Skip to content

Proposal Daisakusen Special

Proposal Daisakusen terbukti menjadi salah satu J-Dorama terpopuler pada tahun 2007. Serial ini sanggup menyabet berbagai penghargaan bergengsi dalam ajang-ajang bergengsi di Jepang. Itulah kenapa episode spesial bagi serial ini dipersiapkan. Dan memang benar-benar layak disebut episode spesial sebab episode ini berdurasi hampir dua jam, bersetting di Hawaii, dan melanjutkan kisah dari ending Proposal Daisakusen sebelumnya. Are you ready to turn back the time, once again? NOOOOOOOOOOOOHHHHHHH.

(SPOILER WARNING)

Di akhir Proposal Daisakusen, Rei akhirnya memutuskan untuk lari dari pernikahannya dengan Tada-san. Keduanya pun batal menikah dan Rei pun sekarang pacaran dengan Ken. Satu tahun kemudian berlalu dan sekarang Ken ada di Hawaii untuk menghadiri pernikahan sahabatnya: Eri dan Tsuru. Akan tetapi masalah mendadak terjadi ketika mereka menemukan bahwa Eri menghilang dan pulang ke Jepang! Ternyata ada sesuatu yang terjadi di masa lampau yang membuat Eri curiga bahwa Tsuru berselingkuh, dan ia memutuskan untuk meniru jejak Rei, kabur dari pernikahan.

Ken mendapatkan kesempatan untuk lagi-lagi kembali ke masa lalu untuk mengubah kejadian ini. Tidak hanya itu, Ken juga memiliki kesempatan untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya. Meminta maaf kepada Tada-san karena mengacaukan pernikahannya, meminta maaf kepada orang tua Rei karena mengacaukan pernikahan anaknya, dan mencari keberanian dalam dirinya untuk melangkah ke tahapan yang lebih lanjut bersama Rei. That’s a lot of things to cover! Bisakah Ken melakukan semuanya?

Ketimbang episode 11 dari Proposal Daisakusen, saya merasa lebih puas melihat episode ini sebagai pamungkas dari saga Proposal Daisakusen secara keseluruhan. Setelah 11 episode melihat hubungan dari Rei dan Ken diutamakan, cukup refreshing melihat hubungan mereka kali ini sedikit dikesampingkan, dan melihat hubungan dari dua karakter sekunder: Tsuru dan Eri yang diutamakan. Di sini chemistry antara Yamapi dan Masami Nagasawa juga menjadi lebih mengalir karena keduanya tak lagi terlibat dalam hubungan will they won’t they.

Di sisi lain saya senang bahwa Proposal Daisakusen tak lupa dengan kekuatan utama seri ini: persahabatan antara kelima Rei, Ken, Mikio, Eri, serta Tsuru. Kelimanya kembali lagi di sini, dan tentu saja saya juga merasa kagum bahwa episode spesial ini mampu membawa kembali mayoritas karakter-karakter pendukung yang ada dari serial orisinil. It’s great to see the whole gang back in action again.

Kalau ada kelemahan dari episode spesial ini, itu ada pada kekurangan fokus dalamnya. Seperti yang saya katakan tadi, misi dari Ken saat kembali ke masa lalu kali ini cukup banyak, dan durasi dalam serial ini pun cukup panjang, sehingga ada kalanya episode ini terasa melompat dari satu masalah ke masalah lainnya. It’s not bad, tetapi akan terasa sedikit menganggu buat para penonton serial drama yang terbiasa dengan fokus yang jelas di masing-masing episodenya.

Tetap saja bagiku, episode spesial ini adalah sesuatu yang tak boleh kalian lewatkan apabila kalian fans dari serial Proposal Daisakusen, this epilogue episode just make the great J-Dorama series even more perfect. Recommended!

Score: 8.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: