Skip to content

Eleven Table Tennis

Di antara sekian banyak game VR yang kucoba setelah membeli Oculus Quest 2, Eleven Table Tennis adalah yang paling mengejutkanku. Kenapa?

Sebelum review ini saya mulai, saya ingin sedikit bercerita mengenai hobiku ketika masih muda dulu. Saat saya masih SMP sampai SMU sampai Universitas sekalipun adalah bermain Ping Pong alias Tennis Meja. Bermain Ping Pong bagiku adalah pengisi waktu yang sangat menyenangkan di masa Istirahat sekolah. Sayangnya, seiring dengan beranjaknya saya jadi dewasa, saya pun kesulitan mencari waktu dan tempat untuk bermain Ping Pong.

Ketika saya melihat ada aplikasi Eleven Table Tennis yang konon menawarkan simulasi bermain Ping Pong yang riil saya meremehkannya. After all sebuah game Olahraga ya hanyalah sebuah game. Kalau bermain game FIFA atau NBA 2K yang terbaru, tak serta merta membuat kita menjadi pemain sepakbola atau basket yang handal bukan?

Betapa salahnya saya. Eleven Table Tennis memiliki kualitas real life Ping Pong yang mumpuni! Game yang diciptakan oleh Developer For Fun Labs di tahun 2016 ini menunjukkan sebuah dedikasi dari tim Developer yang benar-benar mencintai produknya. Sejak awal game ini dirilis di tahun 2016, Developer-nya secara konsisten terus mengatasi bug-bug yang bermunculan di game, serta mempertajam kerealismean bermain Ping Pong dalam aplikasi ini.

Ketika saya memainkannya di tahun 2021, saya terkejut saat memulai bermain dengannya. Sulit untuk mendeskripsikan perasaan saya ketika bisa bermain Ping Pong dengan lawan AI di hadapanku. Kalau harus mendeskripsikannya dalam analogi mungkin rasanya seperti yang dialami oleh Anton Ego ketika memakan Ratatouille di akhir film Pixar tersebut. Segala kenangan indah dan manisku ketika bermain Ping Pong di masa muda mendadak saja muncul kembali.

For Fun Labs bisa saja menciptakan sebuah game Ping Pong ini dalam mode Single Player dan saya tetap akan memberinya acungan jempol, mengingat game ini memiliki berbagai standar AI yang cocok buatmu. Mulai dari pemain amatiran sampai juara kampung bermain Ping Pong, saya yakin Eleven Table Tennis memiliki lawan yang cocok untukmu. Saya sendiri paling nyaman bermain di level Hard dengan kemampuanku sekarang.

However, For Fun Labs tidak sekedar menggarap game Single Player di sini. Justru daging utama dari game ini adalah koneksi fitur Multiplayer-nya. Ya, kalau kamu kangen ingin beradu Ping Pong dengan lawan di Real Life, game ini menyajikannya. Jangan khawatir, bertarung menghadapi lawan sangat mudah. Kamu cukup masuk ke Lobi dan mengirimkan atau menunggu Tantangan dari musuh. It’s that simple. Satu-satunya kelemahan yang menganggu di sini adalah kecepatan Internetmu perlu benar-benar memadai supaya game tak mengalami Lag. Hei, ini sebuah game Ping Pong jadi sedikit lag saja bisa mengacaukan ritmemu!

Sebenarnya agak sulit menyebut ini sebagai sebuah game ketimbang sebuah simulasi permainan olahraga. Somehow kondisi bermain VR menjadi perfect storm untuk arena bermain Ping Pong. Mengingat Ping Pong adalah olahraga yang tak terlalu banyak memakan tempat dan meminta pemain bergerak ke sana-sini, para pemula VR tidak akan takut menjadi pusing dan mengalami Motion Sickness. Tak hanya itu, grip dari kontroler Oculus Touch memberikan sensasi seakan benar-benar sedang memegang Bet Ping Pong (dan tenang, kalian bisa mengkustomisasi settingan Bet kalian!).

Eleven Table Tennis pada akhirnya adalah kejutan terbesarku untuk tahun ini. Saya tak mengharapkan apa-apa darinya but I was pleasantly, pleasantly surprised by this game. Sebuah must play bagi kalian yang suka dengan Ping Pong dan memiliki Headset VR!

Score: 9.0

reviewapasaja View All

A movie, book, game, TV series, comic, manga, board game, bla bla bla, etc etc etc lover. He tends to ramble about a lots of stuff in life. You can follow in his IG page @dennisivillanueva for his daily ramblings.

Leave a Reply

%d bloggers like this: