Skip to content

Praga Caput Regni

Raja Charles IV memiliki satu mimpi: membangun kota Prague menjadi sesuatu yang agung. Kamu adalah salah satu Arsitek yang bertugas membuat kota Prague menjadi jauh lebih megah daripada sebelumnya, bisakah kamu melakukannya?

Di dalam Praga Caput Regni kamu memiliki dua Resource utama: Batu dan Emas. Keduanya dipakai apabila kamu hendak membangun Tembok atau Kota Praga.

Dalam game ini kamu memiliki enam Action yang bisa kamu lakukan dalam giliranmu:

  1. Upgrade Action: Supaya Action-mu semakin kuat di masa depan.
  2. Mendapatkan Emas: Untuk meningkatkan Produksi Emas atau untuk mendapatkan Produksi Emas.
  3. Mendapatkan Batu: Untuk meningkatkan Produksi Batu atau untuk mendapatkan Produksi Batu.
  4. Membangun Tembok
  5. Membangun Kota
  6. Berjalan di King’s Road

Praga Caput Regni adalah sebuah Mid-to-Heavy Euro Game yang menawarkan kepada pemain berbagai strategi untuk mendapatkan Poin. Kamu bisa mendapatkan poin dengan cara Membangun Tembok dan Kota, atau mendapatkan poin dengan mengambil Telur. Ada berbagai macam cara untuk melakukannya dan mustahil apabila kamu ingin melakukan semuanya dalam permainanmu.

Itu artinya, Praga Caput Regni memiliki nilai replayability yang tinggi, dikarenakan setelah bermain, kamu akan ingin menjajal memainkan game ini lagi – tetapi kali ini dengan strategi yang lain.

Memainkan Board Game ini pada awalnya mungkin akan terasa membingungkan karena ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemain. Bagi yang bingung, saran saya adalah untuk berfokus pada satu – dua aspek saja untuk mendapatkan VP. Kalau kalian terlalu banyak berfokus pada ini – itu, takutnya justru semua combo yang kalian kehendaki malah tidak tercipta.

Overall, saya suka dengan Praga Caput Regni. Setiap turn terasa gegas karena pemain hanya melakukan satu Aksi saja. Ini membuat Down Time tidak terasa lama antar pemain – kecuali bila ada yang mengalami AP (yang jarang terjadi – kecuali menjelang End Game). Di sisi lain, gamer akan merasakan kepuasan sendiri bila sanggup melakukan sebuah kombo dari aksi yang ia lakukan, setelah dari beberapa turn sebelumnya mempersiapkan kombo tersebut. It is satisfying.

Sebelum memainkan Praga Caput Regni, saya hanya pernah memainkan satu saja game dari Vladimir Suchy dan itu adalah Pulsar 2849. Game ini terbilang cukup berbeda dengan Pulsar 2849, dan membuat saya akan makin mengawasi Suchy di masa depan dengan karya-karyanya yang lain (saya belum memainkan Underwater Cities).

Untuk kualitas komponen – tidak ada yang perlu saya kritik. Semuanya adalah komponen dengan kualitas yang tinggi. Beberapa gamer mungkin akan kecewa dengan betapa standarnya semua Cardboard yang ada but hey, yang dijual oleh game ini memang bukan komponen tapi gameplaynya. Satu-satunya yang ingin saya kritik mungkin Board-nya yang kaya warna, ini mungkin akan merepotkan orang yang pertama memainkannya karena bingung dengan setup, juga untuk orang yang color blind.

Di luar itu, Praga Caput Regni is a fantastic Euro game that deserved to be in your collection. Definitely one of 2020’s best.

Score: 8.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: