Skip to content

Honest Thief

Hampir setiap tahun, Liam Neeson merilis sebuah film di mana ia berperan sebagai seorang gaek yang badass. Sekali lagi ia kembali dalam peran yang sepertinya sudah ada di comfort zone-nya ini melalui film berjudul Honest Thief. Dalam film ini dia disutradarai oleh sutradara Mark Williams.

Di sini Liam Neeson berperan sebagai Tom Dolan sebagai seorang perampok Bank unggulan. Ia berhasil membobol belasan bank dan tidak pernah tertangkap, membuatnya mendapat nama “In-and-Out Bandit” karena keulungannya. Polisi bahkan sudah menyerah berusaha mencekalnya, sampai ketika Tom memutuskan bahwa ia lelah dengan kehidupannya sebagai Pencuri. Alasan dari perubahan hatinya adalah karena ia jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Annie, dan ingin memulai hidup baru bersamanya.

Gara-gara ini, Tom mengaku kepada FBI dan meminta mereka untuk menangkapnya. Pada awalnya FBI menyangka bahwa ini guyonan, sebab mana mungkin si Bandit terkenal mau menyodorkan diri sendiri kepada mereka. Tapi saat dua agen FBI : Nivens dan Hall diserahi bukti oleh Tom, mereka menjadi gelap mata. Mereka ingin mengambil uang hasil rampokan Tom untuk diri mereka sendiri. Maka keadaan pun berbalik, Tom harus membersihkan namanya dari kesatuan FBI dan menghentikan intensi jahat Nivens dan Hall yang ingin menghabisi dirinya dan Annie. Bisakah?

Tentu saja bisa. He’s Liam Neeson for God’s sake.

Kalau kalian kerap menonton film Liam Neeson, ini akan menjadi sebuah film yang sangat familiar di mata kalian. Sosok Tom Dolan di sini tidak ada bedanya dengan Bill Marks, Matthew Scudder, dan seabreg peran Liam Neeson lain di film sejenis. Kalau kalian suka dengan film-film Liam Neeson, maka Honest Thief akan menghibur kalian. Kalau kalian tidak suka? Well, Honest Thief bisa dibilang termasuk film Neeson yang agak lemah. So you guys might even hate it more!

Kenapa saya bilang agak lemah? Itu dikarenakan film ini memiliki skrip yang lemah. Alasan Tom ingin menyerahkan dirinya kepada polisi adalah karena ia jatuh cinta kepada Annie, tetapi alasan itu terlalu lemah – dan tak peduli seberapa bagusnya akting Liam Neeson, itu tidak cukup untuk menjual sikap Tom yang kegilaan mencintai Annie sampai rela melepas uang 9 Juta USD (sebagai gambaran, uang itu ekuivalen 130 Milyar Rupiah!). Tambahan lagi, tidak ada adegan heist yang memorable di film ini sehingga kemampuan Tom sebagai perampok tak benar-benar tergali dalam film ini.

Di luar Liam Neeson, saya hanya tahu aktor Jai Courtney di film ini (dan Robert Patrick yang berperan sebagai glorified cameo). Jai Courtney seperti biasa jadi sosok antagonis di sini, dan seperti biasa juga perannya sangat terlupakan. Sungguh saya tak paham kenapa aktor yang biasa-biasa saja sepertinya terus mendapatkan pekerjaan di Hollywood. Orang ini pasti punya Agen Casting yang hebat.

Pada akhirnya, Honest Thief adalah sebuah tontonan ringan dengan durasi 90 menit. Saya tahu ini terdengar bak sebuah penutup yang membosankan. But maybe that’s because the movie does felt boring.

Score: 6.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: