di dalam tiap game Escape Room mereka supaya membantu rasa imersi seorang gamer saat memainkannya. Selama ini saya hanya merasa benar-benar turut dalam petualangan saat memainkan The Tonipal’s Treasure, seakan benar-benar tengah mencari harta karun. Nothing ever comes close to that feeling on the subsequent plays.

Overall, The Island of Doctor Goorse adalah sebuah entri Unlock yang menantang. Sama sekali tidak saya sarankan untuk mereka yang baru pertama kali menjajal seri Unlock. Selamat mencoba meloloskan diri.

Score: 7.0

Categories

Board Game

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: